Cara Membuat Chart/Diagram Excel

# Artikel kali ini akan mencoba untuk menjelaskan cara membuat chart/diagram Excel yang sederhana, dengan menggunakan Microsoft Excel. Selamat menikmati.

Cara Membuat Chart/Diagram Excel – Sejarah Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadshet yang paling populer yang pernah ada di dunia. Microsoft Excel juga merupakan salah satu software yang tergabung di dalam suite aplikasi office yang paling populer, yaitu Microsoft Office. Walaupung ada banyak saingan lainnya seperi Open Office Calc. akan tetapi sepertinya yang menjadi pilihan banyak orang tetaplah aplikasi besutan Microsoft Corporation ini.

Microsoft Excel memiliki fitur dasar dari semua spreadsheet, dengan menggunakan grid sel yang diatur dalam baris nomor dan nama kolom yang dapat digunakan untuk memanipulasi data seperti operasi aritmatika. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai jawaban atas kebutuhan statistik, teknik dan keuangan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan data seperti grafik garis, histogram dan grafik, dan dengan tampilan tiga dimensi.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.

Cara Membuat Chart/Diagram Excel – Proses Pembuatan

Pada tutorial kali ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara membuat chart/diagram Excel dengan mengambil data dalam jumlah kecil untuk membuat diagram yang sederhana, dan anda juga dapat menyesuaikan grafik sesuai dengan pilihan anda. Tentunya setelah anda memahami dasar pembuatannya, anda dapat menggunakan cara yang sama untuk membuat diagram batang dengan sekumpulan data yang lebih besar.

Membuat Chart/Diagram Excel

Kali ini kita akan membuat diagram batang terhadap sekumpulan data pengeluaran bulanan. Ada banyak komponen mulai dari biaya sewa, listrik dan sebagainya yang perlu diperhatikan. Untuk membuatnya menjadi grafik, pertama kali Anda harus memilih seluruh range data, termasuk judul. Setelah anda memilih data tersebut, klik menu Insert dan pilih Chart.

Untuk Langkah 1 dari wizard, kita perlu memilih jenis grafik untuk tampilan data tersebut. Banyak sekali tipe grafik yang dapat kita pilih seperti Pie, Bar, Line, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda tidka perlu takut untuk salah memilih grafis yang sesuai dengan data yang ingin ditampilkan nantinya, karena anda selalu dapat mengubahnya jika ternyata jenis grafik yang anda pilih itu tidak sesuai dengan data anda. Anda dapat mengklik “Press and Hold to View Sample” untuk mendapatkan preview bagaimana grafik akan terlihat. Ada lusinan jenis grafik yang dapat Anda pilih, jadi lanjutkan dan bermain-main dengan preview yang berbeda. Klik Next untuk mengkonfigurasi sumber data.

Pada Langkah 2, kita dapat menentukan pada Excel untuk membaca data secara berurutan dari baris atau dari kolom. Hal ini akan mempengaruhi kedua sumbu pada diagram excel jika Anda memilih tipe diagram bar (batang). Pada contoh di atas yang kita pakai adalah bentuk pie. Setelah Anda memilih gaya grafik yang Anda suka, klik Next.

Langkah 3 memungkinkan kita untuk menyesuaikan suatu item yang diperlukan beberapa tabel, seperti Judul, unit untuk sumbu X dan Y, posisi legenda, dan apakah atau tidak nilai-nilai harus tercantum pada grafik. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan Anda. Klik Next dan pilih apakah Anda ingin membuat grafik di lembar baru atau membuatnya pada lembar yang sama sebagai obyek.

Cara Membuat Chart/Diagram Excel – Penutup

Demikian beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat diagram Excel yang indah. Semoga tentunya harapan kami artikel ini bermanfaat bagi anda.