Cara Menampilkan Hidden Files Tersembunyi

# Bagaimana cara menampilkan hidden files tersembunyi? Berikut caranya.

Cara Menampilkan Hidden Files Tersembunyi – Prolog

Direktori atau file yang disembunyikan di komputer tidak dapat dilihat dengan pengaturan default dari windows. Pada umumnya direktori yang disembunyikan menyediakan file yang terkait dengan sistem operasi dan preferensi pengguna sehingga oleh sistem operasi windows file atau folder yang berada pada direktori tersebut di sembunyikan agar anda tidak merasa ribet akah hal tersebut.

Akan tetapi sebenarnya file atau folder yang disembunyikan itu bukan hanya merupakan sistem file dari windows, mungkin saha ada program yang dapat membahayakan sistem komputer (virus) yang mungkin saja menggunakan fungsionalitas tersebut untuk menyembunyikan dirinya agar tidak terlihat sehingga mereka dengan mudah menyusup. Penyebaran virus komputer umumnya menyebar melalui USB Flash Disk yang berasal dari file yang di sembunyikan (hidden files) baik itu ketika anda melakukan browsing di internet atau pun ketika anda memasukkan USB Flash Disk tersebut ke komputer teman anda yang telah terinfeksi oleh virus. Ketika file tersebut menyusup masuk ke dalam komputer, anda tidak mengetahui file aneh yang mungkin bisa berupa virus.

Namun bukan berarti file yang di sembunyikan (hidden files) semuanya itu virus. Kita bisa saja jika melakukan hal seperti itu, dimana kita menyembunyikan file yang kita anggap penting agar tidak dapat dilihat atau bahkan di akses oleh orang lain. Namun pada pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas mengenai cara menyembunyikan file tetapi menampilkan file yang tersembunyi.

Cara Menampilkan Hidden Files Tersembunyi – Langkah Pengerjaan

Terkadang memang kita perlu untuk menampilkan file yang termbunyi agar kita dapat membantu sistem dalam mempercepat proses untuk melakukan pemindaian terhadap virus yang komputer yang ada. Seperti misalnya jika dalam USB Flash Disk kita ada virusnya, maka virus tersebut dapat kita hilangkan secara manual tanpa bantuan perangkat lunak antivirus.

Secara default, windows tidak menampilkan file yang di sembunyikan (hidden files). Tapi mungkin suatu saat anda akan memerlukan untuk menampilkan file yang tersembunyi, dikarenakan untuk mencegah virus yang masuk ke dalam komputer anda atau untuk menampilkan file yang sengaja disembunyikan dalam USB Flash Disk ketika ada teman anda yang menggunakan komputer anda untuk membuka isi dari USB Flash Disk tersebut.

Cara Menampilkan Hidden Files Tersembunyi - Before After

Tapi apapun alasan Anda, jika Anda ingin mencobanya, berikut cara-caranya  :

  1. Pertama-tama silahkan klik tombol start pada sistem operasi windows 7, lalu pilih Control Panel. Atau anda cukup mengetikkan “folder options” didalam search box ketika mengklik menu Start. lalu pilih Folder Options dibawah Control Panel dan lanjutkan ke tahap 4
  2. Klik link Appearance and Personalization. Jika kalian menggunakan Control Panel dalam Large icons atau Small icons, kalian tidak akan menemukannya.  klik Folder Options dan lanjutkan ke tahap 4.
  3. Klik pada link Folder Options.
  4. Pilih tab view pada window Folder Options.
  5. Pada Advanced settings, cari kategori Hidden files and folders. Note : kalian juga dapat melihat kategori Hidden files and folders dibawah text area : Advance Settings dengan scrolling down. (Kalian bisa memilih diantara kedua cara ini)
  6. Pilih radio button Show hidden files, folders, and drives dibawah kategori Hidden files and folders.
  7. Klik OK, lalu tutup window Control Panel.

Cara Menampilkan Hidden Files

Cara Menampilkan Hidden Files Tersembunyi – Penutup

Selesai sudah cara-caranya, cukup mudah bukan? Sekarang anda sudah dapat melihat semua file maupun folder yang di sembunyikan (hidden) dalam komputer anda. Jika anda bingung untuk membedakan mana file atau folder yang di hidden atau yang tidak di hidden. Maka salah satu cara yang mudah dipahami adalah bahwa file yang di hidden itu warnanya agak sedikit pudar dan tampak lebih terang.

Catatan : cara ini berlaku di berbagai versi Windows (Windows XP, Vista, 7).