Cara Membuat Bootable USB Windows

Jika anda memiliki PC atau laptop dengan lebar layar 14 inch atau di atasnya, mungkin anda tidak usah khawatir atau repot-repot memikirkan cara untuk melakukan instalasi sistem operasi. Tapi jika anda ingin menginstal sistem operasi dan ternyata anda hanya memiliki netbook atau laptop berukuran kecil (sekitar 10 inch atau dibawahnya) yang tidak ada CD/DVD drive-nya atau mungkin ternyata CD/DVD drive anda sedang rusak, ini yang jadi masalah.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya gampang. Kini tersedia berbagai software USB bootable yang akan kompatibel dengan drive USB anda sehingga untuk melakukan instalasi anda tidak akan lagi membutuhkan CD/DVD Drive. Berikut akan diuraikan 3 jenis software Bootable USB Windows yang banyak digunakan.

WinToFlash

Win to USBWinToFlash memungkinkan anda untuk menginstal program apa saja yang anda nginkan secara lebih cepat dan mudah dengan menggunakan USB drive. WinToFlash akan membantu anda untuk menginstalkan berbagai macam versi Windows, seperti Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 2008, Windows 7 dan Windows 8. Dengan software ini, drive USB anda akan menjadi tool pengganti optical drive yang bootable. Selain dengan USB, anda juga dapat melakukan instalasi windows ke komputer atau laptop anda dari Flash Drive (flash disk) atau card, HDD dan yang lainnya.

Itu sajakah kemampuan WinToFlash? Oh tentu tidak. Selain itu, WinToFlash juga dapat mentransfer CD atau DVD ke USB card. Contohnya, BartPE. Setelahnya, anda  dapat menghapus media USB dan memformatnya dengan Windows untuk penggunaan sehari-hari.

Fitur-fitur WinToFlash :

– Menjadi disk instal untuk Windows XP/2003/Vista/2008/7/8

– Mendukung Windows 32 bit dan 64 bit

– Mendukung semua edisi Windows, baik itu yang Home, Profesional, Media Center, Ultimate dan yang lainnya.

– Mentransfer CD pemulihan atau sistem operasi kecil (BartPE berbasis Windows XP/3003, WinPE berbasis Windows Vista/2008/7/8) ke drive USB.

– Membersihkan media USB (menghilangkan semua data yang ada di dalamnya)

– Dan lain-lain.

Untuk mendownload WintoFlash, silakan klik di sini

WinUSB Maker

Persis seperti namanya, WinUSB Maker merupakan sebuah tool praktis yang dirancang untuk membantu anda dalam membuat drive USB bootable yang dapat menangani file instalasi Windows.

Disamping mendukung beberapa sumber, software ini juga mendukung DVD setup Windows dan local folder di komputer anda atau gambar ISO. WinUSB Maker juga dapat bekerja dengan perangkat eksternal dengan ukuran yang mencapai 1 TB.

Untuk prosesnya sendiri, anda akan membutuhkan sekitar 10 menit untuk meng-copy file. selama proses berjalan, biasanya komputer akan stress. Karenanya, sebaiknya anda menghindari menjalankan sistem sebelum WinUSB Maker menyelesaikan pekerjaannya.

Fitur-fitur utama pada WinUSB Maker:

– Tanpa File-Mod OS apapun – sistem operasi anda akan bersih saat dimuat ke perangkat USB.

– Memori dan penggunaan CPU yang dibutuhkan rendah

– Fungsi Backup dan Restore hanya kompatibel dengan perangkat yang sama

– Kompatibel dengan MSDOS dan GRLDR (Grub4DOS)

– Perlindungan memori dan masalah pada kode telah diperbaiki

Untuk WinUSB Maker versi terbaru bahkan menyajikan beberapa fitur baru, seperti penulisan ulang GUI (agar lebih baik dalam masalah pengejaan), menangani masalah False-Positive pada Kaspersky, melakukan perbaikan pada beberapa fungsi serta penambahan modul baru.

Untuk Mendownload Win USB Maker, Klik di Sini!

Passcape ISO Burner

Passcape ISO Burner ini dirancang untuk membuat disk bootable dari gambar ISO. Passcape ISO Burner atau yang dikenal juga dengan PIB ini kompatibel dengan perekam CD/DVD dan perangkat USB pada umumnya, termasuk memory stick, Compact Flash, SmartMedia, Secure Digital, USB Flash Drive, USB ZIP drive, USB hard disk drive dan lainnya. Untuk masalah tampilan, software ini bisa dibilang cukup sederhana, karena Passcape ISO Burner juga memikirkan agar bagaimana program dapat dimengerti bahkan oleh pengguna yang belum berpengalaman sekalipun.

Fitur-Fitur

–          Dapat melakukan penulisan gambar ISO ke CD/DVD atau disk USB

–          Dapat membuat disk bootable (termasuk USB) dari gambar ISO

–          Dapat mengekstraksi gambar ISO ke disk

–          Menyajikan tampilan interface yang sederhana

–          Tidak membutuhkan instalasi, program ini tidak melakukan penulisan apapun ke hardisk atau registry

Untuk mendownload Passcape ISO Burner, Klik Di Sini!