Cara Mencari DNS Server Tercepat

# Bagaimana cara mencari DNS Server tercepat? Begini caranya

Cara Mencari DNS Server Tercepat – Prolog

DNS adalah sebuah layanan internet yang menerjemahkan nama-nama domain ke dalam IP address. Karena nama-nama domain bersifat alfabet, maka akan lebih mudah untuk diingat – itu bagi anda. Tapi tidak bagi internet. Internet ini berbasis IP address. Jadi, setiap kali anda menggunakan nama domain, maka layanan DNS harus menerjemahkan nama-nama tersebut ke IP address yang sesuai. Sebagai contoh, nama domainnya adalah www.example.com dan komputer nantinya akan mengubahnya menjadi 198.105.232.4. Nah, sekarang apa yang dimaksud dengan DNS Server?

DNS Server Tercepat - Companies

DNS server adalah semua komputer yang telah terdaftar untuk bergabung di DNS. Perangkat ini menjalankan software jaringan dengan tujuan khusus, menyajikan IP address publik serta berisi database dari nama-nama jaringan serta alamat-alamat untuk host internet lainnya.

Dan berbicara mengenai DNS server, Indonesia kini memiliki sejumlah server, berikut daftarnya :

–          indosat.net.id termasuk DNS Indosat IM2

–          DNS Telkom.net.id Telkom Speedy

–          DNS AWARI (Asosiasi Warnet Indonesia)

–          DNS sat.net.id

–          DNS cbn.net.id

–          Singnet Singapore

–          DNS indo.net.id

–          DNS itb.ac.id

–          DNS ukdw.ac.id

Cara Mencari Layanan Tercepat

Berbicara tentang DNS Server, anda pastinya menginginkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Nah, untuk mendapatkannya, anda harus mencarinya sendiri dan tentunya dengan bantuan software tertentu. Disini, terdapat dua software yang bisa anda gunakan untuk mencari DNS server tercepat untuk komputer anda, yaitu GRC’s DNS Benchmark dan Google Namebench

GRC’s DNS Benchmark

Apa sih yang dilakukan GRC’s DNS Benchmark ? GRC’s DNS Benchmark dapat menganalisis yang mendetail serta perbandingan performa operasional serta reliabilitas sampai dengan 200 DNS nameserver sekaligus. Saat Benchmark memulai operasi pada konfigurasi default, maka Benchmark akan mengidentifikasi semua DNS nameserver yang saat itu sedang dikonfigurasikan oleh komputer anda serta menambahkannya ke daftar daftar nameserver alternatif.

DNS Tercepat - GRC's DNS Benchmark

Setiap DNS nameserver yang terdaftar di Benchmark akan ditandai untuk menentukan kesesuaiannya dengan koneksi pada komputer anda yang nantinya dapat anda gunakan sebagai DNS nameserver anda. Anda dapat mendownload software GRC’s DNS Benchmark di www.grc.com/dns/benchmark.htm

 

Google Namebench

Pada dasarnya, cara kerja Google Namebench ini sama dengan GRC’s DNS Benchmark, yaitu menganalisis, membandingkan dan merekomendasikan DNS server tercepat untuk koneksi komputer anda. Software ini akan membandingkan kecepatan dari berbagai DNS yang tersedia dengan kecepatan akses dari komputer Anda.

DNS Server Tercepat - Google Namebench

Berikut adalah cara instalasi Google Namebench :

–          Download Google Namebench dari code.google.com/p/namebench/downloads/list.
–          Instalkan Namebench yang berbentuk .exe tersebut di komputer anda. Sebelum anda melakukan proses instalasi, pastikan dulu koneksi internet anda tetap terhubung.
–          Saat anda menginstalkan Namebench ini, anda harus mengekstraknya terlebih dahulu. Untuk melakukannya, silakan klik ‘Extract’ pada jendela tampilan pertama saat proses instalasi
–          Setelah file selesai meng-ekstrak diri, klik ‘Start benchmark’ yang terletak di sebelah kanan bawah
–          Tunggu beberapa menit dan setelah itu, Namebench akan merekomendasikan (biasanya) tiga DNS yang cocok dengan yang anda gunakan sekarang. Kriteria kecocokan tersebut dapat dilihat dari kecepatan dan jarak (yang tercepat dan yang terdekat)
–          Untuk mensetting server ke komputer anda, masuklah ke ‘control panel’, lalu klik ‘Network Connections’
–          Klik kanan pada akun internet yang sedang anda aktifkan, lalu pilih properties
–          Pilih tab ‘Networking’
–          Pilih ‘Internet Protocol’ dan klik properties
–          Beri tanda centang pada kotak ‘use the Following DNS Server addresses’
–          Inputkan DNS yang direkomendasikan Namebench tadi
–          Terakhir, klik ‘Ok’

Google Namebench ini kompatibel dengan Windows, Unix serta Mac OS X.

Cara Mencari DNS Server Tercepat – Penutup

Demikian cara untuk mencari DNS Server tercepat, yaitu dengan memakai bantuan software GRC’s DNS Benchmark dan Gooogle Namebench. Semoga dapat membantu Anda, dan semoga bermanfaat.