Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places

# Facebook Places adalah salah satu layanan sosial dari Facebook yang bekerja mirip foursquare. Bagaimana cara menampilkan lokasi facebook places kita kepada orang lain? Simak caranya di artikel berikut ini.

Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places – Intro

Dengan menggunakan Facebook, Anda dapat melakukan banyak hal. Sebagai contoh, Anda dapat menyimpan foto dan juga video, berbagi pikiran dan juga beragam hal lainnya dengan pengguna Facebook yang lain, bahkan Anda juga dapat berkomunikasi dengan melakukan chatting.

Tidak heran jika pengguna Facebook terus tumbuh berkembang seiring dengan semakin lengkapnya layanan yang diberikan. Bahkan, baru-baru ini Facebook juga meluncurkan sebuah fitur baru bernama Facebook Places. Apa yang dimaksud dengan Facebook Places? Dan bagaimana cara menampilkan lokasi Anda di Facebook Places?

Facebook Places merupakan sebuah fitur pada Facebook yang memungkinkan pengguna Facebook lainnya mengetahui lokasi Anda ketika mengupdate status. Fitur Facebook Places merupakan fitur optional yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan kapan saja dengan cara yang sangat mudah. Artinya, pengguna dapat memilih apakah lokasi Facebook Places dirinya ditampilkan pada publik atau tidak. Banyak orang yang menganggap bahwa fitur ini dirasa mengganggu privasi, karena sifatnya yang mempublikasikan informasi pribadi.

Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places – Privasi

Selain Facebook Places, sebelumnya Facebook juga telah dianggap melanggar privasi seseorang karena meminta pengguna Facebook menuliskan identitas lengkapnya pada situs jejaring sosial ini. Oleh karena itu, artikel kali ini akan mengulas fitur Facebook Places, khususnya mengenai masalah privasi yang ditimbulkannya, dan cara memanfaatkanya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook Places menggunakan lokasi sebagai bentuk layanan utamanya. Facebook Places menggunakan teknologi geolocation untuk menentukan lokasi terdekat ketika Anda mengupdate status. Dengan begitu, lokasi Anda pada saat itu akan terpublikasikan secara luas dan dapat diketahui oleh pengguna Facebook lainnya. Dari sinilah masalah privasi itu muncul.

lokasi facebook places - imgMengapa? Karena jelas, tidak semua orang ingin lokasi dirinya diketahui oleh orang lain. Namun untungnya, Anda selalu memiliki kuasa untuk mengontrol pengaturan ini. Anda dapat menentukan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Facebook Places kapan pun Anda inginkan. Bagaimana caranya? Caranya tidaklah sulit, bahkan cenderung mudah untuk dilakukan.

Pertama-tama, Anda dapat masuk ke dalam pengaturan privasi akun, yaitu dengan mengakses opsi Facebook Privacy > Customize Settings. Kemudian, ubah opsi “Places I check in”, dan tentukan sharing informasi pada orang-orang yang Anda inginkan. Terdapat pilihan sharing kepada teman saja (friend only), teman dari teman Anda (friend of friend), atau Anda juga dapat mengatur untuk mempublikasikan informasi lokasi di mana Anda berada ke seluruh dunia (public).

Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places – Menyembunyikan Lokasi Anda

Apabila Anda ingin menyembunyikan lokasi diri Anda, maka Anda tidak perlu check in dengan menggunakan Facebook Places. Atau jika Anda telah terlanjur mempublikasikannya, Anda dapat mengubah pengaturan secara mudah dengan kembali masuk ke dalam pengaturan privasi, kemudian mengubah opsi menjadi: Custom > Only Me.

Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places – Selective Filtering

Pengaturan broadcast informasi lokasi pada Facebook Places sebenarnya cukup fleksibel, karena Anda juga dapat mengatur agar informasi lokasi hanya muncul pada teman atau daftar kontak tertentu saja. Artinya, Anda dapat memunculkan informasi lokasi pada keluarga, teman dekat, atau orang yang Anda percaya saja. Dengan begitu privasi Anda pun dapat lebih terjaga. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Caranya adalah dengan terlebih dulu menentukan orang-orang yang Anda inginkan untuk mengetahui lokasi setiap kali Anda mengupdate status. Selanjutnya adalah kembali membuka pengaturan halaman privasi Facebook, untuk kemudian memilih opsi Custom > Make this visible to. Dalam kotak yang tersedia, masukkan nama orang-orang yang diinginkan. Selesai. Cukup mudah, bukan?

Cara Menampilkan Lokasi Facebook Places – Kesimpulan

Facebook Places adalah salah satu layanan yang cukup penting dari Facebook. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui lokasi facebook places dari teman Anda, maupun menginformasikan lokasi Facebook Places Anda kepada teman-teman Anda. Sangat membantu terutama untuk kegiatan sosialisasi harian Anda.

Facebook Places sendiri tersedia untuk pengguna yang mengakses Facebook melalui browser komputer, atau melalui mobile browser yang mendukung teknologi geolocation dan juga HTML 5. Sebagai catatan, dalam tampilan Facebook terbaru, Anda dapat menentukan lokasi setiap kali akan mengupdate status (di bagian bawah kotak update status).

Semoga bermanfaat.