Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Disembunyikan Virus

# Bagaimana cara untuk menampilkan file dan folder yang disembunyikan Virus? Artikel kali ini akan membantu menjawabnya.

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Disembunyikan Virus – Prolog

Semua pengguna laptop ataupun komputer pasti mengetahui ancaman dari berbagai macam virus komputer. Oleh karena itu penggunaan antivirus sebagai benteng untuk menangkal serangan virus-virus  tersebut sangatlah dianjurkan.  Namun, dengan adanya antivirus tidak serta merta menjadikan file – file dan juga folder  yang Anda miliki menjadi aman. Permasalahan yang sering muncul adalah adanya serangan virus yang membuat file ataupun folder hilang atau disembunyikan virus tersebut. Padahal keberadaan virus-virus tersebut telah terdeteksi oleh antivirus dan telah dimusnahkan.

Virus menggunakan beragam media untuk berkembang dan terus menyebar secara ganas, salah satunya melalui penggunaan flashdisk yang kita gunakan. File-file atau folder yang hilang atau disembunyikan merupakan salah satu kemampuan virus dalam melakukan serangan. Bahkan sekarang ini banyak virus yang dapat menggandakan dirinya secara otomatis oleh dirinya sendiri dan tanpa disadari oleh pengguna. Proses penggandaan virus sangatlah mudah untuk dilakukan walaupun dengan mekanisme kerja yang rumit. Virus akan  mengambil space di harddisk atau flash disk yang Anda miliki, sehingga space pada storage seperti hardisk dan flashdsk akan berkurang dan mengakibatkan komputer Anda berjalan sangat lambat dan tidak jarang hingga mematikan sistem yang  Anda gunakan.

Solusi Masalah Files & Folder Disembunyikan Virus

Namun anda tidak perlu khawatir, karena kini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadikan berbagai permasalahan dapat ditemukan dengan mudah solusinya. Berbagai sofware antivirus  gratis kini dapat dengan mudah Anda gunakan. Anda hanya perlu memiliki aplikasi antivirus mana yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat didukung oleh sistem yang Anda gunakan. Bagi Anda yang telah menggunakan antivirus yang handal namun tetap belum mampu untuk menampilkan file dan folder yang disembunyikan oleh virus, berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti :

  1. Bukalah menu folder option terlebih dahulu. Folder option dapat kita aktifkan dengan cara membuka windows explorer. Bagi pengguna windows 7, menu folder option dapat kita temukan dengan meng-klik  windows explorer lalu anda gerakn kursor anda ke kiri atas, disana anda akan menemukan menu organize, anda klik menu tersbut maka dari menu tersebut akan tampil pilihan salah satunya adalah folder & search option. Klik menu folder & search option tersebut.
  2. Setelah itu akan terbuka kotak dialog folder option. Klik menu view, maka akan bnyak pilihan yang bisa kita pilih. Untuk membuka file yang tersembunyi maka pilih “Show hidden files, folders, and drive”. Kemudian klik OK. Namun perlu diingat sebelum mengaktifkan pilihan tersebut, anda diharuskan untuk menghilangkan tanda “hide protected operating system files (recommended)”. Perlu diingat, menu pilihan hide protected operating system files (recommended)” dapat hilang karena virus yang menyerang sangat ganas.
  3. Setelah itu anda menuju file atau folder yang tersembunyi yang anda cari, kemudian klik kanan pada file atau folder anda. Tanda apabila file atau folder kita tersembunyi adalah file atau folder kita terlihat samar. Setelah anda klik kanan ada pilihan properties, maka klik pilihan properties dan menu hidden tidak akan muncul.
Untuk contoh screenshot, dapat Anda lihat pada gambar berikut ini (contoh pada Windows XP) :
Menampilkan File dan Folder yang Disembunyikan Virus

Alternatif Menampilkan Kembali Files & Folder yang Disembunyikan Virus

Jika cara di atas tidak berhasil dilakukan, jangan khawatir. Masih ada cara yang lain yang bisa Anda lakukan supaya file dan folder yang disembunyikan virus dapat muncul kembali. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal berikut :

  1. Bukalah command prompt, aplikasi ini seperti program DOS.
  2. Apabila sulit menemukan commad prompt anda bisa melakukan hal berikut, klik start >> all program >> accessories >> command prompt (menu ini bagi windows xp / windows 7); Atau klik start >> run >> ketik “cmd”
  3. kemudian isikan dalam command prompt tersebut perintah. Misalnya file yang ersembunyi kita simpan pada drive D:\ . Maka kita tuliskan pada dialog command prompt tersebut D:\ , enter
  4. kemudian ketikan dalam commad prompt “ATTRIB *.* -S –H –R /S /D” (tanpa menggunakan tanda petik)
  5. karakter- karakter atau huruf tersebut mengandung makna atau perintah, agar mengetahui fungsinya apa dapat kita ketikan ATTRIB /?

Alternatif Solusi via Command Prompt

Setelah Anda menekan “Enter”, maka perintah di atas akan dieksekusi dan membuat semua file dan folder yang ada di komputer Anda menjadi muncul kembali seperti sebelum disembunyikan virus. Tunggu sampai proses selesai. Kemudian bukalah file atau folder yang anda inginkan.

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Disembunyikan Virus – Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk membantu Anda mengatasi masalah yang menjengkelkan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!