Cara Membuat Kalender Online

# Tidak suka desain kalender yang ada di rumah? Jangan khawatir, sekarang Anda bisa membuat kalender sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Kalender – Prolog

Menjelang akhir tahun biasanya adalah saat-saat dimana orang-orang sibuk memikirkan kalender. Untuk mendapatkan kalender, Orang-orang bisa membelinya di pasar atau di tempat-tempat tertentu yang biasanya sedang melakukan promo. Salah satunya adalah toko emas. Itu sih dulu. Kalau Sekarang? Waktunya membuat kalender sendiri!

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini anda dapat merancang sendiri desain kalender yang anda inginkan, terutama bagi anda yang memiliki komputer dan ahli dalam bidang desain tentunya. Misalnya seperti merancang sendiri kalender dengan menggunakan Photoshop, Coreldraw dan software multimedia lainnya. Tapi mungkin ada juga yang bilang, “Ah susah, saya kan ga bisa gambar”. So, Mau yang lebih mudah? Ini dia solusinya :

Cara Membuat Kalender – Free Photo Calendar

FreePhotoCalender, adalah sebuah situs yang menawarkan kemudahan bagi anda untuk membuat kalender sendiri. Yang tak kalah menarik adalah anda juga dapat menambahkan gambar favorit, seperti gambar pemandangan, gambar film favorit atau bahkan foto anda sendiri untuk dipajang. Cara yang satu ini tentunya lebih instan, mudah digunakan, lebih hemat dan yang pasti lebih kreatif. Dengan situs FreePhotoCalender ini, Anda tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk dapat memiliki kalender cantik nan unik.

Berbicara tentang cantik dan unik tentunya sangat menarik. Jelas menarik, karena dengan situs ini anda akan dapat membuat kalender dengan 12 gambar yang berbeda. Jika anda mau, anda dapat menjadikan kalender cantik anda sebagai kado ulang tahun untuk sahabat tercinta. Atau mungkin akan menarik juga jika anda menghadiahkannya sebagai kado pernikahan. Anda juga dapat mengabadikan moment-moment rekreasi keluarga yang mengasyikan dengan cara memajangnya di kalender buatan anda sendiri. Sebagai catatan tambahan, situs FreePhotoCalender ini hanya memproduksi kalender berbahasa inggris saja. Jadi jangan berharap anda bisa mendapatkan kalender berbasaha Indonesia, apalagi bahasa daerah, hehe.

Kalender yang anda buat nantinya akan dicetak dalam bentuk PDF. Anda dapat memilih jenis ukuran PDF yang anda inginkan, apakah itu A4 atau Letter. Sebagai keterangan tambahan, anda hanya dapat membuat kalender per satu bulan saja. Jika anda menginginkan kalender satu tahun penuh (12 bulan), maka anda harus mencetaknya sebanyak 12 kali. Mungkin terkesan agak sedikit merepotkan, tapi disisi lain juga menyenangkan, karena itu artinya anda akan memiliki kalender 1 tahun lengkap dengan 12 gambar yang berbeda yang dapat diatur sesuai dengan keinginan anda.

Yang tidak kalah penting adalah untuk dapat menampilkan hasil kalender, pastikan bahwa di komputer anda telah terinstal software PDF Reader. Jika belum, maka anda dapat mendownload softwarenya website foxit software.

Cara Membuat Kalender – Cara Membuat

Baiklah, tanpa harus berlama-lama lagi, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat kalender idaman anda.

1. Kunjungi freephotocalendar.net
2. Klik ‘Printable Photo Calendar’ yang terletak di tampilan halaman sebelah kiri
3. Pilih nama bulan dan tahun yang diinginkan
4. Browse gambar (dari komputer anda) yang ingin ditampilkan di kalender. Jika anda tidak menginputkan gambar, maka program ini akan menyajikan gambar default yang telah disediakan sebgaai gambar yang akan terpajang di kalender anda nantinya.
5. Tentukan jenis ukuran PDF yang diinginkan. Tersedia pilihan ukuran ‘Letter’ (untuk USA dan Kanada) dan A4 (untuk negara lainnya).
6. Tentukan awalan hari kalender. Tersedia dua pilihan, yaitu Monday (Senin) dan Sunday (Minggu).
7. Klik ‘Generate Calendar!’

Cara Membuat Kalender - FPC

Cara Membuat Kalender – Kesimpulan

Demikian cara membuat kalendar sendiri dengan mudah yang bisa langsung Anda praktekkan. Tidak sulit dan juga tidak memakan waktu yang lama. Oke, selamat berkreatifitas dan semoga bermanfaat.