Cara Membuat Background PowerPoint Transparan

# Bagaimana cara membuat background powepoint menjadi transparan? Berikut caranya.

Cara Membuat Background PowerPoint Transparan – Prolog

Jika Anda seorang karyawan marketing yang sering berhubungan dengan klien/customer atau jika Anda seorang mahasiswa yang sering membuat tugas-tugas untuk dipresentasikan di depan kelas, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, Microsoft PowerPoint 2007. Microsoft PowerPoint 2007 kini menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam membuat bahan-bahan presentasi. Dengan software ini, Anda dapat menyisipkan beragam komponen multimedia untuk lebih memperkaya visualisasi slide presentasi Anda. Komponen-komponen tersebut diantaranya meliputi teks, gambar dan grafik, suara, foto, film serta yang lainnya. Disamping itu, Microsoft PowerPoint 2007 juga menyajikan beragam efek menarik yang dapat Anda sisipkan untuk lebih mempercantik tampilan slide presentasi Anda. Dan disini, kami akan membahas mengenai salah satu efek menarik, yaitu efek gambar transparan sebagai objek pada background PowerPoint slide.

Cara Membuat Background PowerPoint Transparan – Langkah Pengerjaan

Bagaimana sih cara membuat objek background PowerPoint yang transparan? Berikut langkah-langkahnya :

–          Klik kanan pada pada layar slide yang ingin Anda tambahkan background, lalu pilih ‘Format Shape’

–          Berikutnya akan tampil sebuah panel. Pada panel sebelah kiri terdapat beberapa pilihan menu, seperti Fill, Line Color, Line Style, Shadow, 3-D Format, 3-D Rotation, Picture dan Text Box.

Background Power Point - Format Shape Menu

–          Untuk men-set background PowerPoint secara mendasar, silakan pilih ‘Fill’

–          Pada menu fill ini, PowerPoint menyediakan beragam variasi pilihan untuk background slide presentasi Anda. Setiap pilihan akan menyajikan spesifikasi pengaturan setting yang berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan.  Pilihan-pilihan ‘Fill’ yang tersedia diantaranya seperti :

  1. No fill – untuk slide tanpa background
  2. Solid fill – untuk slide dengan background warna yang pekat
  3. Gradient fill – untuk slide dengan background warna yang bergradien
  4. Picture or texture fill – untuk slide dengan background berupa gambar atau tekstur
  5. Slide background fill – untuk slide dengan background polos

–          Selanjutnya, karena kita menginginkan background PowerPoint berupa gambar, silakan pilih ‘Picture or Texture Fill’

–          Untuk dapat menyisipkan gambar yang diambil dari komputer Anda, silakan pilih ‘File’ pada pilihan ‘Insert From’

–          Browse dan pilih gambar yang diinginkan dari komputer Anda untuk dijadikan background slide

–          Jika Anda menginginkan gambar ‘Clip Art’ sebagai background PowerPoint, silakan klik tombol ‘Clip Art’

–          Centang kolom ‘Tile picture as texture’ jika Anda menginginkan gambar Anda sebagai tekstur

–          Pada ‘Tiling option’, tersedia berbagai pilihan yang dapat Anda sesuaikan, seperti Offset X, Offset Y, Scale Y, Alignment dan yang lainnya.

Background PowerPoint - Tiling Option

–          Untuk men-set persentase transparansi yang diinginkan, Anda dapat menyesuaikannya pada pilihan ‘Transparency’. Semakin besar persentase transparansi, maka gambar background akan semakin blur atau tidak terlihat. Saat Anda mengatur transparansi, jangan lupa untuk mempertimbangkan ‘font’ yang akan ditampilkan agar tulisan pada slide tetap terlihat jelas meskipun dengan adanya background berupa gambar.

Background PowerPoint Transparency Slider

Cara Membuat Background PowerPoint Transparan – Tips Tambahan

Sebagai informasi tambahan, untuk lebih memudahkan akses terhadap fungsi-fungsi yang tersedia, Microsoft menyediakan fasilitas hotkey untuk setiap fitur, juga untuk fitur-fitur yang ada pada panel ‘Format Shape’ ini. Disini Anda dapat mengakses fungsi-fungsi yang tersedia secara lebih cepat dengan menekan tombol ‘Shift+hotkey’. Contohnya, untuk memilih menu ‘Picture or texture fill’, Anda dapat menggunakan ‘Shift+P’. Begitu juga dengan fungsi-fungsi lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *