Cara Membuat ScreenShot Otomatis

# Bagaimana cara untuk membuat Screenshot Otomatis di komputer Anda? Berikut caranya.

Cara Membuat ScreenShot Otomatis – Prolog

Ketika anda diminta membuat sebuah presentasi disertai dengan “kronologis” pembuatan dan screenshot apa yang anda presentasikan tersebut, maka anda harus mencari cara supaya anda dapat membuat video pembuatan apa yang anda presentasikan tersebut agar waktu yang anda butuhkan untuk membuatnya tidak terlalu lama. Jika anda harus melakukan screenshot satu per satu, seandai yang anda kumpulkan screenshot-nya tidak terlalu banyak tentu tidak terlalu menjadi masalah.

Giliran ternyata banyak sekali screenshot yang harus anda buat, maka tentu butuh waktu yang tak sebentar dan tenaga yang tak sedikit untuk menyelesaikannya. Maka di era serba canggih ini, bertebaran banyak program yang dapat membantu anda merekam aktifitas yang anda lakukan di komputer anda. Dengan software semacam itu, anda dapat membuat video yang biasanya merupakan video tutorial atau presentasi tugas anda sehingga tampil begitu menawan.

Software Untuk Membuat ScreenShot Otomatis

Di antara sekian banyak program perekam aktifias komputer yang ada di pasaran dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangannya, ada salah satu software yang cocok bagi pemula dengan lisensi yang pasti membuat anda tersenyum karena lisensinya gratis. Ya, benar gratis alias sering disebut free. Namanya adalah, AutoScreenShot dari TheUDS.

Cara Membuat Screenshot Otomatis

Auto ScreenShot dari TheUDS ini memiliki cara kerja yang sederhana tapi mampu memberikan hasil yang cukup memuaskan, anda pasti tertarik untuk mencoba menfaatkan AutoScreenShot ini dalam membantu anda membuat screenshot dengan cara yang mudah dan efisien dari segi waktu.

Auto ScreenShot bekerja bak sebuah kamera untuk layar komputer anda. AutoScreenShot dapat merekam hampir semua yang ditampilkan di layar bahkan AutoScreenShot ini dapat bekerja saat anda sedang berada jauh dari komputer. Hal ini berguna salah satunya sebagai parental control untuk anak-anak anda saat memainkan komputer. Dua fitur utama yang digadang sebagai penarik pangsa pasar AutoScreenShot adalah fitur screen capture yang otomatis dan mudah serta fitur perekam aktifitas komputer yang mirip dengan Camstudio.

Hasil screenshot disimpan di sub-direktori \Files\ yang secara default berada di default : C:\Program Files\AutoScreenShot\Files\ sehingga memudahkan anda melakukan share folder jika dibutuhkan. Gambar yang lebih lama akan secara otomatis dihapus.

Auto Screen Shot Files

AutoScreenShot ini gratis dan hanya kompatibel dengan sistem operasi Windows. Dengan AutoScreenShot anda tak perlu lagi mengklik tombol PrintScreen dan mengeditnya di Paint satu per satu. Ia akan bekerja secara otomatis untuk anda. AutoScreenShot akan memperbarui diri secara otomatis melalui internet dengan adanya UDS-Update.exe. akan tetapi file ini oleh AVG terdeteksi sebagai malware sehingga jika anda menggunakan antivirus AVG, maka salah satu komponen software tersebut mungkin mendapat peringatan.

AutoScreenShot Versi Portable

Salah satu hal menarik lain dari Auto ScreenShot ini adalah tersedianya versi .ZIP sehingga anda tidak harus menginstall-nya di komputer anda. Anda cukup mengekstrak file .ZIP tersebut kemudian buka file “options.ini” dan gantikan baris “Files=…” dengan “Files=.\Files”. Paket .ZIP ini juga berguna sebagai paket versi portable yang dapat anda pergunakan dimanapun dan kapanpun tanpa harus menginstallnya.

Auto Screenshot Versions

Berdasarkan hasil penelitian kami, AutoScreenShot ini bekerja dengan cukup baik meski terdapat beberapa bug. Tapi karena lisensinya gratis maka hal ini menjadi sebuah permakluman meski pihak pengembang terus memperbaiki versinya.

AutoScreenShot tersedia dalam beberapa bahasa tapi bahasa default dari webnya adalah bahasa Inggris. Sayangnya belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Anda dapat mengunduh Auto ScreenShot di situs resmi publishernya,  Anda dapat mendownloadnya di theuds.com/autoscreenshot.php

Cara Membuat ScreenShot Otomatis – Penutup

Demikianlah cara untuk membuat screenshot otomatis di komputer Anda. Tidak perlu susah-susah, cukup menggunakan bantuan software AutoScreenShot yang kami jelaskan saja. Semoga bermanfaat.