Cara Mengembalikan Data Yang Hilang

# Bagaimana cara mengembalikan data yang hilang? Berikut caranya.

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang – Prolog

File yang anda pertahankan pada hard disk atau piranti penyimpanan lainnya tentulah file-file yang anda anggap penting entah itu file pekerjaan, file kuliah atau file-file hiburan seperti video dan musik. Lalu pernahkah anda kehilangan file penting tersebut? Entah penyebabnya karena virus, penghapusan secara tidak sengaja oleh anda atau anak-anak. Tidak ada yang dapat menyangkan kejadian seperti ini. Jika sudah hilang seperti ini biasanya kita akan kebingungan apalagi jika kita tidak memiliki data backup di piranti penyimpanan lain. Untuk mendapatkannya kembali apakah itu dengan mengunduh lagi (jika anda mendapatkan file tersebut dengan mengunduh) atau menyalin lagi (jika anda mendapat file dengan cara menyalin dari teman atau lainnya) ataupun membuat lagi (jika file itu adalah hasil tangan anda sendiri) terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan seringkali kita tidak memiliki kesempatan seperti itu apalagi jika file yang hilang adalah file momen penting yang tidak akan terulang sama persis seperti rekaman tumbuh kembang anak anda misalnya. Namun anda kini tak perlu khawatir, ada sebuah software yang dapat anda coba kinerjanya dalam mengembalikan data anda yang hilang. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya.

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Dengan GetDataBack

GetDataBack adalah sebuah utiliti yang dapat anda gunakan untuk menyelamatkan data anda dan dapat pula dipergunakan untuk menemukan kembali file penting anda yang hilang sehingga anda dapat memperoleh data dan file anda kembali dan dapat mempergunakannya lagi. Sistem yang dipergunakan oleh GetDataBack sendiri dapat dikatakan aman untuk dipergunakan.

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba mengembalikan data dengan bantuan software GetDataBack. Bagi Anda yang sudah memilikinya di komputer Anda, dapat langsung menggunakannya. Untuk Anda yang belum punya, silakan download langsung di runtime.org/data-recovery-software.htm

Cara kerja GetDataBack sangatlah mudah. GetDataBack akan bekerja dengan menggunakan sistem Safe dan sama sekali tidak berhubungan dengan media yang akan anda recover. Untuk mengetahui lebih lanjut langkah mengembalikan data dengan menggunakan GetDataBack, berikut adalah panduan singkat mengenai langkah yang dapat anda ikuti dalam menggunakan GetDataBack untuk mengembalikan data anda yg hilang.

  • Pertama tentu saja yang perlu anda lakukan adalah menjalankan software GetDataBack ini.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Start
  • Pilih sebab atau alasan mengenai mengapa data anda bisa hilang, apakah karena FDISK, install ulang sistem operasi atau install baru sistem operasi, terformat atau terhapus. Jika seandainya anda tidak mengetahui pasti penyebab hilangnya data anda, anda dapat memilih opsi “I don’t know”. Setelah itu klik tombol Next.
  • Pilih partisi harddisk atau drive yang akan dikembalikan datanya. Anda dapat pula memilih semua partisi untuk dipindai apabila ada data yang terhapus. Setelah itu tekan tombol Next. GetDataBack akan memindai dan mencari data yang hilang dari partisi harddisk yang tadi anda pilih. Proses pemindaian ini tentu akan membutuhkan waktu yang lamanya tergantung pada seberapa dalam pencarian yang anda lakukan.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Select Drive
  • Setelah proses pemindaian selesai, GetDataBack akan bertanya kepada anda mengenai file system yang nantinya akan ditampilkan pada apa yang disebut dengan “recovery tree”. Setelah itu anda tekan tombol Next maka GetDataBack akan mengekstrak data.
Cara Mengembalikan Data Hilang - File System
  • Selanjutnya akan muncul tampilan “Recovery Tree” yang berisikan berbagai data yang bisa dibaca oleh software GetDataBack.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Recovery Tree
  • Proses akhir dari proses mengembalikan data oleh GetDataBack ini adalah restore data. Untuk melakukan restore data, klik kanan pada data yang akan di-restore lalu pilih Copy, pilih folder untuk menyimpan data hasil restore lalu tekan tombol OK.
  • Proses pengembalian data selesai.

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang – Penutup

Demikian tutorial mengenai bagaimana cara mengembalikan data dengan bantuan software GetDataBack. Tidak susah bukan? Selamat mengikuti dan semoga bermanfaat.