Cara Backup Data Hard Disk Rusak

# Bagaimana cara backup data hard disk rusak? Apakah masih bisa dikembalikan lagi datanya? Ataukah sama sekali tidak bisa dikembalikan lagi? Bagaimana solusinya? Simak artikel ini untuk jawabannya!

Cara Backup Data Hard Disk Rusak – Intro

Di zaman digital seperti sekarang ini, penggunaan komputer sudah menjadi sebuah hal yang lumrah. Dengan memiliki komputer yang besar, kita dapat menyimpan berbagai video yang berharga dan juga berbagai rekaman audio maupun dokumen yang memiliki kenangan hingga rahasia dagang yang ingin kita miliki salinannya. Pada komputer kebanyakan, data-data seperti itu disimpan di dalam sebuah hard disk.

Hard disk adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data magnetik, yang menyimpan data dalam deretan biner 1-0-1-0. Bentuk hard disk biasanya seperti sebuah kotak yang diberi piringan di atasnya. Nah, pada piringan tersebutlah data Anda disimpan dalam bentuk biner.

Pada penggunaan sehari-hari, piringan pada hard disk akan berputar dan head (jarum pembaca) akan membaca data dari piringan tersebut, yang selanjutnya berubah menjadi text, audio ataupun video yang muncul di komputer kita. Dari sanalah kita menikmati berbagai tampilan yang muncul di komputer kita.

Namun seperti halnya semua barang buatan manusia, ada kalanya suatu saat tiba-tiba data yang terdapat pada hard disk yang kita miliki rusak dan tidak dapat dibaca. Nah, jika sudah begitu, apa penyebabnya dan apa solusinya?

Jika Anda mengalami hal seperti itu, biasanya ada beberapa penyebab masalah tersebut. Di antaranya bisa karena adanya bad sectors, permukaan yang tergores atau error dari file system yang menyebabkan pembacaan data dari hard disk tidak dimungkinkan dan tidak bisa dilakukan. Kalau sudah begitu, sepertinya kita harus segera menyelamatkan data supaya tidak hilang secara permanen dari hard disk tersebut.

Jadi, bagaimana solusi supaya kita dapat membackup (menyelamatkan) dari kehilangan data yang mungkin terjadi? Jawabannya adalah tergantung dari jenis kerusakan pada hard disk Anda tersebut. Kalau kerusakannya karena kerusakan fisik, maka kecil kemungkinan data dapat diselamatkan kembali. Akan tetapi kalau rusaknya karena bad sector atau karena salah konfigurasi dari file system, Anda bisa mencoba cara backup data hard disk rusak dengan menggunakan software Unstoppable Copier.

Cara Backup Data Hard Disk Rusak – Unstoppable Copier

Cara Backup Data Hard Disk Rusak - Software

Jika Anda mengalami kejadian di mana Anda tidak dapat mengcopy atau tidak dapat membaca data yang Anda miliki dikarenakan rusaknya hard disk yang Anda miliki dikarenakan bad sector atau dikarenakan rusaknya file system dari komputer Anda, Unstoppable Copier adalah salah satu software yang kami sarankan untuk Anda pergunakan.

Kenapa Unstoppable Copier? Kami menyarankan Unstoppable Copier dikarenakan beberapa sebab. Di antaranya adalah karena algoritma (sistem kerja) yang dipergunakannya cukup canggih sehingga dapat mendeteksi data asal dan mengembalikannya seperti semula. Tidak perlu waktu lama, Anda cukup melakukan scanning data dengan software ini, lalu aplikasi secara otomatis akan mendeteksi data yang bisa diselamatkan.

Selain itu, salah satu penyebab lainnya kami menyarankan untuk memakai Unstoppable Copier adalah dikarenakan sifatnya yang freeware alias gratis dipergunakan. Menurut kami, kehilangan data adalah sebuah musibah, dan sebaiknya kita tidak menambah musibah lagi dengan membayar lebih banyak untuk menyelamatkan data kita. Setuju kan?

Cara Backup Data Hard Disk Rusak – Cara Kerja

Untuk dapat mempergunakan Unstoppable Copier ini cukup mudah, berikut caranya :

  • Download dulu Unstoppable Copier dari website aslinya : roadkill.net.
  • Silakan download versi yang Anda inginkan, lalu lakukan instalasi di komputer Anda.
  • Setelah download dan instalasi berhasil Anda lakukan, jalankan aplikasi Unstoppable Copier.
  • Pilih source hard disk yang bermasalah, lalu pilih di mana Anda akan menyimpan data yang bisa diselamatkan
  • Selanjutnya, klik tombol copy untuk mulai menyelamatkan data Anda
  • Data Anda yang bisa diselamatkan akan muncul di folder pilihan Anda

Kesimpulan Akhir

Menurut kami ini adalah salah satu cara termudah untuk dapat mengembalikan data Anda yang hilang. Unstoppable Copier, simply unstoppable. Oh iya, selain dari hard disk Anda juga bisa menggunakan unstoppable copier untuk menyelamatkan data Anda yang berada di media optical disc seperti CD/DVD dan lainnya.

Mudah bukan? Sekarang, selamat mencoba, :)