Cara Mengatasi DVD Drive Yang Hilang

# Bagaimana cara mengatasi DVD Drive yang hilang? Berikut jawabannya.

Cara Mengatasi DVD Drive Yang Hilang – Prolog

Seringkali Anda mendapati bahwa CD-DVD drive seolah-olah hilang, tidak bisa dilihat dan bahkan tidak dapat diakses secara langsung dari Windows yang Anda gunakan. Bila hal ini pernah atau sedang menimpa Anda, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik, karena kasus hilangnya CD- DVD drive ini sudah sangat sering terjadi.Bisa diakibatkan oleh perangkat keras (hardware) CD-DVD drive yang Anda miliki, atau kerusakan terjadi pada sistem perangkat lunaknya.

DVD Drive Tidak Terbaca - Device Samples

Biasanya yang perlu Anda perhatikan adalah, apakah ketika Anda menyadari bahwa CD-DVD drive ini hilang muncul keterangan mengenai kode-kode seperti  Kode 31, Kode 32, Kode 19, Kode 39, atau Kode 41? Ataukah Anda mendapati pesan yang berisi peringatan bahwa perangkat  optical drive yang Anda gunakan memiliki telah ditandai dengan tanda seru yang berada di sampingnya pada properti Hardware? Perhatikan pula bila terdapat pesan mengenai kerusakan atau error pada sistem operasi yang Anda gunakan. Karena kasus hilangnya CD- DVD drive ini biasanya terjadi karena masalah-masalah diatas.

Tapi jika tidak ada pesan sama sekali, mungkin masalahnya adalah dari Hardware, dan bukan dari Software.

Untuk memastikan sumber masalah berasal dari perangkat lunak atau perangkat keras yang digunakan, Anda dapat memeriksanya pada BIOS sistem yang digunakan. Cara yang dapat Anda lakukan adalah membuka BIOS dengan menekan F8 pada saat awal booting, kemudian carilah keterangan apakah CD-DVD drive terinstal disana atau tidak. Jika ada, maka dapat dipastikan masalah bersumber pada perangkat lunak bukan pada perangkat kerasnya.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, antara lain :

Cara Mengatasi DVD Drive Yang Hilang – Cara Pertama

Cara yang pertama adalah dengan melakukan uninstall dari drive yang sudah terpasang di komputer Anda. Dengan melakukan uninstall, maka Windows akan mendetect ulang drive yang sebelumnya tidak terbaca.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Sebelum melakukan perbaikan, pastikan bahwa perangkat komputer/ laptop Anda dalam keadaan bersih dan terbebas dari virus.
  • setelah benar-benar bersih, Anda dapat masuk ke menu ‘Device Manager’, kemudian uninstall CD-DVD Drive dari ‘Device Manager’.
CD-DVD Driver Uninstall
  • Restart komputer, dengan tujuan agar CD-DVD Drive dapat dideteksi atau jika Anda terbiasa menggunakan registry, Anda dapat langsung mengaksesnya melalui regedit
  • Perhatikan, apakah CD-DVD Drive Anda sudah muncul? Bila cara ini tidak berhasil menampilkannya, cobalah untuk membongkar-pasang/ membuka dan memasangkan kembali drive optic yang Anda miliki. Pertama lepaslah label power dan kabel data, kemudian pasang kembali.
  • Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan CD bootable untuk booting, pastikan CD bootable yang digunnakan dalam kondisi yang baik dan tidak cacat. Lihat di BIOS apakah komputer/ laptop Anda dapat mendeteksi CD-DVD Drive.

Cara Mengatasi DVD Drive Yang Hilang – Cara Kedua

Jika CD-DVD drive tetap tidak dapat terlihat, dan  tidak dapat diakses namun keterangan pada ‘Device Manager’ menunjukkan bahwa perangkat CD-DVD  drive yang Anda gunakan terdeteksi dengan baik, maka perhatikan pesan yang terdapat pada ‘Device Manager’. Pesan yang biasa muncul berkaitan dengan kasus seperti ini biasanya juga  diikuti dengan kode-kode tertentu seperti Kode 31, Kode 32, Kode 19, Kode 39, atau Kode 41.

Untuk mengatasi masalah di atas, Anda dapat mengikut langkah-langkah berikut ini:

  • Aktifkan menu Registry Editor (Regedt32.exe)
  • Pada windows, terdapat beberapa pilihan, pilihlah nilai UpperFilters  ini pada registry berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
  • Masuk ke menu Edit, pilih tombol Delete, kemudian OK.
DVD Drive - Regedit Delete
  • Pilihlah nilai LowerFilters pada tombol yang sama pada registry berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
  • Seperti langkah sebelumnya, masuk ke menu Edit, pilih tombol  Delete, kemudian OK.
  • Pastikan nilai yang Anda pilih itu sesuai dan tepat. Setelah itu keluarlah dari  menu Registry Editor.
  • Restart komputer Anda untuk mengakhiri proses.

Catatan untuk solusi mengatasi DVD Drive yang hilang dengan cara kedua :

  • Jika setelah nilai UpperFilters dan nilai LowerFilters dihapus/ diubah dan Anda mendapati adanya beberapa fungsi yang hilang pada program, Anda dapat menginstal kembali perangkat yang hilang tersebut.
  • JIka Anda tidak mengikuti langkah-langkah diatas secara benar, dan terjadi modifikasi registry yang tidak tepat kemungkinan besar sistem akan berjalan kacau dan akan timbul masalah yang serius yang mengharuskan sistem operasi di instal ulang. untuk menghindari kehilangan data, maka sebelum melakukan perubahan backup seluruh data Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.