Cara Burn Video File Menjadi DVD

# Bagaimana cara untuk mem-burn video file menjadi DVD? Simak informasinya lebih lanjut.

Cara Burn Video File Menjadi DVD – Prolog

Bagi anda yang senang melihat berbagai macam video, tentu anda merasa begitu terbantu dengan adanya internet. Bagaimana tidak, dengan hadirnya internet anda dimudahkan dalam memperoleh video favorit anda. Sebagian besar tersedia secara gratis dan dapat anda unduh tanpa harus membayar sepeserpun. Yang paling terkenal adalah YouTube. Di YouTube anda dapat mengunduh file video yang jumlahnya bahkan sampai ribuan. Tidak hanya YouTube, terdapat pula beberapa situs lain yang menyediakan video untuk anda unduh.

Belum lagi dengan hadirnya berbagai macam aplikasi/software download manager yang juga semakin mempermudah anda dalam memperoleh video yang anda inginkan. Dengan aplikasi-aplikasi download manager tersebut, anda dimudahkan dalam mengunduh video dari berbagai situs penyedia video yang ada di dunia maya. Beberapa diantara software download manager yang dikenal masyarakan adalah Internet Download Manager atau biasa dipanggil dan disingkat IDM, YouTube Downloader, BitTorrent, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tanpa disadari terdapat beberapa masalah setelah anda mengunduh video favorit anda. Salah satunya adalah ukuran video yang terkadang malah memenuhi kapasitas harddisk yang anda miliki. Apalagi jika ternyata kapasitas harddisk anda minim. Hal ini tanpa disadari menjadi salah satu penyebab berbagai macam masalah. Salah satu solusi yang terpikir mungkin adalah menghapus file-file tersebut agar harddisk anda dapat “bernafas lega”. Tapi anda pasti tidak ingin melakukannya karena begitu sayangnya anda pada video-video tersebut. Video yang anda peroleh dengan sabar tidak akan anda biarkan hilang begitu saja.

Cara Burn Video File Menjadi DVD – Solusi

Tapi dengan melakukan saran yang akan kami sajikan dalam artikel ini. Anda tetap dapat menikmati video kesayangan anda, tapi kapasitas harddisk anda dapat “diselamatkan”. Caranya?

Salah satu solusi yang kami tawarkan adalah mem-burn-nya ke dalam DVD yang kemudian DVD tersebut dapat anda mainkan baik itu di komputer anda maupun di DVD Player yang anda miliki. Dan untuk melakukan aktifitas burning tersebut, anda tentu memerlukan software yang dapat membantu anda melakukan aktifitas burning tersebut.

Terdapat berbagai macam software burning alias burning tool handal yang dapat mengakomodasi kebutuhan burning ke DVD yang bersifat playable. Dua software diantara yang beredar di pasaran adalah DVD Flick dan Free DVD Creator. Keduanya merupakan software gratisan alias free sehingga anda dapat memilikinya tanpa harus memikirkan biaya yang harus anda keluarkan untuk kedua software tersebut. Berikut kita bahas masing-masing software burning tools yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Burn Video File Menjadi DVD – DVD Flick

Cara Burn Video File Menjadi DVD - DVD Flick

Bahasan pertama kita adalah DVD Flick. DVD Flick ini merupakan salah satu software burning tool DVD yang gratis dengan sifatnya open source. DVD Flick mendukung lebih dari 45 format file berbeda. DVD Flick juga mendukung subtitle, dan mampu membuat DVD dari format file video yang biasa digunakan dan dapat juga membuat DVD dari file video dengan format yang jarang digunakan secara umum. Anda dapat memperoleh update dari DVD Flick secara berkala karena DVD Flick terus mengembangkan dan memperbaiki aplikasinya. Versi terbaru dari DVD Flick telah menambahkan dukungan untuk dapat menciptakan layar menu secara custom dan telah memperbaiki beberapa bug yang ada di versi sebelumnya. Anda dapat mengunduh DVD Flick di situs resminya, DVDFlick.net.

Cara Burn Video File Menjadi DVD – Free DVD Creator

Free DVD Creator

Software kedua yang akan kita bahas adalah Free DVD Creator. Free DVD Creator menyediakan tool yang sangat berguna untuk membantu anda membuat playable DVD dari file video kesayangan anda. Free DVD Creator mampu mengkonversi dan mem-burn film DVD dari file video kesayangan anda. Free DVD Creator dapat membuat DVD dari berbagai macam format vide seperti AVI ke DVD, DivX ke DVD, Xvid ke DVD, MPEG ke DVD, WMV ke DVD, MP4 ke DVD, MOV ke DVD, dan RM ke DVD. Setelah di-burn ke dalam DVD, anda dapat memainkan file video anda di DVD Player ataupun di komputer. Anda dapat mengunduh Free DVD Creator di minidvdsoft.com/dvdcreator/.

Cara Burn Video File Menjadi DVD – Penutup

Demikian cara-cara dan tools yang bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan Anda mem-burn video file yang Anda miliki menjadi sebuah DVD yang playable. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.