Bagaimana Cara Uninstall Smadav?

# Bagaimana cara uninstall smadav antivirus?

Bagaimana Cara Uninstall Smadav? – Prolog

Beberapa dari Anda mungkin telah cukup lama menggunakan Smadav, antivirus lokal buatan dalam negeri, yang menjanjikan sistem proteksi handal pada serangan virus lokal yang menyerang komputer Anda. Namun, beberapa bulan terakhir setelah mengalami beberapa kali pembaharuan, antivirus yang satu  ini dirasa kurang handal menangani serangan virus lokal mapun internasional. Banyak pengguna yang mengeluhkan ketidakpuasan mereka menggunakan Smadav. Smadav seringkali ‘kecolongan’ oleh beragam serangan virus yang sama sekali tidak terdeteksi oleh sistem scanning yang dimilikinya. Smadav sering memberikan status ‘aman dan bersih’ pada sistem, namun sebenarnya virus sudah masuk dan menginfeksi sistem.

Karena kelemahan-kelemahan tersebut, kini semakin banyak pengguna Smadav yang ingin menghapus aplikasi antivirus ini dari sistem yang mereka gunakan. Mereka menganggap, Smadav lagi  tidak mampu melindungi sistem dan data yang mereka miliki. Bagi Anda yang memiliki masalah serupa dan ingin mengganti Smadav dengan aplikasi antivirus lainnya, maka Anda dapat menghapusnya dengan cara Uninstall Program. Melakukan proses Uninstall Smadav bagi sebagian orang mungkin terbilang mudah, namun untuk sebagian yang lain proses ini dirasa cukup rumit. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan proses Uninstall Smadav.

Tata Cara Uninstall Smadav

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk uninstall Smadav :

1.   Langkah pertama, aktifkan aplikasi  antivirus Smadav jika Anda belum mengaktifkannya.

2.   Selanjutnya, pilihlah tab Protection dan pilih tombol Uninstall. Lalu akan muncul pesan konfirmasi untuk melakukan proses uninstall program Smadav seperti pada gambar di bawah ini.  Ikuti semua langkah dengan  klik OK.

Cara Uninstall Smadav (Protection Tab)

 

Cara Uninstall Smadav Confirmation]\

3.  Setelah di klik OK maka akan muncul kembali kotak notifikasi bahwa Smadav anda sudah berhasil diuninstall. Akhiri lagi dengan OK.

Cara Uninstall Smadav (Finished)

4.   Sekarang coba anda tutup dan perhatikan apakah ada yang berubah pada desktop dan taskbar komputer anda. Ikon Smadav sudah hilang dari desktop.

Cara Fully Cleaning Uninstall Smadav

Sampai sejauh ini, sebenarnya Antivirus Smadav telah berhasil dihapus dengan baik dari komputer Anda. Tapi jika Anda perhatikan, Smadav ini belum benar-benar hilang. Beberapa file  Smadav tidak sepenuhnya terhapus dari komputer anda setelah dilakukan proses uninstal, tetapi masih berada pada  program files anda. Untuk membersihkan file yang tertinggal, cobalah untuk membuka  Windows explorer Anda, lalu buka drive C, setelah itu pilih folder Program Files, temukan folder Smadav (contohnya: C:\Program Files\Smadav).

Setelah menemukan foldernya,  lalu hapus  folder smadav tersebut.  Jika dikhawatirkan akan menimbulkan masalah, sebaiknya segera hilangkan dari program files anda dengan cara men-delete folder smadav. Ketika sedang dalam proses penghapusan, akan muncul kotak pesan  yang mengatakan bahwa telah terjadi kesalahan dalam proses penghapusan (Error deleting file or folder) seperti gambar dibawah ini.

Contoh Uninstall Smadav Locked File

Jika hal ini Anda alami, cobalah ganti nama filenya dengan perintah rename file. Ubah tipe filenya misalnya menjadi (.txt), ataupun mengubah keseluruhan nama file. Setelah diubah, klik Start lalu Run tulislah regedit selanjutnya klik OK atau tekan Enter. Kembali ke lokasi file tersebut lalu hapus. Maka Uninstall Smadav sekarang telah terhapus secara secara sempurna.

5.   Nah, Jika Anda menggunakan Unclocker, cara ini tidak akan berhasil dengan baik karena Anda akan tetap menemukan pesan notifikasi error. Dari pengalaman yang sudah ada, error deleting akan muncul pada Unlocker versi 1.8.7. Untuk mengatasi hal tersebut,  masuk kebagian  registry dan carilah  HKEY_CURRENT_USER\Software\Smadav. Arahkan kursor anda pada Smadav setelah itu klik kanan, klik Delete. Langkah terakhir restart komputer dan kembali bukalah windows explorer drive C lalu ke Program Files cari Smadav foldernya. Hapuslah file yang namanya sudah diubah tadi.

Bagaimana Cara Uninstall Smadav? – Penutup

Demikian beberapa langkah singkat untuk menghapus Smadav dan file sisanya dari komputer Anda. Tidak sulit dijalankan dan juga cepat diselesaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.