Cara Mengatasi Virus Yang Menginfeksi File EXE

# Bagaimana cara mengatasi virus yang menyerang file EXE yang kita miliki? Artikel kali ini akan mencoba menjawabnya untuk Anda.

Mengatasi Virus Yang Menginfeksi File EXE – Prolog

Berdasarkan Wikipedia, yang disebut dengan virus komputer adalah sebuah program komputer yang dapat mereplikasi dirinya sendiri serta menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya. Istilah virus juga umumnya digunakan untuk mendefinisikan jenis malware, termasuk juga program adware dan spyware yang bahkan tidak memiliki kemampuan mereplikasi diri. Virus itu sendiri dapat menyebar melalui internet atau jaringan, atau juga dibawa oleh media removable, seperti floppy disk, CD, DVD, atau drive USB. Dan yang pasti virus ini akan menyerang dan merusak data-data atau file pada komputer Anda.

Secara umum virus terdiri dari beberapa jenis, seperti Worm, Trojan, Backdoor, Spyware, Rogue, Rootkit serta masih banyak lagi. Salah satu jenis yang akan dibahas disini adalah jenis yang cukup berbahaya, yaitu ‘Services.EXE’ yang merupakan turunan dari Trojan.

Lebih Jauh Tentang File EXE – Services.EXE

‘Services.EXE’ ini dikenal cukup nakal dan bandel. Jenis virus yang satu ini dapat menutupi berbagai program yang berpotensi mematikan mereka, salah satu contohnya seperti Anti Malware. Yang sering terjadi adalah saat Anda menginstal antivirus, biasanya antivirus yang bersangkutan menghilang dan tidak berfungsi.

Ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa komputer Anda terkena virus File EXE. Pertama, Periksalah msconfig anda. Jika terdapat program ‘Services.EXE’ yang sedang berjalan, maka artinya komputer anda sudah terinfeksi. Anda bisa men-disablenya, tapi biasanya program tersebut akan kembali lagi setelah Anda me-restart ulang komputer. Kedua, Anda dapat memeriksa Task Manager. Disana biasanya terdapat beberapa File EXE yang berjalan. ‘Services EXE’ tersebut salah satunya adalah bawaan dari Windows. Salah satu tanda bahwa ‘Services.EXE’ yang bersangkutan bawaan dari Windows adalah ‘user name’ di tag ‘processes’ di run oleh system. Nah, jika ternyata ‘Services.EXE’-nya di run oleh user, maka kemungkinan besar itu virus.

Mengatasi Serangan File Exe oleh Services.EXE

Ada beragam cara untuk mengatasi menangani serangan ‘Services.EXE’ ini. Tapi yang kami sarankan adalah dengan memakai software Ultimate Boot CD for Windows + Avira AntiVir Personal Edition.

Mengatasi Virus File EXE : UBCD + Avira

Ultimate Boot CD for Windows atau dikenal dengan nama UBCD4Win merupakan sebuah CD recovery bootable yang berisi software untuk me-repair (memperbaiki), me-restore (memulihkan) atau mendiagnosis berbagai macam masalah yang terjadi pada komputer Anda. Tujuan utama dibuatnya software ini adalah untuk menjadi sebuah tool diagnosis komputer yang paling lengkap, gratis dan mudah digunakan. Hampir semua software yang disertakan dalam UBCD4Win ini merupakan utilitas freeware yang dirancang untuk sistem operasi Windows. Beberapa tool didalamnya adalah salinan yang didistribusikan ‘gratis untuk penggunaan pribadi’. Sedangkan beberapa tool lainnya berbayar. Kali ini, UBCD4Win bekerja sama dengan beberapa perusahaan software serta meminta ijin untuk menyertakan software mereka dalam produk kami – sehingga kini Anda dapat mendapatkan salinan UBCD4Win secara gratis tentunya dengan catatan hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk dijual atau mendapatkan keuntungan.

Ultimate Boot CD for Windows merupakan rilis terbaru dari UBCD4Win. UBCD4Win terbaru ini tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang menarik. Anda dapat mendownloadnya dari link ubcd4win.com/downloads.htm

Sedangkan alat kedua yang Anda perlukan, Avira AntiVir Personal Edition, sepertinya tidak perlu penngenalan lebih lanjut dari kami karena Avira adalah sebuah AntiVirus yang cukup terkenal. Anda dapat download software yang satu ini dengan gratis di avira.com/en/avira-free-antivirus.

Setelah Anda selesai mendownload UBCD4Win dan Avira AntiVir Personal Edition, Anda hanya perlu menjalankan dua langkah mudah untuk menghapus Services.EXE yang sangat mengganggu tersebut, yaitu :

[1] Booting komputer Anda dengan UBCD4Win
[2] Bersihkan komputer Anda dengan program Avira Antivir

Setelah itu silakan cek file-file EXE yang Anda miliki. Seharusnya sekarang file-file tersebut sudah bersih dari serangan virus yang membandel dan mengganggu tersebut.

Cara Mengatasi Virus Yang Menginfeksi File EXE – Penutup

Oke, demikian tips singkat dari kami yang dapat Anda coba untuk membersihkan berbagai file EXE yang Anda miliki dari serangan virus yang menganggu. Semoga berhasil dan selamat mencoba!