Cara Mengembalikan Registry yang Hilang

# Bagaimana cara mengembalikan registry yang hilang? Berikut jawabannya.

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang – Prolog

Windows Registry adalah sebuah pusat penyimpanan data yang sangat penting yang ada pada setiap versi sistem operasi Windows. windows Registry ini adalah tempat dimana berbagai perintah berbagai fungsi sistem disimpan. Saat salah satu atau beberapa regostry keys terhapus, maka performa dan fungsi dari sistem Anda akan terganggu. Nah, jika sudah terlanjur terjadi dimana Anda menghapus salah satu registry key yang penting – entah itu disengaja atau tidak, maka yang harus Anda lakukan adalah mengembalikannya. Lakukan pemulihan Registry dari backup. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah mengembalikan Registry key pada Windows 7.

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang – Cara Manual

Untuk cara mengembalikan registry yang hilang yang pertama, kita tidak perlu untuk menggunakan software apa pun. Kita hanya perlu untuk melakukan beberapa langkah mudah. Cara ini cukup cepat untuk dijalankan.

Langkah-langkah Pengerjaan

- Klik ikon ‘Start’ pada Windows yang terletak di task bar. Ketikkan ‘regedit’ di box ‘search’ (pencarian). Kemudian tekan ‘Enter’. Setelah itu, maka registry editor akan terbuka

- Klik ‘File’ kemudian klik ‘import’. Setelah itu maka akan terbuka sebuah dialog box. Kemudian arahkan ke lokasi dimana Anda menyimpan backup Windows Registry Anda.

- Klik ‘Open’. Setelah itu tunggu beberapa menit. Itu tandanya sistem sedang melakukan pemulihan registry key. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung besarnya ukuran file backup Anda.

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang - Select Backup File

- Reboot komputer Anda. Saat Anda melakukan reboot komputer lagi, maka Anda akan merasakan perubahan registry yang baru.

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang – Dengan Yaru

Langkah-langkah diatas tentunya akan sangat membantu, terutama jika Anda memiliki file backup. Tapi lain halnya jika Anda tidak memiliki file backup. Nah, selain langkah-langkah yang telah diuraikan di atas, Anda juga dapat melakukan pemulihan registry dengan menggunakan software. Salah satunya yaitu Yaru. Dengan software ini, Anda dapat melakukan pemulihan file Registry meskipun Anda tidak memiliki file backup-nya.

Cara Mengembalikan Registry Yang Hilang Dengan Yaru

Yaru merupakan sebuah perangkat lunak penampil registry yang didistribusikan sebagai freeware. Jika Anda menghapus registry baik sengaja ataupun secara tidak disengaja, maka Yaru akan melakukan pemindaian dan membuat daftar registry key yang terhapus. Dengan megklik kanan pada item yang terhapus, Anda dapat meng-ekspor key ke sebuah file yang kemudian nantinya dapat diimpor dengan mudah ke registry. Disamping kemampuannya dalam menemukan registry key yang terhapus, Yaru juga menyajikan informasi tambahan seperti tempat asal dimana key yang bersangkutan terhapus.

Yaru menyajikan berbagai fitur. Software yang satu ini dirancang untuk menguraikan hive registry Windows serta menampilkan hasilnya dalam GUI tampilan struktur pohon. Yaru juga sistem pencarian yang powerful dan cepat.

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang – Fungsi Yaru

Dengan Yaru, Anda dapat memotret dan melakukan pemeriksaan terhadap hive yang sedang berjalan. Akibatnya, Anda harus menjalankan software ini dengan hak akses administratif. Mungkin terlihat agak rumit, tapi dengan adanya fitur ini, Anda akan dapat memastikan bahwa tidak ada kerusakan atau perubahan terhadap hive yang sedang aktif selama proses analisis berlangsung.

Software ini menyajikan berbagai fitur menarik lainnya. Tapi sayangnya, Yaru bukanlah jenis software yang agak kompleks untuk dijalankan. Software yang satu ini sepertinya dirancang khusus untuk para pengguna yang sudah profeional. Disamping itu, Yaru juga hanya memiliki sedikit bantuan. Tapi jika Anda setidaknya pernah menjalankan jenis software lain dengan fungsi serupa (software untuk memulihkan registry key), kami sarankan Anda untuk mendownlaod dan menggunakan software ini.

Sebagai informasi tambahan, Yaru ini menyajikan semua jenis fitur registry tingkat bawah dalam sebuah file exe portabel berukuran 1.4 MB. Seperti dijelaskan sebelumnya, jika Anda seorang pemula, mungkin Anda butuh beberapa saat untuk mengetahui alur dan cara software ini bekerja. Untuk mendownload Yaru, silakan datang ke website aslinya di : tzworks.net/prototype_page.php?proto_id=3

Cara Mengembalikan Registry yang Hilang – Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk mengembalikan data registry yang hilang dari komputer Anda. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu mengatasi masalah yang Anda hadapi.