Cara Mengatasi Koneksi Wi-Fi Kadang Terputus

# Bagaimana cara mengatasi koneksi wi-fi yang kadang terputus? Berikut jawabannya.

Mengatasi Koneksi Wi-Fi Kadang Terputus – Prolog

Saat ini penggunaan layanan jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity) sudah semakin marak. Banyak area public yang telah memasang  jaringan Wi-Fi yang dapat secara bebas digunakan oleh masyarakat baik yang berbayar maupun yang free access alias tanpa berbayar. Peningkatan Jumlah penggunaan jaringan ini juga terlihat dari beberapa tempat usaha yang menjadikan layanan akses jaringan Wi-Fi ini sebagai tambahan dan daya tarik tersendiri untuk menarik  banyak pelanggan. Dengan adanya jaringan Wi-Fi Anda dapat dengan mudah untuk bekerja dimana pun  dan kapan pun sehingga Anda tidak harus selalu berada di ruang kerja  untuk menyelesaikan  pekerjaan yang Anda miliki

Namun, banyaknya layanan Wi-Fi tidak dibarengi dengan baiknya kualitas koneksi yang tersedia. Jaringan Wi-Fi yang kita gunakan seringkali mengalami putus-putus, sehingga mengganggu aktivitas Kita saat menggunakan internet khususnya saat kondisi sedang sangat mendesak. Hal tersebut juga sering terjadi saat  Kita menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, dimana koneksi sering terputus tanpa sebab yang jelas walaupun pengguna relatif terbatas bila di bandingkan di area public yang memungkinkan banyaknya user yang mengakses jaringan.

Mengatasi Koneksi Wi-Fi Kadang Terputus – Intel PRO Set

Dalam artikel kali ini, Kami akan sedikit membahas tentang notebook Centrino yang  sering bermasalah dengan jaringan Wi-Fi yang sering sekali terputus tanpa sebab yang jelas. Disini Kami memberikan sedikit tips sebagai salah satu solusi untuk dapat mencegah permasalahan tersebut  yaitu dengan menggunakan  aplikasi intel PRO set. Mengapa demikian? Permasalan Wi-Fi yang sering terputus pada notebook Centrino yang sering muncul secara tiba – tiba tanpa sebab yang jelas itu karena adanya setting default pada notebook Centrino menggunakan  sistem yang secara otomastis mengaktifkan (enable) power saving mode. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat energi konsumsi baterai.

Mengatasi Koneksi Wi-Fi Kadang Terputus – Setting Device

Untuk mengatasi masalah koneksi Wi-Fi yang kadang terputus, kita perlu untuk mengubah setting dari Wi-Fi device yang tertanam di dalam laptop Anda. Apabila setting-an internetnya akan diubah, agar tidak kembali pada setingan default atau setingan asli dari providernya, anda dapat menggunakan setingan sendiri yang dapat diakses dari  properties pada device wi-fi ethernet pada network connections.

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama bukalah network connections anda agar bisa membuka pintu awal menyelesaikan permasalahan ini
  • Kemudian setelah anda membuka network connections anda, plihlah properties pada device Wi-Fi ethernet.
Cara Mengatasi Wi-Fi Terputus - Properties
  • Kemudian akan muncul beberapa tab. Anda carilah dan pilih tab advance. Dalam tab tersebut akan ada beberapa pilihan. Anda cari dan pilih tab yang mengatur untuk mengoptimalkan daya konsumsi baterai.
Cara Mengatasi Wi-Fi Terputus - Advanced
  • Tab Ad Hoc Transmit Power akan berpengaruh pada jarak jangkau sedangkan Power management akan mengoptimalkan daya dengan menyesuaikan dengan kondisi baterai dan waktu idle notebook. Sehingga secara otomatis akan menurunkan pengeluaran baterai alias penurunan konsumsi energi listrik.
Cara Mengatasi Wi-Fi Terputus - Configure

Hal – hal  tersebutlah yang dapat menyebabkan jaringan koneki wi-fi terkadang terputus. Anda tidak usah khawatir, terdapat dua alternatif pilihan agar permasalahan ini segera terselesaikan. Pilihan yang pertama adalah pada setingan diatas, maximalkan dua posisi tersebut apabila anda tidak khwatir terhadap baterai anda yang tersisa. Perlu diketahui bahwa notebook Centrino dilengkapi dengan shortcut untuk langsung mematikan jaringan wi-fi.

Mengatasi Koneksi Wi-Fi Kadang Terputus – Penutup dan Alternatif Solusi

Demikianlah tipa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan power dari koneksi Wi-Fi Anda dan mencegah terputusnya koneksi internet Anda secara tiba-tiba.

Pilihan kedua adalah dengan menyesuaikan settingannya dengan penggunaan notebook anda. Perlu anda perhatikan adalah waktu penggunaan idle netbook, jadi sebaiknya anda pelajari dengan baik waktu idle penggunaan notebook. Dan penggunaan disesuaikan dengan penggunaan sehari-hari. Hal ini penting agar koneksi Wi-Fi internet anda tidak terputus tiba – tiba karena waktu idle 5 menit telah dilewati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.