Cara Mengatasi Icon MS Office Hilang/Berubah

# Bagaimana cara mengatasi icon MS Office yang hilang atau berubah? Simak penjelasannya pada artikel kali ini

Saat Icon MS Office Berubah Tampilan

Icon Microsoft Office anda hilang atau berubah? Sebuah pengalaman yang cukup menjengkelkan sepertinya bukan? Icon yang ada di Microsoft Word anda tiba-tiba seperti file yang tidak anda kenali. Anda jadi berpikir bahwa file tersebut tidak dapat dibuka atau tidak ada aplikasi yang mendukung file yang anda miliki itu. Tapi saat anda mengklik icon file tersebut, file yang tadinya seperti tidak dapat terbuka atau bahkan menampilkan icon yang tidak anda kenali ternyata dapat terbuka dengan baik sebagaimana biasanya di aplikasi yang benar. Masalah hilangnya atau berubahnya icon pada file Microsoft Office ini bisa saja terjadi karena beberapa penyebab yakni komputer anda tengah terserang virus, atau beberapa file secara tidak sengaja anda hapus dan lain sebagainya.

Penyebab Icon MS Office Berubah Tampilan

Ketika icon pada Microsoft Word anda hilang atau berubah menjadi seperti tak dikenal, biasanya lebih sering terjadi karena virus menyerang bagian registry pada komputer anda. Serangan virus tersebut bisa jadi dengan mengacak-acak registry ataupun dengan menghapus file yang ada pada komputer anda sehingga beberapa icon yang harusnya dapat dimunculkan menjadi hilang dan malah menampilkan icon yang tidak anda kenali.

Icon MS Office Berubah Tampilan

Masalah icon pada Microsoft Word anda hilang atau berubah juga bisa jadi terjadi karena human error alias kesalahan pengguna dimana icon file sistem ataupun icon aplikasi terkait secara tidak sengaja terhapus ataupun dengan sengaja dihapus. Masalah icon pada Microsoft Office yang hilang atau berubah dapat pula terjadi karena dihapus oleh virus dan bahkan karena dihapus oleh antivirus (biasanya hal ini terjadi karena kesalahan pengenalan oleh antivirus). Lalu bagaimana cara mengatasi masalah icon pada Microsoft Office yang hilang atau berubah tersebut? Berikut kami akan menuliskan cara mengatasinya.

Solusi Mengatasi Icon MS Office Yang Berubah

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kasus icon pada Microsoft Office hilang atau berubah salah satu penyebabnya adalah virus yang mengacak-acak registry di bagian yang memiliki fungsi untuk menampilkan icon file aplikasi. Bisa juga karena icon tersebut memang terhapus dari folder C:\Windows\Installer\{90110409-6000-11D3-8CFE-0150048383C9}. Biasanya icon yang hilang pada folder tersebut berefek pada hilangnya atau berubahnya icon pada Microsoft Word atau Microsoft Excel saja. Maka untuk mengatasinya, file icon yang hilang atau berubah tersebut ke folder yang disebutkan sebelumnya. Setelah menyalin icon Microsoft Office yang hilang atau berubah tersebut, anda dapat kembali melihat icon aplikasi terkait sudah kembali seperti sebelumnya.

Pastikan pula Microsoft Office anda tidak terinstall di virtual machine.Pada beberapa kasus, ketika ada file Microsoft Office, misalnya Microsoft Word, kita tidak mendapati icon apapun pada file MS Word kita kecuali icon yang menandakan bahwa file tersebut tidak memiliki aplikasi yang cocok sehingga tidak dapat dibuka. Padahal jika kita membuka file MS Office yang ada di virtual machine dan Ms Office tersebut sudah dijalankan, file MS Office kita yang tadinya memiliki icon seolah tidak dapat dibuka karena tidak ada aplikasi yang kompatibel atau sesuai dengan file tersebut kini dapat dibuka, diedit dan bahkan disimpan.

Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini karena sistem pada komputer membaca aplikasi yang terinstall secara nyata di sistem atau mesin komputer anda. Sementara berbagai aplikasi yang diinstall pada virtual machine tidak ditampilkan sebagai sebuah aplikasi yang terinstall di komputer anda. Hal ini masuk akal karena aplikasi tersebut memang tidak terinstall secara nyata di komputer sehingga komputer anda tidak memiliki data apapun mengenai aplikasi tersebut. Akan tetapi ketika anda membuka aplikasi tersebut, aplikasi yang dimaksud dapat berjalan dengan baik di komputer anda.

Cara Mengatasi Icon MS Office Yang Berubah : Catatan dan Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai cara untuk mengatasi masalah Icon Microsoft Office yang berubah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.