Cara Melihat Windows Asli Atau Bajakan

# Bagaimana cara melihat apakah Windows kita asli atau bajakan? Simak artikel berikut ini.

Cara Melihat Windows Asli Atau Bajakan – Prolog

Microsoft Windows adalah sekumpulan dari sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesari di dunia. Pada saat ini sudah banyak sekali pengguna sistem operasi Microsoft Windows dari seluruh dunia, dan karena kemudahan yang dimilikinya disertai dengan harga yang mahal terhadap sistem operasi ini maka  banyak juga pembajakan yang dilakukan terhadap sistem operasi Windows.

Terkadang ketika kita melakukan pembelian perangkat komputer atau pun laptop yang sudah terinstall sistem operasi Microsoft Windows XP SP2 misalnya. Ketika anda menggunakan sistem operasi tersebut, ternyata windows tersebut meminta anda untuk melakukan update terhadapnya dan anda mengizinkan update yang akan dilakukan. Maka dalam proses itu proses update yang akan dilakukan terlebih dahulu akan memeriksa apakah sistem operasi yang digunakan oleh anda itu original atau bajakan.

Cara Melihat Windows Asli Atau Bajakan – Tanda Watermark

Jika sistem operasi  yang anda gunakan itu bajakan, maka akan tampak logo seperti gambar disamping. Selain itu juga, anda tidak dapat melakukan instalasi terhadap update yang ada pada sistem operasi tersebut. Misalnya saja, anda tidak dapat melakukan upgrade sistem operasi Microsoft Windows XP SP2 menjadi Windows Xp SP3 dan juga anda tidak dapat melakukan upgrade Internet Explorer menjadi Internet Explorer 8, dan sebagainya.

Biasanya Windows bajakan dapat terdeteksi dengan menggunakan software yang diluncurkan oleh Microsoft, dan oleh sebab itu jika anda menggunakan versi yang tidak asli dan menggunakan software seperti Microsoft One Care, atau menggunakan Windows Update, maka akan muncul peringatan tentang Windows yang tidak asli.

Selain dengan cara diatas, ada cara yang lain juga untuk memeriksan keaslian sistem operasi windows yang kita gunakan, cara yaitu dengan menggunakan bantuan perangkat lunak yang bernama “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool”. Mungkin anda akan bertanya bagaimana cara menggunakan tools tersebut.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, silahkan download terlebih dahulu perangkat lunak tersebut,dari halaman resminya di go.microsoft.com/fwlink/?linkid=52012. Setelah selesai mendownloadnya dari situs Microsoft, lalu anda jalankan aplikasi tersebut. Dan secara otomatis maka aplikasi itu akan memeriksa sistem operasi yang kita gunakan apakan Genuine atau tidak. Bila OS yang kita pakai terdeteksi sebagai Non-Original (Palsu), maka akan tampil pesan peringatan, misalnya seperti ini :

Cara Melihat Windows Asli atau Bajakan - WGA

Jika Anda melihat peringatan seperti di atas, berarti Windows yang Anda pakai bukanlah Windows asli dan sangat beresiko telah disusupi berbagai virus, spyware dan juga adware. Karenanya, sangat berbahaya dan sangat tidak disarankan untuk memakai produk bajakan.

Cara Melihat Windows Asli Atau Bajakan – Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika demikian, apa yang harus dilakukan supaya peringatan tersebut hilang? Jawabannya adalah dengan mengupgrade OS Windows yang Anda miliki menjadi versi asli (original) supaya peringatan Windows Genuine Advantage tersebut hilang dari komputer Anda.

Kenapa perlu mengganti dengan versi asli? Jawabannya karena ada beberapa alasan, antara lain :

  • Menghargi karya cipta dari para programmer yang telah bekerja keras
  • Terhindar dari masalah legal/copyright di kemudian hari
  • Relatif lebih aman karena produk bajakan rentan disusupi virus/malware
  • Privacy lebih tinggi, karena produk bajakan sering disusupi spyware/adware
  • Support yang jelas dari produsen OS, dan update yang berkala
  • Dan berbagai alasan lainnya
Kalau menggunakan bahasa Microsoft, beberapa alasannya adalah :
Windows Genuine Advantage - Why Genuine?
Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi www.microsoft.com/genuine/ yang merupakan halaman resmi dari program WGA oleh Microsoft.

Cara Melihat Windows Asli Atau Bajakan – Penutup dan Kesimpulan

Demikian yang dapat kami jelaskan mengenai cara mengecek status Windows Asli atau Bajakan dengan utility WGA (Windows Genuine Advantage). Semoga bermanfaat.