Cara Memformat Flashdisk Dengan File System NTFS

# Bagaimana cara memformat Flash Disk dengan File System NTFS? Berikut jawabannya.

Cara Memformat Flashdisk Dengan File System NTFS – Prolog

File system dimiliki oleh semua sistem operasi yang ada mulai dari DOS, Windows, Macintosh dan LINUX memiliki file system yang berbeda-beda. Beberapa contoh file system yang banyak dipakai di antaranya adalah FAT, NTFS, HFS dan HFS+, ext2, ext3, ISO 9660, ODS-5, dan UDF. Namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membicarakan mengenai file system NTFS.

NTFS (New Technology File System) merupakan salah satu sistem file yang ada pada sistem operasi Microsoft Windows. NTFS pertama kali terdapat pada sistem operasi windows NT. NTFS menggantikan sistem file FAT sebagai sistem file pilihan untuk sistem operasi Microsoft Windows. Sistem file NTFS memiliki beberapa kelebihan dari pada sistem file FAT dan HPFS (High Performance File System) seperti peningkatan dukungan terhadap metadata dan penggunaan struktur data tingkat lanjut untuk meningkatkan kinerja, kehandalan, dan pemanfaat ruang disk.

Microsoft juga menambahkan ukuran volume yang besar ke sistem file NTFS agar komputer memiliki performa yang lebih  tinggi, selain itu NTFS juga fitur keamanan data yang lebih baik ke dalam sistem file tersebut. NTFS bersifat dapat diperluas (extensible) dengan berbagai fitur tambahan yang dirasa perlu oleh developer.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai cara memformat flashdisk dengan file system NTFS.

Cara Mengecek File System Flash Disk

Sebagian dari anda yang memiliki USB Flash Disk mungkin jarang sekali untuk memperhatikan tipe file system yang digunakan. Tapi jika anda ingin mengetahuinya maka cara untuk melakukannya sangatlah mudah, cukup dengan mengklik kanan flashdisk pada Windows Explorer dan setelah itu pilih Properties. Pada layar window yang muncul anda dapat melihat tipe File System yang digunakan oleh USB flash disk anda, apakah FAT 32 (yang umum) atau NTFS.

File System Flash Disk - FAT 32

Jika anda menggunakan file sistem FAT atau FAT 32 dan anda ingin mengubahnya menjadi file sistem NTFS, maka anda perlu melakukan format terlebih dahulu drive komputer tersebut. Pada umumnya jika anda ingin melakukan format terhadap USB Flash Disk anda, maka pilihan sistem file yang ada hanyalah FAT atau FAT32, kemungkinan Anda tidak akan melihat menu NTFS.

NTFS merupakan format file system Windows terbaru setelah FAT32, dan memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki FAT 32, seperti diantaranya :

  • NTFS dapat mengatur ukuran volume yang digunakan
  • NTFS mendukung file system yang terenkripsi dengan menggunakan beberapa algoritma yang sudah biasa digunakan.
  • NTFS mendukung transparent data compression yang menghemat penggunaan ruangan hard disk.
  • NTFS mendukung nama  file memakai sistem Unicode (16-bit UCS2). Sedangkan file system FAT menggunakan ANSI (8-bit ASCII).
  • NTFS memiliki fitur alternate data stream yang tidak ada dalam struktur FAT.
FAT 32 vs NTFS

Mengaktifkan format NTFS pada Windows Explorer

Pada saat sekarang ini banyak perangkat lunak yang dapat anda gunakan untuk membantu anda jika ingin memformat flashdisk yang anda miliki dengan file system NTFS antara lain seperti HP USB Format Tools. Akan tetapi, sebenarnya Windows Explorer pun dapat melakukannya secara langsung tanpa membutuhkan software tambahan, dengan syarat Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dulu.

Untuk mengaktifkan kemampuan format flashdisk menggunakan file system NTFS, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties.
  2. Buka tab Hardware kemudian klik tombol Properties.
  3. Pilih Disk Drive yang ingin di format dengan sistem file NTFS pada menu All disk drives, setelah itu pilih Properties.
  4. Setelah anda memilih tombol properties, maka pilih tab Policies.
  5. Pilih Optimize for performance dan klik OK.

Flash Disk Optimize for Performance

Setelah anda melakukan cara diatas, klik kanan pada drive USB flashdisk di windows Explorer dan pilih menu Format. Jika cara yang anda lakukan sudah benar maka seharusnya sudah muncul pilihan NTFS pada File System.

Format Flash Drive as NTFS

Jika muncul, klik OK dan proses format akan berjalan, dan Flash Disk Anda akan berubah format menjadi NTFS.

Warning : seluruh data pada Flash Disk akan terhapus. Jadi pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan format.

Cara Memformat Flashdisk Dengan File System NTFS – Penutup

Demikian tips yang bisa kami berikan kali ini. Selamat mencoba, dan semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.