Cara Memproteksi Folder Windows

# Bagaimana cara memproteksi folder pada Windows XP? Berikut caranya.

Cara Memproteksi Folder Windows – Prolog

Ada berbagai cara untuk menyembunyikan dokumen/file atau folder pribadi di komputer. Kenapa harus disembunyikan? Jawabannya mungkin karena dokumen-dokumen yang bersangkutan bersifat penting dan atau rahasia. Berikut akan dijabarkan cara-cara menyembunyikan folder dengan beberapa metode alternatif.

Memproteksi Folder Dengan Menyamarkan Nama

Untuk melakukan hal ini, anda tidak membutuhkan software apapun. satu-satunya program yang dibutuhkan adalah ‘Notepad’. Peraturannya adalah, jika anda atau pengguna lain mengklik folder yang telah di-proteksi tersebut, maka anda akan dibawa ke Control Panel. Ini akan membuat pengguna lain berfikir bahwa folder yang bersangkutan adalah sebuah shortcut atau folder bagian dari Control Panel.

  • Pertama, buat folder (Contoh nama folder : ‘Fonts’). Mengapa harus ‘Fonts’?. Ini dimaksudkan untuk mengecoh pengguna lain agar folder yang kita miliki mirip dengan folder yang ada di Control Panel.
  •  Buatlah sebuah file Notepad di tempat yang sama dimana anda menyimpan folder ‘Fonts’. Kemudian copy tulisan berikut di file notepad anda :

 ren Fonts Fonts.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}

  • Anda dapat menggati kata ‘Fonts’ dengan nama file yang buat
  • Simpan file Notepad dengan nama “loc.bat”. Kemudian klik Save (catatan : Jangan lupa untuk membubuhkan tanda kutip pada nama file saat file disimpan.

Cara Memproteksi Folder Windows - Loc.bat

  • Berikutnya, buat file Notepad lainnya dan isikan dengan teks berikut :

ren Fonts.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} Fonts

  •  Simpan file Notepad dengan nama “key.bat” lengkap dengan tanda kutipnya.

Memproteksi Folder Windows - Key.bat

  • Klik dua kali pada file loc.bat dan secara otomatis, ikon folder anda akan berubah. Nah, kini setiap kali folder di-klik, maka anda akan dibawa ke Control Panel dan pastinya anda tidak dapat mengakses konten yang ada dalam folder yang bersangkutan.
  • Untuk dapat mengembalikan folder ke keadaan semula, klik dua kali pada file key.bat. Setelah itu ikon folder anda akan kembali ke keadaan semula dan anda dapat mengakses konten folder

Demikian caranya, tidak terlalu sulit. Tapi cara ini agak riskan. Jika ada pengguna yang mengetahui trik ini, pastinya folder anda akan dengan mudah dibobol. Salah satu cara untuk mengamankannya, anda dapat memindahkan file key.bat ke lokasi lain, menyimpannya di Flash Disk atau di CD yang terproteksi.

Selain itu, cara ini juga kurang aman. Pengguna lain yang mengetahui trik ini bisa saja membuat file key.bat sendiri. Jika sudah begini, sebaiknya anda menggunakan alternatif lain untuk memproteksi folder-folder anda.

Menyembunyikan Folder Dengan Software Hide Folder

Jika ternyata cara pertama kurang efektif, silakan anda coba alternative lain untuk menyembunyikan folder. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bantuan software bernama ‘Free Hide Folder’. Anda dapat mendownloadnya di free-hide-folder.en.softonic.com

Free Hide Folder Rating

Caranya adalah setelah anda menjalankan program Free Hide Folder, lalu klik tombol ‘Add to List’ untuk memilih folder dan menambahkannya ke daftar untuk kemudian menyembunyikannya. Saat pertama kali anda menjalankan Free Hide Folder, anda akan diminta untuk menginputkan password master. Password ini nantinya akan digunakan untuk melindungi Free Hide Folder agar tidak diakses oleh orang-orang yang tidak diinginkan. Sehingga, hanya anda saja yang dapat menjalankan program ini dan mengakses dokumen-dokumen yang tersembunyi di dalamnya.

Selain untuk menyembunyikan file dan folder yang ada di komputer Anda, software Free Hide Folder juga memiliki beberapa kemampuan lainnya yang cukup menarik. Antara lain :

–          Free Hide Folder dapat menyembunyikan folder anda dengan sempurna.

–          Untuk jaminan keamanan, Free Hide Folder menyajikan fitur proteksi password saat program dijalankan

–          Untuk menjalankannya, anda tidak perlu melakukan modifikasi pada struktur file system komputer anda.

–          Menyajikan tampilan antar muka yang mudah digunakan

–          Free Hide Folder ini 100% bebas spyware. Di salamnya Anda tidak akan menemukan spyware, adware maupun virus

Cara Memproteksi Folder Windows XP – Penutup

Demikian dua cara mudah untuk memproteksi folder Windows XP Anda, cara manual dan otomatis menggunakan bantuan software. Semoga bermanfaat.