Cara Membuat Email Gmail

# Bagaimana cara membuat email Gmail?

Cara Membuat Email Gmail – Prolog

Tepat pada tanggal 31 Maret 2011, Google secara resmi merilis salah satu produk terbaiknya berupa layanan surat elektronik (email) gratis, yaitu GMail. Walaupun sejak awal dirilis hingga tanggal 7 Februari 2007, GMail hanya dapat digunakan oleh pengguna tertentu yang mendapatkan rekomendasi dan undangan khusus dari penggula lainnya, namun hanya dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun, atau terhitung  hingga akhir tahun 2010 sudah tercatat lebih dari 190 juta pengguna aktif yang telah terdaftar. Dengan potensi pengguna yang terus meningkat, disinyalir GMail ini akan mampu menyingkirkan dominasi rival terberatnya yaitu Yahoo Mail.

Kelebihan Email Gmail dibanding Hotmail, Ymail, Dll

Sama seperti layanan penyedia email gratis lainnya, GMail dilengkapi dengan fitur standar yang dapat digunakan untuk mengirim, membaca dan menerima email. Namun dibandingkan dengan layanan penyedia email gratis lainnya, GMail memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

  1. Kemudahan dalam memindahkan dan mengimpor bookmark dari email account lainnya seperti hotmail, yahoo mail dll. Sehingga Anda tidak harus melakukannya proses pemindahan  secara manual satu per satu.
  2. Dilengkapi dengan fasilitas Filter tanpa batas. Anda dapat menyaring email yang masuk sesuai dengan kategori yang dapat Anda tentukan sendiri.
  3. Dilengkapi dengan fasilitas label dan arsip. Anda dapat dengan mudah memberikan label pada beberapa email yang Anda anggap khusus ke dalam sebuah folder dan sekaligus dapat mengelola pengarsipan dari email yang sudah Anda terima sebelumnya.
  4. Ruang Penyimpanan yang berkapasitas sekitar 7GB. Kapasitas yang relatif besar bagi Anda yang sering hanya berkirim pesan berupa teks. Jika kapasitas tersebut kurang, Anda dapat menyewanya hingga kapasitas 16 Tera Byte.
  5. Terintegrasi dengan layanan Google yang lain. Inilah salah satu kelebihan Google, dimana Anda hanya membutuhkan satu account Google saja untuk dapat mengakses seluruh produk google, termasuk GMail.
  6. Memiliki tingkat keamanan yang lebih baik bila dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya.
  7. Dukungan Fasilitas POP3 dan IMAP yang handal.
  8. dll

Tata Cara (Langkah) Membuat Email Gmail

Bagi Anda yang tertarik dengan beragam keunggulan yang ditawarkan GMail, namun  belum memiliki account di Gmail, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda ikuti, antara lain :

Langkah  1. Buka dan aktifkan browser yang biasa Anda gunakan (Firefox, Opera, Chrome, dan lain-lain). Lalu pada bagian address bar, ketikkan alamat  atau gmail.com atau www.gmail.com

Langkah 2. Setelah halaman utama gmail.com terbuka pada halaman browser, Anda dapat membuat email yang baru dengan cara mengklik tombol Sign up for Gmail (Versi Bahasa Inggris) atau  Buat Akun yang berada di sisi kanan bawah halaman browser.

Cara Membuat Email Gmail

Langkah 3. Setelah mengklik tombol tersebut, Anda akan dibawa ke halaman Create a Google Account – Gmail (Versi Bahasa Inggris) atau  Buat Akun Google – Gmail

Langkah 4. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, Anda dapat mengganti bahasa-nya menjadi Bahasa Indonesia. Caranya klik opsi Change language pada sisi kanan atas halaman browser, gantilah menjadi Indonesia. Setelah itu, Anda dapat mulai  mengisi formulir pendaftaran. Baca setiap petunjuk pengisian formulir dengan teliti.

Langkah 5. Isi semua isian Nama DepanNama BelakangNama Login sesuai dengan yang Anda inginkan. Ingat, bahwa nama login ini akan digunakan sebagai alamat Email Anda; jadi  pilih dan ketik nama yang sesuai dengan selera Anda. Kemudian Cek Ketersediaan nama, hal ini dilakukan untuk mengecek apakah nama login yang sudah Anda masukkan, sudah diapai oranglain atau belum. Jika terdapat keterangan bahwa, nama login sudah dipakai oleh oranglain, carilah nama lain yang belum digunakan orang lain.

Langkah 6. Lanjutkan dengan pengisian Password pada kotak Buat Sandi, ulangi kembali memasukkan sandi yang sama pada kotak Memasukkan sandi kembali. Selanjutnya isi Pertanyaan RahasiaJawabanEmail SekunderLokasi, dan Verifikasi Kata yang diisi dengan  mengetik ulang  huruf-huruf yang terdapat pada kotak verifikasi.

Jika tidak terbayang, berikut contoh pengisiannya :

Cara Membuat Email Gmail : Form 01

Cara Membuat Email Gmail - Form 02

Langkah 7. Setelah langkah-langkah diatas  Anda lalui, dan semua komponen formulir telah Anda isi, selanjutnya Anda akan diberikan pilihan untuk  menekan opsi  Saya menerima (pada bagian persetujuan), kemudian klik Buat Akunku. Selesai.

Cara Membuat Email Gmail – Penutup

Demikian beberapa tips singkat seputar cara membuat email gmail dengan mudah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.