Cara Membuat Subtitle

# Berikut adalah cara membuat subtitle dengan teks editor biasa yang bisa Anda gunakan untuk menambah translasi pada video bermanfaat yang Anda miliki.

Cara Membuat Subtitle – Prolog

Anda penggemar film bermanfaat dengan pengantar bahasa inggris atau bahasa asing lainnya? Ya, bagi penggemar film-film dengan pengantar bahasa asing, salah satu faktor kenyamanan saat menonton adalah mengerti jalan cerita dan menikmati setiap dialog dari artis dan aktor yang bermain didalamnya. Hal ini mungkin akan sangat mudah dilakukan jika Anda mengerti bahasa pengantar yang disajikan, lantas bagaimana dengan Anda yang sama sekali tidak mengerti dengan bahasa pengantar tersebut?

Jawabannya pasti menggunakan bantuan subtitle,  bukan? Saat ini hampir seluruh film-film bermanfaat sudah menggunakan teks pengalih  bahasa asing, berupa subtitle. Sehingga sekalipun Anda tidak mengerti bahasa pengantarnya, namun Anda akan dapat mengikut setiap alur dan dialog hanya dengan membaca subtitle yang telah disediakan. Namun, apa jadinya bila Anda ingin menonton sebuah film bermanfaat  dengan pengantar bahasa asing, namun tidak dilengkapi dengan subtitle?

Pada kesempatan kali ini Kami akan menyajikan kepada Anda cara membuat subtitle yang sangat mudah, sehingga ketika Anda mendapatkan sebuah film bermanfaat tanpa subtitle, maka Anda dapat mensiasatinya sendiri. Pada dasaranya tidak sulit untuk dapat membuat dan menempatkan teks subtitle ke dalam sebuah video/ film bermanfaat yang Anda miliki. Yang hanya Anda butuhkan adalah meluangkan sedikit waktu untuk memproses semuanya dan menerjemahkan dialog dalam film/ video bermanfaat tersebut untuk dapat meningkatkan aksesibilitas (khususnya ketika teks dalam bahasa yang  Anda inginkan tidak tersedia di web penyedia subtitle).

Cara Membuat Subtitle – Langkah Pembuatan

Perangkat yang Anda butuhkan hanya teks editor, apapun jenisnya. Teks editor yang Kami gunakan adalah Notepad dengan pengaturan default (tanpa tambahan warna dan kustomisasi huruf) yang terdapat pada windows.

Langkah pertama cara membuat subtitle, aktifkan program Notepad dan simpan file tersebut dengan ekstensi .srt. Ekstensi ini adalah yang umum digunakan pada file subtitle dan dapat di support oleh semua media player. Sebagai contoh, berikut  ini beberapa baris teks yang Kami coba sebagai subtitle dengan pola sebagai berikut ini :

Cara Membuat Subtitle

Bingung dengan maksud baris di atas? Berikut penjelasannya :

  1. Kita akan mulai pada baris pertama pada bagian nomor 1 diatas.
  2. Coba perhatikan time range yang terdapat pada bagian diatas, Kita akan memasukkan time awal dan akhir subtitle. Misalnya 00:00:20,000 ditulis dengan format jam : menit : detik: melidetik. Untuk dapat melihat akurasi time, Anda dapat menggunakan media Windows Movie Maker saat aplikasi notepad telah diaktifkan.
  3. Di baris berikutnya, tulislah text yang ingin Anda tambahkan ke dalam video yang Anda inginkan
  4. Setelah itu, ulangi lagi untuk baris berikutnya, tulis kembali rentang waktu yang ingin Anda tambahkan subtitle tersendiri pada rentang waktu tersebut
  5. Setelah itu, ulangi lagi di baris berikutnya untuk menuliskan subtitle yang ingin Anda berikan di rentang waktu tersebut
  6. Ulangi seterusnya hingga semua subtitle yang ingin Anda masukkan selesai dimasukkan. Begitulah cara membuat subtitle yang mudah dan cepat dilakukan.

Cara Membuat Subtitle – Testing Akhir

Jika langkah-langkah tersebut Anda ikuti dengan benar, sekarang coba mainkan video yang sedang Anda edit. Jika Anda dapat dengan mudah melihat teks yang telah Anda buat di dalam setiap tayangan video pada media player sesuai dengan dialog aslinya. Itu berarti subtitle yang Anda buat telah berhasil dijalankan.

Bagaimana? mudah bukan. Selamat mencoba.