Cara Membersihkan Virus Tanpa Menghapus File

# Bagaimana cara membersihkan virus tanpa menghapus file yang terinfeksi? Berikut caranya.

Cara Membersihkan Virus Tanpa Menghapus File – Prolog

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, semakin banyak pula hal-hal yang perlu diwaspadai. Salah satu yang paling terkenal saat ini adalah virus. Adanya virus ini mulai merebak beberapa tahun belakangan. Dari mulai virus yang sekadar mengganggu semacam iserng hingga virus yang bekerja merusak bahkan file penting anda. Semakin banyak virus berkeliaran, semakin banyak pula program antivirus ditawarkan di pasaran. Dari program antivirus gratisan hingga yang berbayar. semua menawarkan fitur yang berbeda tapi memiliki kesamaan fungsi, yakni untuk menghilangkan virus dan mencegah virus menyentuh komputer anda.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Menghapus File

Semakin hari program antivirus ini semakin canggih, mengikuti perkembangan virus yang juga semakin ganas. Tapi sayangnya, pada beberapa kasus kecanggihan program antivirus malah membuat anda kewalahan. Program antivirus ini selain menghapus virus, juga menghapus file yang terinfeksi virus itu. Meski kini semakin banyak antivirus yang menawarkan fitur “false positive” yang semakin meminimalisir kesalahan pendeteksian virus, tapi tetap saja kecemasan dalam penghapusan file yang terkena virus masih menghantui. Hal ini tentu saja sangat mengganggu mengingat file yang terinfeksi tersebut bisa saja merupakan file penting yang sangat anda butuhkan sedang anda tidak memiliki salinan backup file tersebut.

Software Membersihkan Virus Tanpa Menghapus File

Dalam artikel ini kami akan memberikan referensi beberapa antivirus yang cukup handal dalam menyingkirkan virus tapi tidak serta merta menghapus file yang terinfeksi oleh virus tersebut. Selain program antivirus, juga ada beberapa tool yang disertakan dalam daftar. Berikut daftarnya.

  • PC Media Antivirus atau lebih dikenal dengan nama PCMAV ini sangat bagus untuk membantu anda membersihkan file dokumen yang terinfeksi oleh virus baik itu buatan lokal ataupun asing. Untuk memperoleh PCMAV, anda dapat mengunjungi beberapa situs yakni pcmav.biz, virusIndonesia.com, dan pcmav.web.id.
PCMAV - PC Media Anti Virus
  • Dr. Web Antivirus yang cukup ampuh dalam membersihkan file exe yang terinfeksi oleh virus. Juga mampu membersihkan file dokumen yang terinfeksi oleh antivirus. Dr. Web Antivirus mampu membantu anda membersihkan file program, driver ataupun dokumen yang terserang oleh berbagai virus seperti virus win32/virut dan lain sebagainya.
    Meksipun di masyarakat kita antivirus ini memang tidak terlalu dikenal, tapi kinerjanya cukup handal. Untuk mengunduh Dr. Web Antivirus, anda dapat mengunjungi situs resminya, drweb-online.com/eng/download.asp
  • Restore My Files merupakan tool yang cukup ampuh dalam membantu anda menyelamatkan file Microsoft Office meliputi Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint. Anda dapat memperoleh Restore My Files di situs resminy, recovermyfiles.com. Anda juga dapat memperolehnya di beberapa situs download seperti download.cnet.com.
Recover My Files
  • Hexapad merupakan tool yang dapat membantu anda melakukan pembersihan virus dengan cara membuang kode virus secara manual yang ada pada file dokumen anda yang terinfeksi. Sayangnya ketika mencari link download file di situs resmi, kami belum menemukannya. Oleh karena itu, anda dapat mencoba mengunjungi situs lain yang menyediakan hexapad ini. Anda dapat mendownload Hexapad dari softpedia.com.
  • Remover yang dikeluarkan oleh AVG yang merupakan remover alias penyingkir virut, sality, alman dan lain sebagainya. anda dapat mengunduh file remover dari AVG ini di situs resmi AVG, avg.com/us-en/utilities.

Remover Lain Untuk Membersihkan Virus Tanpa Menghapus File

Beberapa remover lain yang cukup handal diantaranya adalah Panda Quick Remover dan Kaspersky Removal Tools. Biasanya setiap program antivirus mengeluarkan atau memiliki remover mereka tersendiri yang memang khusus bekerja sebagai remover. Anda dapat mencoba keampuhan setiap remover atau antivirus yang kami sertakan pada daftar di atas. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Cara Membersihkan Virus Tanpa Menghapus File – Penutup

Demikian beberapa informasi yang dapat kami berikan untuk membantu Anda menghapus virus yang hinggap di komputer Anda, tanpa perlu untuk menghapus file yang terinfeksi dari komputer Anda. Semoga bermanfaat.