Cara Memformat Harddisk

# Bagaimana cara memformat harddisk komputer?

Cara Memformat Harddisk – Pendahuluan

Saat ini komputer sudah menjadi barang yang hamper dimiliki setiap orang. Keberadaannya tidak lagi dibutuhkan untuk kebutuhan kantor, perusahaan atau sebuah instansi saja. Kini setiap rumah rata-rata sudah memiliki setidaknya satu buah komputer, bahkan beberapa orang memiliki lebih dari satu komputer di rumah. Kebutuhan komputer yang sudah mulai digunakan sejak tingkat sekolah dasar merupakan salah satu alasan bahwa komputer kini telah menjadi perangkat multimedia yang dapat digunakan untuk keperluan apapun, dari mulai belajar, mendapatkan informasi, alat penghitung, alat untuk bekerja hingga sebagai alat untuk bermain game.

Sebagai barang yang selalu digunakan setiap hari, komputer juga tidak luput dari perawatan sebagaimana halnya sebuah barang elektronik. Komputer terdiri dari bagian-bagian perangkat keras atau sering disebut hardware yang saling berhubungan dan fungsinya saling melengkapi. Hardware-hardware penunjang utama sebuah komputer terdiri dari motherboard, processor, ram, harddisk, vga card, power supply unit dan sebuah casing yang menyatukan semua hardware tadi. Jika salah satu hardware tidak dalam kondisi yang baik maka dipastikan komputer akan terganggu fungsinya bahkan tidak bisa dinyalakan atau digunakan.

Salah satu hardware yang berperan penting dalam kinerja sebuah komputer adalah harddisk. Sebuah harddisk berperan sebagai penyimpan data dimana data-data yang disimpan terbagi dua, yaitu data personal yang berisikan file-file Anda dan data sistem yang berisikan file-file dari sistem operasi komputer Anda. Jika file yang terdapat pada sistem Anda terganggu atau rusak terkena virus maka kemungkinan sistem operasi Anda akan terganggu dan Anda tidak dapat menggunakan komputer.

Cara Memformat Harddisk

Langkah/Cara Memformat Harddisk Data

Kadangkala harddisk yang kita pakai mengalami kerusakan parah dan membuat data tidak dapat dibaca lagi. Dan kadangkala, satu-satunya solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut hanyalah dengan memformat harddisk yang bermasalah tersebut. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara untuk memformat harddisk?

Di dalam penggunaan harddisk biasanya selalu dibagi atau dipartisi menjadi beberapa bagian, umumnya harddisk dipartisi menjadi dua bagian yaitu drive C: untuk sistem operasi dan D: untuk data-data personal Anda.

Cara Memformat Harddisk - Drive C/D

Untuk kedua jenis harddisk tersebut (Drive SYSTEM dan Drive DATA), ada dua cara melakukan formatting yang berbeda. Dan keduanya, memiliki cara yang cukup berbeda pula.

Untuk memformat drive D: yang berisikan data-data personal Anda cukup mudah, Anda hanya tinggal masuk melalui windows explorer dan pilih drive D: klik kanan dan selanjutnya pilih format,

Cara Format Harddisk - Klik Kanan

Pada halaman yang muncul berikutnya, Anda akan diberi pilihan untuk melakukan Quick Format atau Format Biasa. Anda dapat memilih quick format untuk format yang lebih cepat atau format untuk proses pengecekan yang lebih mendalam,

Format Harddisk - Quick Format

Pilih salah satu model memformat harddisk yang Anda inginkan (Quick Format atau Format Biasa), lalu klik pada tombol Start. Selanjutnya, Anda cukup menunggu proses format berjalan, dan harddisk akan selesai terformat dalam waktu singkat.

Jangan lupa sebelum melakukan memformat harddisk pada drive D: Anda untuk mem-back up semua data penting Anda terlebih dahulu, karena setelah proses format harddisk akan seperti baru lagi dan dalam keadaan dengan kata lain file Anda akan hilang semua.

Langkah/Cara Memformat Harddisk System

Berbeda dengan proses format pada drive D: proses format pada drive C: sedikit lebih kompleks, biasanya proses format ulang drive C: akan dibarengi dengan proses install ulang OS atau sistem operasi. Untuk melakukan format drive C: dan install ulang OS Anda membutuhkan CD intalasi sistem operasi. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan CD intalasi ke dalam ROM dan merestart komputer Anda, selanjutnya Anda harus masuk ke BIOS dan mengubah boot priority menjadi CD ROM, lalu kembali restart komputer Anda. Selanjutnya Anda dapat memulai proses instalasi OS sekaligus memformat ulang Drive C: Anda.

Contohnya, berikut tampilan opsi memformat harddisk pada instalasi Windows XP,

Format Harddisk Install Windows XP

 

Dan berikut tampilan pilihan memformat harddisk pada instalasi Windows 7,

Format Harddisk Instalasi Windows 7

Biasanya akan muncul tampilan opsi (pilihan) untuk memformat harddisk C: yang ada di komputer Anda. Anda hanya perlu untuk memilih opsi tersebut, dan selanjutnya harddisk akan diformat sekaligus di-installkan Operating System yang baru. Setelah selesai proses instalasi kini komputer dan harddisk Anda akan seperti baru kembali.

Tips Tambahan Untuk Merawat Harddisk

Untuk merawat kinerja harddisk biasakan untuk menggunakan komputer terlalu over atau berlebihan, karena jika harddisk dipaksakan bekerja terlalu lama harddisk akan panas dan membuat harddisk menjadi tidak stabil, suhu di dalam casing cpu juga perlu diperhatikan agar jangan terlalu panas, akan lebih baik jika sebuah harddisk memilki pendingin atau kipas sendiri. Selain itu jangan terlalu sering melepas dan membawa-bawa harddisk karena harddisk merupakan barang yang sensitif.

Pada harddisk laptop jangan mengangkat atau memindahkan laptop dalam keadaan menyala karena harddisk yang berada dalam kondisi menyala atau berputar akan membuat putaran harddisk menjadi tidak stabil. Apabila Anda mengalami masalah dengan kinerja harddisk Anda seperti halnya harddisk yang terkena virus, Anda dapat memformatnya agar harddisk menjadi seperti baru kembali.

Cara Memformat Harddisk – Pendahuluan

Demikian sedikit tips dari kami untuk cara memformat harddisk yang Anda miliki, plus sedikit tambahan tips merawat harddisk. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.