Cara Memformat Komputer

# Jika komputer sudah sering hang/crash, mungkin sudah waktunya untuk memformat komputer tersebut dan menginstall OS dari awal. Bagaimana caranya? Baca artikel berikut ini.

Cara Mudah Memformat Komputer – Prolog

Bagi Anda pengguna komputer atau laptop, mungkin bukan perkara baru ketika perangkat komputer / laptop Anda itu tiba-tiba tidak dapat Anda gunakan sebagaimana mestinya. Masalah yang terjadi begitu amat sangat beragam, mulai melambatnya kecepatan akses dan membutuhkan waktu loading yang diluar kewajaran, dokumen-dokumen penting Anda yang tidak dapat dibuka karena virus, crash karena adanya file system yang hilang/rusak/corrupt atau terhapus secara tidak sengaja, file booting yang hilang, bad sector pada Hardisk, Hang On, dan lain sebagainya. Hal ini terkadang membuat Anda frustasi karena setelah menempuh banyak cara, namun masih saja tidak dapat menangani masalah yang sedang Anda hadapi.

Bila hal tersebut terus terjadi maka, pilihan untuk  memformat komputer/laptop yang kita miliki adalah pilihan yang tepat. Memformat komputer dalam hal ini adalah menghapus total sistem operasi yang sudah ada dan menginstalnya kembali dengan sistem operasi (yang baru/ lama). Sebelum melakukan format ulang, Kami menganjurkan Anda untuk dapat mengamankan dan membackup seluruh data yang dimiliki, khususnya data yang berapa pada drive C:\\ karena pada drive inilah seluruh sistem (biasanya) disimpan.

Cara Mudah Memformat Komputer – Cara Kerja

Bagi Anda pengguna pemula yang sebelumnya tidak pernah melakukan format ulang, berikut ini beberapa langkah mudah dan praktis sebagai panduan singkat yang dapat membantu Anda.

TAHAP PERSIAPAN

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, tahap paling awal yang harus Anda lakukan adalah backup.

Cara Mudah Memformat Komputer - Backup Data

  1. Simpan seluruh data Anda (khususnya data pada drive C:\\) pada sebuah eksternal device seperti flashdisk atau hardisk eksternal.
  2. Simpan seluruh data (khususnya data penting) diluar drive system. Biasakan untuk terlebih dahulu membuat partisi yang terpisah dengan drive system. Misalnya drive D:\\ atau F:\\. Sehingga bila system Anda terganggu, data yang dimiliki tidak akan hilang atau rusak
  3. Selain data yang ada di drive C:\\ segera pindahkan juga seluruh data yang Anda simpan di folder My Document, My Photo, Download, My Computer dan folder lainnya yang ada di system.
  4. Jika semua data Anda sudah aman, langkah selanjutnya adalah mengecek ketersediaan listrik PLN. Hal ini berlaku bagi Anda pengguna komputer / Laptop. Hindari proses memformat komputer dengan mengandalkan baterai.
  5. Siapkan CD Installer Windows yang akan Anda gunakan, file driver-driver untuk Chipset motherboard, soundcard driver, VGA card driver, Wireless dan lainnya (biasanya tersedia dalam satu bundle). Jika tidak tersedia, Anda dapat mendownlodnya di Internet.

TAHAP INSTALASI

Cara Mudah Memformat Komputer - Install_OS

  1. Hidupkan komputer/ laptop Anda dan masukan CD installer Windows ke dalam CD-ROM, setelah itu restart.
  2. Ketika booting, tekan tombol F10 atau F12 (sesuai jenis komputer yang digunakan). Ganti urutan booting dengan urutan pertama adalah CD-Drive / DVD Drive (sesuaikan dengan tempat penyimpanan CD Installer)
  3. Untuk beberapa komputer (khususnya keluaran lama), saat booting tekan tombol Del (Delete)/ F2 (disesuaikan dengan jenis komputernya). Maka akan muncul tampilan Bios Setup Utility, dan pilih booting dari CD / DVD Driver. Kemudian pilih tombol F10 untuk simpan semua perubahan dan keluar.
  4. Setelah itu komputer akan me-restrart. Setelah muncul pesan“Press any key to boot from CD”, tekanlah sembarang tombol pada keyboard, dan proses booting dari CD segera dilakukan.
  5. Ketika Anda sudah memasuki area BIOS, hal yang harus Anda perhatikan adalah perintah-perintah yang Anda didalamnya. Baca dengan seksama, dan pilih jika Anda sudah benar-benar yakin. Pilihan pertama saat di BIOS adalah pilihan untuk SET UP, pilih Enter untuk melanjutkan. Pilih D untuk menghapus partioso atau pilih L untuk konfirmasi.
  6. Karena Kita akan memformat drive C, maka pilihkan Set Up Windows, diikuti dengan menekan Enter
  7. Setelah itu, proses format akan dimulai, kemudian diikuti proses copy data dan restart secara otomatis.

Catatan : Jika muncul pesan Press any key to boot from CD, abaikan saja.

  1. Setelah proses format selesai, secara otomatis system akan direstrart dan masuk ke proses selanjutnya
  2. Pada tahapan instalasi windows, isilah semua kolom yang diminta dengan data yang lengkap. Kemudian pilih Next untuk melanjutkan. (ikuti semua alurnya)
  3. Setelah semua proses berhasil dilalui, akhiri dengan menekan tombol Finish
  4. Semua proses instalasi sistem operasi telah rampung dilakukan. langkah selanjutnya adalah menginstal semua driver yang ada dan aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan.

Cara Mudah Memformat Komputer – Kesimpulan

Bagaimana sangat mudah bukan? Mudah-mudahan artikel berikut dapat membantu Anda memformat komputer dan menginstall OS yang baru dari awal. Selamat mencoba.