Cara Kirim Email Dengan Yahoo Mail

# Bagaimana cara berkirim email dengan memanfaatkan Yahoo Mail? Berikut jawabannya.

Cara Kirim Email Dengan Yahoo Mail – Prolog

Berkirim Email atau surat elektronik merupakan satu cara tercepat dan terhemat dalam hal surat-menyurat. Dengan menggunakan surat elektronik, anda dapat menghemat waktu, uang dan tenaga. Kini anda tidak lagi harus menunggu lama – bahkan sampai berhari-hari – untuk menunggu surat anda sampai ke tempat tujuan, karena dengan surat elektronik, anda dapat mengirimkan surat anda dalam hitungan detik. Anda juga (hampir) tidak akan mengeluarkan uang sedikitpun untuk mengirimkan surat anda dan yang pasti anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat

Berbicara tentang email, kini tersedia beberapa Email Client yang populer digunakan, seperti Gmail, Hotmail, Yahoo dan yang lainnya. Tapi pada artikel kali ini yang  akan dibahas adalah mengenai cara mengirim email melalui Yahoo Mail.

Cara Kirim Email Dengan Yahoo Mail – Registrasi

Sebelum anda mengirimkan email di Yahoo Mail, harus pastikan terlebih dahulu bahwa anda memiliki akun Yahoo. Jika ternyata anda belum memilikinya, silakan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi, Login dan Composing Mail

– Buka page yahoo.com atau mail.yahoo.com
– Lakukan sign-in terlebih dahulu
– Setelah anda berhasil memasuki akun email, klik ‘Tulis’/’Compose’ yang terletak di sebelah kiri atas

Yahoo Mail - Compose Mail
Setelah Anda menekan tombol compose, halaman penulisan email akan terbuka. Kini tersedia halaman tempat dimana anda menuliskan email. Disini, ada beberapa kolom yang harus anda isi, antara lain :

Yahoo Mail - Email Fields

To/Kepada

Tempat dimana anda memasukkan alamat email yang dituju. Jika anda ingin memasukkan beberapa alamat sekaligus, pisahkan penulisan antar alamat dengan tanda koma (,).

CC/Carbon Copy 

Merupakan singkatan dari ‘Carbon Copy’. Mengapa ‘Carbon Copy’? Dulu, waktu masih jaman mesin ketik, tembusan atau dobel cetaknya memakai kertas karbon, mungkin itulah sebabnya mengapa dinamai Carbon Copy. Oya, ‘CC’ ini berguna jika anda ingin mengirim email yang sama pada beberapa alamat email secara bersamaan.

Title/Judul

Ketikkan judul email anda disini. Pastikan judul email Yahoo Mail Anda pendek, mudah dibaca dan sesuai dengan isi email yang Anda kirimkan.

Email Content/Isi Email

Disini adalah tempat dimana anda dapat menuliskan email. Di box ini, tersedia beberapa fitur untuk menambahkan berbagai atribut pada email anda, seperti fitur untuk memeriksa ejaan, memilih jenis huruf, memilih ukuran huruf, tipe huruf cetak tebal (Bold), tipe huruf cetak miring (Italic), tipe huruf dengan garis bawah (Underline), memilih warna teks, memilih warna sorot (latar belakang pada teks). Disamping itu, anda juga dapat menyisipkan Emoticon pada tulisan anda. Fitur lain yang disajikan adalah anda dapat menambahkan hyperlink, menyisipkan garis horizontal, mengubah perataan teks, memilih nomor atau tanda (bullets and numbering) untuk deretan list, fitur untuk mengurangi dan menambah identasi, seta yang terakhir adalah fitur untuk menambahkan motif latar belakang yang akan membuat email anda semakin semarak dan kaya warna.

Attach File/Lampirkan File

Klik tanda ini, kemudian anda akan dibawa ke halaman baru dimana anda dapat melampirkan file-file untuk anda kirim.

Yahoo Mail - Attach File

 

Pada Yahoo Mail, tersedia lima kotak dimana anda dapat mem-browse dan mengambil file dari komputer ada untuk dilampirkan bersama email yang anda kirim. Cara mengirim email dengan attachment lebih mudah dibanding harus mengupload file ke server sendiri untuk kemudian dishare kepada banyak orang di luaran sana.

Jika anda memiliki lebih dari 5 file untuk dilampirkan, anda dapat mengklik tulisan ‘Lampirkan beberapa file lagi’ yang terletak di kiri bawah halaman. Jangan melampirkan file lebih dari kapasitas yang telah ditentukan. Yahoo sendiri telah men-set bahwa total ukuran file yang dilampirkan hanya sampai dengan 25 MB. Kami anjurkan anda untuk mengkompresi terlebih dahulu file yang akan anda kirim. Anda dapat mengkompresinya ke format ZIP, RAR, atau format kompresi lainnya. Keuntungannya adalah selain untuk menghemat kapasitas ukuran file, waktu yang anda butuhkan untuk mengirimkan email juga akan relatif lebih cepat serta file-file anda akan aman sampai ke alamat tujuan.

Bagaimana jika ukuran file lampiran yang ingin saya kirim lebih dari 25 MB? Jika ternyata setelah dikompresi dan ukuran file anda tetap membengkak (lebih besar dari 25 MB), jika memungkinkan – maka salah satu caranya adalah dengan memotong-motong file yang bersangkutan ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil dan mengirimkannya sebanyak dua atau tiga kali.

Setelah anda melampirkan file yang ingin anda kirim, lalu klik tombol ‘Lampirkan File’ yang terletak di sebelah kiri atas. Yang perlu diingat adalah, semakin besar ukuran file yang anda lampirkan, semakin lama pula waktu ‘loading’ yang dibutuhkan. Segera setelah proses melampirkan file selesai, anda akan dibawa kembali ke halaman sebelumnya.

Setelah selesai mengisi semua kotak isian yang tersedia, kemudian Klik ‘Kirim’ – dan email anda pun akan terkirim ke alamat tujuan dalam hitungan detik.

Cara Kirim Email Dengan Yahoo Mail – Penutup

Demikian beberapa langkah yang bisa perlu Anda lakukan untuk mengirim email melalui Yahoo Mail. Semoga bermanfaat.