Bagaimana Cara Masuk Setting BIOS

# Bagaimana cara masuk setting BIOS?

Bagaimana Cara Masuk Setting BIOS – Prolog

BIOS yang merupakan kependekan dari Basic Input Output System adalah kumpulan aplikasi perangkat lunak  dasar  dalam komputer anda. Aplikasi ini dapat mengatur sejumlah konfigurasi dasar dalam kompute , melakukan inisialisasi, menjalankan dan memuat sistem operasi, dan membantu sistem pada komputer hingga dapat berjalan dengan baik.

Manfaat utama BIOS adalah  menyajikan keterangan (informasi) secara visual ketika PC anda dihidupkan. Selain itu BIOS dapat memberi jalan jalan masuk ke keybord serta komunikasi level rendah (low-level) antar elemen perangkat keras (hardware), contohnya untuk loading sistem operasi ke RAM dari Storage. Singkatnya BIOS ibarat miniature dalam suatu sistem yang bertujuan sebagai alat komunikasi level rendah pada perangkat keras. Pada intinya BIOS merupakan komponen perangkat keras yang ada pada motherboards yang akan menyajikan informasi vital tentang system operasi PC anda dengan melihat system startup.

Sebetulnya mengakses BIOS bukanlah aktifitas yang sering kita lakukan seperti halnya kita membuka office atau aplikasi lainnya, namun sekali waktu kita akan membutuhkannya karena dalam BIOS anda dapat menghidukan atau mematikan hamper semua perangkat keras yang terdapat di motherboard.  Jadi cukup enting mengetahui bagaimanakah mengakses BIOS.

Langkah / Tata Cara Masuk Setting BIOS

Dalam tulisan kali ini, kami akan membahas langkah-langkah yang harus anda lakukan agar dapat berhasil masuk ke dalam BIOS.

Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui perangkat apa yang dibituhkan ketika hendak mengakses BIOS. Beberapa diantaranya adalah Keybord, Mouse, Computer Processor Unit (CPU), Motherboard, dan tentunya system operasi. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mengakses BIOS :

Langkah 1

Nyalakan PC anda, namun bila PC sudah dalam keadaan hidup, maka silahkan restart (reboot) kembali PC-nya.

Langkah 2

Tak lama setelah komputer dihidupkan, akan muncul tulisan  “Entering Set-up”. Namun kemunculan pesan itu bisa jadi tidak sama pada tiap komputer, anda harus menempuh prosedur yang berbeda. Beberapa komputer harus menekan tombol F10, F5, F3, F2, atau F1. Namun sebagian besar lainnya harus mengklik Delete. Di beberapa PC yang lain anda harus menekan  Escape atau Insert.

Cara Masuk Setting BIOS

Langkah 3

Dalam beberapa kasus, anda harus menekan tombol kombinasi. Misalnya  Control + Escape, Alt + Ecape, Control + Alt + Escape, Control + Alt + Enter. Ketika anda menekan tombol-tombol ini, maka ada kemungkinan anda harus mengkliknya lebih dari satu kali. Tetapi bila anda mengkliknya terlalu banyak maka akan muncul bunyi peringatan beep.

Jika berhasil, maka Anda akan dibawa masuk ke halaman setting BIOS

Contoh Halaman Setting BIOS

Alternatif Cara Masuk Setting BIOS

Anda tidak perlu merasa khawatir atau menyerah bila belum berhasil mengakses BIOS dengan ketiga cara di atas, karena computer yang diproduksi saat ini pasti memiliki jalan ke area pra booting. Pasti ada jalan menuju kesana.  Bila anda  belum berhasil dengan ketiga cara di atas , maka yang harus anda lakukan adalah teruslah  membaca buka buku petunjuk (manual book) agar anda mendapatkan informasi bagaimana mendapatkan akses ke BIOS.

Sebagai catatan penting, simpanlah settingan asal komputer anda sebelum merubahnya ke pengaturan baru karena mungkin anda akan membutuhkannya suatu saat nanti bila hendak melakukan konfigurasi ulang. Berhati-hatilah dalam melakukan perubahan setting di BIOS anda karena sekali anda melakukan kekeliruan maka sistem anda akan kacau balau.

Bagaimana Cara Masuk Setting BIOS – Penutup

Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengakses BIOS. Tidak terlalu rumit bukan? Kami yakin Anda akan dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.