Cara Memperbaiki Komputer Hang

# Bagaimana cara memperbaiki komputer hang?

Bagaimana Cara Memperbaiki Komputer Hang – Prolog

Mungkin saat ini,  Anda sedang kebingungan mengatasi komputer Anda yang hang, tiba-tiba mati dan tidak dapat diaktifkan kembali. Hang meruapakan sebuah kondisi  dimana satu program atau keseluruhan program komputer berhenti menerima dan merespon input atau dengan kata lain sistem dan program mengalami  freezing  atau tidak merespon sama sekali. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan komputer Anda hang, salah satunya adalah masalah pada hardware anda. Masalah pada hardware seringkali menjadi penyebab utama komputer menjadi hang.  Bisa karena komponen hardware yang terlalu kotor, berdebu, overheat (panas berlebih), atau ketidakcocokan satu komponen dengan komponen lainnya.

Cara Memperbaiki Komputer Hang

Sebelum mencoba memperbaiki komputer hang, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah analisa atau identifikasi masalah apa yang menjadi penyebabnya.  Tidak perlu langsung  mengambil tindakan untuk pergi ke ahli servis, Anda pun mampu  melakukan pemeriksaan awal sendiri di rumah dengan mengikuti panduan-panduan yang berikut ini. Kami sebelumnya  sudah melakukan pengujian dan mencoba semua panduan-panduan dibawah ini dan memberikan hasil yang mengagumkan dimana ermasalahan yang umum terjadi dapat terselesaikan dengan baik.

Tata Cara Memperbaiki Komputer Hang

Berikut ini beberapa panduan yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki komputer hang :

1.   Langkah yang pertama untuk memperbaiki komputer hang / rusak, adalah memeriksa kabel yang terhubung  antara komponen hardware  dan  power supply device.

  • Mulai dengan memeriksa kabel yang masuk ke UPS atau Stabilizer. UPS (Uninterruptible Power Suply) berfungsi sebagai baterai backup yang digunakan sebagai penyedia daya listrik cadangan atau alternative. Sedangkan, Stabilizer adalah  alat yang dapat digunakan untuk menstabilkan  tegangan listrik masukan atau input voltage yang naik turun sehingga tegangan keluaran (output voltage) pun menjadi lebih stabil. Periksalah kabel yg menghubungkan UPS atau Stabilizer ke computer, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum.
  • Periksa juga kekencangan kabel Power ke monitor, kabel monitor ke CPU dan kabel kabel lain yang terhubung ke komputer dan menghubungkan komputer. Lihatlah kesesuaian pemasangannya juga.

2.   Langkah kedua untuk memperbaiki komputer hang yaitu memeriksa storage device  yaitu harddisk seperti CD-ROM/ DVD-ROM. Cek apakah kedua drive tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Hang bisa jadi disebabkan oleh kesalahan pada driver. Cobalah lakukan scanning atau checkdisk di windows untuk memeriksa dan memperbaiki harddisk anda. Lihat semua komponen yang terhubung ke CPU Anda. Lakukan pemeriksaan dan pemasangan ulang kabel penghubung motherboard dan power supply. Jika Anda telah  menjalankan dua step tersebut dan mendapati komputer masih belum dapat dinyalakan, matikan (turn off) Komputer dan setting  ulang BIOS Motherboard.

Berikut trik-trik untuk menyeting atau mereset BIOS motherboard anda.

  • Cara pertama mereset BIOS. Pada setiap pc desktop terdapat jumper, untuk memperbaiki settingan BIOS, lihatlah  jumper cmos yg terletak dekat battery CMOS. Caranya adalah dengan melepaskan jumper cmos. Jumper CMOS memiliki tiga pin yang 2 pinnya diantaranya terhubung oleh konektor kecil. Lepas jumper, dan taruh di 2 pin lain yang berlawanan. Contoh, awalnya jumper terpasang di pin yang tengah dan kanan. Sekarang, lepaskan jumper dan posisikan jumper disisi kanan ke tengah dan yang tadinya di tengah ke sebelah kiri. Tunggu beberapa saat,  lalu kembalikan jumper ke posisi semula.
  •  Cara kedua untuk mereset BIOS adalah dengan mencopot battery CMOS. Diamkan beberapa saat antara 5-10 menit, setelah itu pasang kembali. Maksud dari dilepaskan dan dipasangkan kembalinya ini adalah untuk mengembalikan settingan BIOS seperti default awalnya.
  • Catatan:  Bila jam pada computer anda sering berubah dan tidak cocok, mungkin bisa jadi karena battery anda sudah berumur lama dan segeralah ganti dengan yang baru.

3.   Langkah ketiga memperbaiki komputer hang. Jika kedua proses diatas belum dapat mengaktifkan komputer Anda, lakukan langkah selanjutnya. Periksa kipas Processor atau VGA. Jika kipas processor/ VGA bekerja normal tetapi komputer tetap mati, bisa jadi sesuatu yang salah terjadi pada bios motherboard atau mungkin motherboardnya rusak. Maka updatelah bios anda.

Kipas yang berhenti berputar akan mengakibatkan  heatsink yang berakibat VGA card mengalami pemanasan yang  tidak normal. Jika hal ini terjadi, Anda perlu mengganti VGA card Anda. Namun, untuk mengecek hal tersebut  anda perlu masuk ke BIOS terlebih dahulu. Setelah itu cobalah copot kabel Hardisk, CD-ROM dan Floppy disk. Lalu, pindahkan pemasangan RAM pada slot yang berbeda. Lakukan berulang kali hingga dapat diaktifkan kembali.

Bila CPU, hardisk berjalan normal, lampu LED dapat menyala dan berkedip tapi tidak muncul tampilan apapun, artinya VGA atau kartu grafis computer anda benar-benar harus diganti. Jika masih belum yakin dengan kerusakan VGA anda, ganti dengan VGA lain untuk memastikannya. Atau pasangan VGA  komputer anda di komputer lain, bila responnya sama artinya VGA anda harus diganti.

Bila hingga langkah ketiga pun, komputer Anda masih tidak dapat berjalan seperti sediakala, mungkin sebaiknya Anda meminta bantuan ahlinya. Caranya? Bawalah ke tempat service komputer terdekat untuk memperbaiki komputer Anda.

Cara Memperbaiki Komputer Hang – Penutup

Demikian panduan singkat untuk memperbaiki komputer hang, langkah demi langkah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk membantu Anda memperbaiki komputer.