Cara Mengatasi Error “Consider Replacing Your Battery”

# Bagaimana cara mengatasi Error “Consider Replacing Your Battery” pada Windows 7? Berikut tipsnya.

Cara Mengatasi Error “Consider Replacing Your Battery” – Prolog

Bagi anda seorang pengguna Windows 7, anda mungkin pernah atau bahkan sedang mengalami sebuah masalah dimana dari laptop anda muncul sebuah pesan error (error message) berupa kalimat “Consider Replacing Your Battery”. Jikapun anda belum mengalaminya, error message sangat mungkin muncul di kemudian hari. Pesan error tersebut biasanya muncul dengan disertai berubahnya ikon baterai laptop anda menjadi terdapat tanda silang pada ikon baterai di system tray.

Perlu anda ketahui bahwa error message di atas muncul di saat Windows 7 mendeteksi kapasitas baterai laptop anda yang sudah berkurang di bawah 40% dari kapasitas baterai yang semula. Dengan demikian, Windows 7 menyarankan baterai laptop anda sudah selayaknya untuk diganti.

Kemampuan Windows 7 yang begitu akurat dalam hal penghitungan kapasitas baterai dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya membuat error message yang cukup mengganggu lebih mudah muncul. Pesan error ini muncul ketika pengurangan kapasitas baterai di atas 20%.

Untuk mengatasi masalah error message ini, yang dapat kita lakukan adalah dengan segera melakukan recharge baterai yang sedang Anda pakai. Caranya cukup dengan memasang kabel daya listrik ke dalam stop kontak listrik.

Consider Replacing Your BatterySedangkan untuk mencegah pesan yang sama muncul kembali, kita harus melakukan perawatan baterai laptop dengan baik karena dari pihak Windows 7 sendiri belum ada perbaikan ataupun pembaruan mengenai kemampuan akuratnya itu.

Cara Mencegah Error “Consider Replacing Your Battery” – Perawatan Baterai

Adapun perawatan baterai laptop yang dapat kita lakukan adalah dengan membiarkan baterai laptop kita benar-benar dalam keadaan kosong. Kemudian setelah itu, recharge alias isi ulang baterai anda hingga benar-benar penuh sebelum anda menggunakannya kembali. Darimana kita dapat mengetahui bahwa baterai laptop kita benar-benar kosong? Mudah saja. Laptop akan mati ketika baterai laptop kita dalam keadaan benar-benar kosong. Sebelum anda mengisi ulang dan menyalakan serta menggunakannya kembali, ada baiknya dan sangat dianjurkan untuk anda mengisi ulang baterai hingga penuh. Jadi, pastikan setelah baterai laptop anda benar-benar habis yang ditandai dengan matinya laptop anda, anda membiarkannya tetap mati tapi lakukan recharge alias isi ulang. Jangan menyalakannya. Biarkan baterai laptop anda terisi hingga benar-benar penuh baru anda menyalakan dan menggunakannya kembali.

Lalu bagaimana anda tahu baterai laptop anda telah terisi penuh? Jika anda perhatikan, ketika baterai sedang dalam keadaan di-recharge alias sedang diisi ulang, terdapat lampu indikator pada laptop yang menandakan baterai sedang diisi ulang dan masih perlu di-charge atau telah penuh. Warna lampu indikatorcharge di setiap laptop dapat saja berbeda, salah satunya adalah ketika baterai tengah diisi ulang dan belum penuh maka lampu indikator menyala berwarna oranye. Sedangkan ketika baterai laptop anda penuh dan itu menandakan anda sudah saatnya melepaskan charger baterai dan menyelesaikan proses charge adalah dengan menyalanya lampu indikator berwarna biru. Dan itu saatnya anda melepas charger dan dapat bekerja kembali, menyalakan laptop dan melanjutkan aktifitas anda bersama laptop anda. Setelah anda melakukan langkah ini, pastikan anda selalu memeriksa baterai laptop anda jangan sampai kosong.

Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam menyiasati solusi mengatasi masalah yang dimaksud. Jika anda tidak melakukan langkah yang telah disebutkan di atas, kemungkinan untuk munculnya error message ini sangat besar. Pesan ini akan terus muncul dan baterai jadi error yang terkadang dapat membuat panik dan tak jarang mengganggu kinerja kita.

Cara Mencegah Error “Consider Replacing Your Battery” – Penutup

Demikian tips mengatasi pesan error “Consider Replacing Your Battery”, yang intinya adalah pada perawaran baterai yang benar.. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.