Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Hidup/Nyala

# Bagaimana cara memperbaiki komputer tidak mau hidup/nyala?

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Hidup/Nyala – Prolog

Pernahkah suatu hari, Anda mengalami  kesulitan untuk dapat menghidupkan perangkat komputer yang Anda biasa gunakan? Padahal semua prosedur standar untuk menghidupkan komputer telah Anda lakukan dengan baik dan benar,  namun komputer tetap dalam keadaan mati. Jika hal ini terjadi kepada Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah tenang dan berpikirlah dengan jernih, karena Anda sebenarnya bisa memperbaiki komputer sendiri jika masalahnya tidak berat.

Mungkin bagi Anda yang tidak mengerti dan mengetahui bagaimana cara memperbaiki komputer, Anda akan kebingungan jika komputer yang biasa Anda gunakan tidak dapat menyala, terlebih jika tombol power yang biasa digunakan untuk menghidupkan komputer tidak berfungsi dengan baik. Untuk dapat mengetahui apa penyebabnya, Anda terlebih dahulu harus mengidentifikasi beberapa kemungkinan, dengan cara memeriksa secara teliti dan bertahap pada  setiap komponen yang terdapat didalamnya.

Tata Cara Memperbaiki Komputer Tidak Hidup / Nyala

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab komputer yang tidak dapat dihidupkan, antara lain :

Langkah 1: Langkah memperbaiki komputer yang pertama adalah, periksalah seluruh sambungan kabel dan jaringan listrik yang terpasang pada komputer. Pemeriksaan dilakukan mulai dari komponen Outlet AC hingga  perangkat PSU (power supply unit) pada komputer. Anda harus memastikan seluruh komponen mendapat pasokan listrik yang cukup dan terpasang dengan baik.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Hidup/Nyala

Lihat posisi switch pada PSU, pastikan kondisinya dalam keadaan ON. Jika Anda menggunakan perangkat UPS (uniterruptable power supply) atau perangkat stabilizer AVR (automated voltage regulator), pastikan juga semua saklar dalam keadaan ON dan masih berfungsi dengan baik. Jika Anda memakai laptop, pastikan bahwa kabel power yang menempel di laptop terpasang dengan baik.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Menyala/Hidup

Langkah 2: Langkah memperbaiki komputer yang kedua adalah, jika Anda sudah dapat memastikan semua jaringan listrik terhubung dengan baik dan meyakini bahwa hal tersebut bukanlah penyebab utamanya, kemungkinan besar penyebabnya terdapat pada komputer Anda. Perhatikan semua kabel pada casing komputer (khususnya kabel power) harus terpasang dengan baik pada motherboard.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda harus  membuka casing, melepas kabel-kabel didalamnya dan memasangkan kembali dengan posisi dan instalasi yang benar. Perhatikan baik-baik setiap konektor kabel yang terdapat didalamnya. Langkah ini sangat penting karena seringkali kerusakan pada komputer diakibatkan oleh konektor kabel yang tidak terpasang dengan sempurna.

Langkah 3: Langkah memperbaiki komputer yang ketiga, pada tahap ini jika Anda tidak terbiasa membongkar pasang perangkat komputer, mungkin Anda akan merasa sedikit kebingungan dan kerepotan. Langkah ini, dilakukan jika langkah 1 dan langkah 2 belum membuahkan hasil dengan baik. Tindakan pertama yang harus Anda lakukan pada tahap ini adalah dengan mengecek semua komponen perangkat keras utama satu per satu.

Sebagai Catatan : Yang dimaksud dengan komponen perangkat keras utama adalah Motherboard dan CPU. Anda harus dapat memastikan bahwa kedua perangkat utama  tersebut masih berfungsi dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa kedua perangkat ini merupakan perangkat inti yang mengatur seluruh  aktivitas pada komputer Anda. Jadi katakanlah jika CPU Anda trnyata rusak, maka otomatis seluruh sistem pada komputer akan mati total, demikian halnya jika terjadi pada perangkat motherboard. Kerusakan akan semakin fatal jika terjadi pada bagian catu daya -MOSFET jalur daya di PCB dan yang lainnya-. Tentu saja hal tersebut pun akan mengakibatkan komputer tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Cara Mencegah Kerusakan Pada Komputer

Pada dasarnya hal yang harus Anda lakukan untuk dapat mencegah kerusakan yang terjadi adalah dengan menggunakan perangkat komputer dengan sangat bijak. Saat akan menggunakan komputer lakukan prosedur menghidupkan komputer dengan benar, jangan biasakan dengan menggunakan cara instan yang sangat beresiko mengakibatkan kerusakan. Begitupun halnya dengan mematikan komputer. Saat penggunaan pun perhatikan dan jauhkan hal-hal yang dapat memicu kerusakan baik dari dalam maupun dari luar.

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Hidup/Nyala – Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang cara untuk memperbaiki komputer yang tidak mau hidup (tidak mau menyala). Selamat mencoba, semoga bermanfaat.