Cara Membuka/Lupa Password MMC

# Bagaimana cara membuka password MMC jika Anda lupa password yang diperlukan untuk membukanya? Baca artikel berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Cara Membuka/Lupa Password MMC – Prolog

Bagi Anda pemilik telepon genggam alias hand phone, Anda mungkin sudah tidak merasa asing lagi dengan sebuah perangkat bernama MMC. MMC atau kependekan dari MultiMedia Card merupakan perangkat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, dan biasa digunakan pada perangkat telepon genggam dan beberapa perangkat mobile lainnya.

Untuk alasan keamanan, biasanya sebuah MMC telah dilengkapi dengan kata sandi atau password, sehingga pengguna harus memasukkan password yang sesuai untuk dapat mengakses data yang terdapat didalamnya. Dan secara default, pabrikan akan memberikan password standar yang kemudian dapat diganti atau disesuaikan kembali oleh penggunanya.

Cara Membuka/Lupa Password MMC – Permasalahan

Namun sayangnya, fitur keamanan yang dimiliki oleh MMC tidak menjadikannya suatu perangkat yang tanpa cela. Ya, meski password berfungsi untuk mengamankan semua data yang terdapat di dalam MMC, namun Anda dapat membayangkan apa yang terjadi ketika Anda tidak lagi mengingat password yang diperlukan.

Ketika Anda tidak mengingat password MMC, maka tentu saja Anda akan kesulitan mengakses data-data yang terdapat di dalamnya. Baik dengan menggunakan handphone maupun dengan menggunakan komputer, tanpa password yang tepat, maka data-data yang tersimpan di dalamnya akan tetap berada pada tempatnya tanpa dapat diakses. Lalu, adakah suatu cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali mengakses semua data di dalam perangkat MMC tersebut?

Cara Membuka/Lupa Password MMC – Solusi

Jangan khawatir, karena seperti kata pepatah: ”Banyak jalan menuju Roma”, akan selalu terdapat solusi dari semua masalah asalkan Anda tetap berusaha. Tidak terkecuali masalah yang satu ini. Dengan cara yang tepat, maka Anda akan kembali mengakses semua data pada perangkat MMC yang tidak lagi Anda ingat passwordnya. Bagaimana caranya?

Caranya tidaklah sulit. Namun Anda akan membutuhkan beberapa tool untuk melakukannya. Pertama-tama, Anda perlu menyediakan tool aplikasi file management (file explorer) semacam FExplorer, smartfileman, atau X-Plorer. Aplikasi ini akan digunakan untuk menavigasi file yang menyimpan informasi password Anda.

Cara Membuka/Lupa Password MMC

File yang menyimpan informasi password Anda adalah file yang bernama mmcstore. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menemukan file ini. File mmcstore terletak pada direktori C:\System.

Setelah Anda berhasil menemukannya, ubah namanya menjadi mmcstore.txt, untuk kemudian Anda dapat membukanya dengan menggunakan aplikasi text editor (Anda dapat membukanya langsung pada handphone, atau memindahkannya terlebih dulu pada komputer).

Pada aplikasi text editor, Anda akan melihat password MMC yang terletak di baris bagian bawah. Anda dapat menggunakan password tersebut untuk menghapus password lama Anda atau menyesuaikan ulang password untuk MMC Anda. Sebagai catatan, file mmcstore hanya akan muncul jika Anda belum memformat memory hand phone. Namun jika Anda telah terlanjur memformatnya, Anda tetap dapat mengakses data yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan cara berbeda.

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan software mmc unlocker yang banyak tersedia di internet. Software ini berfungsi untuk mengembalikan (recover) password yang tidak Anda ingat. Atau Anda dapat menggunakan cara lain, yaitu menggunakan software data recovery untuk mengembalikan memory hand phone melalui komputer.

Cara Membuka/Lupa Password MMC – Penutup dan Catatan

Sekedar catatan, cara-cara membuka password MMC yang Anda lupa di atas mungkin tidak dapat berfungsi pada semua jenis MMC dan juga perangkat handphone yang mengaplikasikannya. Namun, mengingat cara-cara di atas tidak akan memberikan efek negatif pada keberadaan data yang terdapat di dalam MMC Anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?