Cara Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi)

# Bagaimana cara mengaktifkan GPRS IM3 (aktivasi)?

Cara Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi) – Prolog

Mengaktifkan GPRS IM3 - Logo IM3Saat ini penggunaan internet melalui mobile device seperti handphone semakin meningkat seiring dengan dukungan beragam operator untuk dapat mengaksesnya. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan internet melalui perangkat  handphone/ terlepon seluler, mungkin sudah tidak asing dengan istilah GPRS. GPRS (General Pocket Radio Service) merupakan sebuah fitur untuk melakukan transfer data dari provider penyedia saluran seluler.

GPRS yang saat ini digunakan disebut sebagai sebagai teknologi 2.5G  yang memungkinkan pengguna untuk dapat memanfaatkan komunikasi data dengan bitrate yang cukup  tinggi hingga mencapai 160 Kbps. Fitur GPRS  ini juga memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan internet tanpa menggunakan perangkat keras tambahan dan penggunaan kabel seperti pada umumnya. Anda hanya membutuhkan perangkat telepon seluler yang menggunakan layanan provider yang dapat mendukung fitur GPRS ini.

Untuk  menikmati layanan fitur GPRS, Anda sebagai pengguna terlebih dahulu harus melakukan beberapa pengaturan dan penyesuaian untuk dapat mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi). Perlu diperhatikan bahwa setiap provider memiliki cara pengaturan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Pada kesempatan kali ini, Kami akan mencoba menjelaskan beberapa langkah untuk dapat mengaktifkan GPRS pada Indosat IM3.

Syarat-syarat Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi)

Sebelum melakukan pengaturan yang lebih spesifik, terlebih dahulu perhatikan  beberapa syarat mengaktifkan GPRS  IM3 (Aktivasi) dan penggunaan GPRS secara umum, antara lain :

  • Pastikan bahwa perangkat telepon seluler yang Anda gunakan  merupakan tipe yang dapat mendukung dan menyediakan layanan GPRS.
  • Untuk dapat mengakses internet, Anda membutuhkan aplikasi mobile browser pada perangkat telepon seluler Anda. Jika pada perangkat yang Anda miliki belum tersedia aplikasi browser, maka segeralah untuk menginstalnya
  • Sim Card Provider yang Anda gunakan harus dalam keadaan aktif, tidak berada dalam masa tenggat dan kadaluarsa.
  • Untuk dapat menggunakan layanan GPRS, beberapa provider mensyaratkan adanya minimal pulsa yang harus dimiliki pengguna. Misalnya pada provider telmomsel-simpati minimal Rp 500,-
  • Pastikan daerah tempat Anda berada dapat menjangkau dan mendukung penggunaan fitur GPRS. Perlu Anda perhatikan bahwa setiap wilayah memiliki kemampuan jangkauan yang berbeda-beda.

Tata Cara Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi)

Nah, bagi Anda yang menggunakan provider Indosat IM3, Anda tidak memerlukan proses pengaktifan lagi pada operator karena khusus untuk GPRS IM3, layanan GPRS sudah langsung diaktifkan, ketika nomor pertama digunakan. Untuk mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi), Anda hanya diminta untuk melakukan konfigurasi dan pengaturan pada perangkat telepon seluler Anda, sehingga dapat terhubung ke server GPRS Indosat IM3.

Pengaturan parameter secara manual agar dapat terhubung ke Internet dengan mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi):

Setting Aktivasi Mengaktifkan GPRS IM3

Catatan : hilangkan tanda kutip saat melakukan setting

Cara Alternatif Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi)

Jika Anda merasa kesulitan dengan mengikuti langkah-langkah diatas, berikut ini beberapa langkah praktis untuk dapat Anda coba, yaitu pengaturan parameter secara Otomatis  untuk  dapat terhubung ke Internet dengan mengaktifkan fitur GPRS IM3 (Aktivasi) melalui sms :

SMS Aktivasi Mengaktifkan GPRS IM3

Tips Menghemat Pulsa Internet IM3

Zaman sekarang adalah zaman internet, dan hal itu membuat orang selalu banyak terkoneksi ke internet dan menghabiskan banyak transfer data. Hal ini, jika tidak berhati-hati, dapat membuat dompet Anda menjadi “bolong” dan kehilangan banyak dana untuk membeli pulsa.

Karenanya, untuk menghemat pulsa, kami menyarankan kepada Anda untuk selalu memakai fasilitas “Paket Data Bulanan” yang disediakan IM3. Dengan memakai paket data bulanan, Anda akan menjadi jauh lebih berhemat untuk pemakaian kelas menengah, dibandingkan dengan jika Anda tidak memakai paket data sama sekali (tarif reguler).

Cara Mengaktifkan GPRS IM3 (Aktivasi) – Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang tata cara mengaktifkan GPRS IM3. Bagaimana mudah bukan? Selamat Mencoba.