Bagaimana Cara Kerja GPS

# Bagaimana cara kerja GPS?

Bagaimana Cara Kerja GPS – Prolog

Jika Anda termasuk orang yang sering berada di suatu tempat asing, sering salah mengenali arah jalan, sering tersesat di sebuah daerah atau lupa jalur perjalanan menuju tempat kerja atau tempat lain, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan perangkat/ sistem GPS yang dapat membantu Anda mengingat dan menunjukkan arah jalan-jalan tersebut.  GPS (Global Positioning System ) merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk  menentukan posisi wilayah yang berada  di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan sinkronisasi dari sinyal satelit. GPS sendiri dapat Anda gunakan untuk menentukan letak koordinat suatu objek atau wilayah pada koordinat bujur, lintang dan ketinggian.

Bagaimana Cara Kerja GPS

GPS dapat bekerja dengan sangat akurat karena menggunakan informasi yang berasal dari 24 satelit yang dibagi atas 6 bidang orbit yang masing-masing berisi 4 jenis satelit yang berbeda. Satelit-satelit tersebut beredar dengan orbit yang memiliki tinggi sekitar  11.000 mil di atas  permukaan bumi. Konfigurasi seperti inilah yang  memungkinkan sistem GPS dapat secara akurat menangkap titik- titik objek yang terdapat di bumi dalam rentang waktu selama 24 jam. Hal ini pula yang mendasari dunia perlautan dan penerbangan  menjadikan GPS sebagai teknologi standar selama melakukan pelayaran dan penerbangan.

Penggunaan GPS Dalam Keseharian

Dilatarbelakangi oleh fungsi utamanya, GPS ini banyak digunakan pada bidang militer, yaitu untuk kepentingan perang. GPS banyak digunakan dan dikembangkan oleh Amerika Serikat yang merupakan pemegang kendali dan  penyedia satelit GPS di seluruh dunia. Namun saat ini penggunaan GPS tidak  hanya untuk keperluan militer saja, tapi juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. sebagai contoh, GPS saat ini sudah banyak terpasang pada  kendaraan pribadi, karena dapat melacak koordinat suatu benda.

Penggunaan GPS pada mobil juga dapat  memberikan data yang akurat tentang fasilitas umum terdekat yang dapat anda jangkau, contohnya Pom Bensin, rumah makan, hotel, tempat wisata, dll. Selain itu juga dapat digunakan untuk menavigasikan tempat-tempat atau jalan-jalan yang Anda tuju. Sederhananya, sistem GPS ini bertindak seperti peta yang  dapat menginformasikan letak dimana Anda berdiri dan tempat tujuan yang ingin anda kunjungi.

Cara Penggunaan GPS dan Cara Kerja GPS

Syarat pertama yang harus anda miliki untuk menggunakan GPS adalah GPS receiver. GPS receiver merupakan perangkat  penerima sinyal satelit GPS, perangkat  ini berfungsi untuk memperhitungkan letak koordinat berlandaskan data-data yang tersedia.

Sinyal gelombang mikro akan dipancarkan oleh setiap  satelit GPS. GPS receiver ini akan menerima sinyal-sinyal satelit yang memancarkan gelombang mikro dari setiap satelit GPS. Lalu sinyal tersebut akan mentriangulasi letak dengan cara mengkalkulasikan  lamanya perjalanan ketika satelit GPS mengirim kode sinyal dan dikalikan kecepatan cahaya yang dimaksudkan sebagai penentu jarak receiver dari satelit.

Dengan memiliki minimal 3 kode sinyal dari satelit yang berbeda, penerima sinyal GPS bisa melakukan penghitungan posisi regular satu titik koordinat letak bujur juga letak lintang bumi (Longitude dan Latitude). Dengan kata lain triangulasi digunakan  untuk mengunci lokasi ketika GPS tersebut menyala. Ketika mengunci sinyal pada satelit keempat,  GPS receiver akan  mengukur keberadaan atau letak ketinggian suatu titik di atas permukaan laut atau yang disebut Altitude.

How GPS Works - Bagaimana Cara GPS Bekerja

Sinyal satelit yang dibutuhkan akan selalu dikunci dan dijaga oleh penerima sinyal GPS atau GPS receiver guna kelancaran triangulasi. Dengan begitu, GPS akan selalu mengupdate data navigasi karena receiver terus melacak untuk mendapatkan 10 hingga 12 sinyal satelit secara bersamaan. Level ketepatan informasi koordinat akan lebih tinggi bila mendapatkan saluran sinyal satelit yang bisa diproses.

Bagaimana Cara Kerja GPS – Penutup

Demikian artikel singkat yang dapat kami berikan tentang cara kerja GPS. Semoga bermanfaat.