Cara Menggabungkan Video Dengan Subtitle

# Bagaimana cara menggabungkan Video dengan Subtitle?

Cara Menggabungkan Video Dengan Subtitle – Prolog

Bagi anda yang begitu senang dengan film dan seringkali men-download film dari internet, anda mungkin pernah mengalami kejadian dimana ketika file video terutama film luar negeri yang anda download tersebut belum disertai dengan subtitle, anda harus men-download subtitle-nya secara terpisah. Soal ini mungkin bukanlah masalah yang cukup berarti karena anda tinggal men-download-nya saja. Yang kemudian menjadi permasalahan berikutnya adalah ketika anda tidak dapat menyatukan antara video dan subtitle yang anda download tadi. Meskipun sudah anda coba, subtitle yang anda download tidak juga muncul di dalam video anda.

Lalu apa tindakan yang harus anda lakukan agar anda memperoleh hasil yang anda inginkan yakni subtitle tersebut muncul saat video dijalankan. Artikel ini hadir menjawab keresahan anda mengenai masalah yang muncul tersebut karena kami akan membahas mengenai tips untuk memasukkan atau menggabungkan video dengan subtitle ataupun teks berisi subtitle hingga subtitle tersebut dapat terbaca dan muncul di video anda saat anda memutarnya. Perlu anda catat terlebih dahulu bahwa tips yang kami paparkan dalam artikel ini dilakukan dengan bantuan sebuah software. Mari kita terus simak.

Langkah Menggabungkan Video Dengan Subtitle

Baikah. Untuk dapat menggabungkan subtitle ke dalam video anda, anda dapat memanfaatkan bantuan dari sebuah software bernama VobSub dan Virtual Dub Mod (yang hadir dalam format ZIP). Hal ini berguna ketika anda tidak memiliki software yang dimaksud, anda dapat memanfaatkan versi ZIP-nya. Setelah anda selesai mengunduh kedua software di atas, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menggabungkan video dengan subtitle-nya.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall software utama, yaitu VirtualDub, jika Anda belum menginstallnya di komputer Anda.

Jika Anda belum memilik VirtualDub,  klik pada gambar berikut ini :

Menggabungkan Video Dengan Subtitle
Setelah Anda mendownloadnya, lakukan instalasi software VirtualDub tersebut.
  • Selanjutnya download tambahan software VobSub for VirtualDub, dengan mengikuti link berikut:
Download VobSub for VirtualDub
  • Selanjutnya, ekstrak file Virtual Dub Mod yang anda download tadi ke dalam folder yang anda inginkan. Pastikan anda memberikan tanda centang pada opsi VobSub for VirtualDub dan TextSub for VirtualSub and Avisynth.
VobSub Installation
  • Install software VobSub yang anda download tadi. Pada saat muncul pilihan bahasa yang akan anda pergunakan, pilih English lalu tekan tombol OK
  • Tekan tombol Next, kemudian tekan tombol Setting jika anda menganggap perlu melakukan atau mengetahui pengaturan software. Setelah selesai tekan tombol Next.
  • Pilih lokasi instalasi dimana file VobSub akan disimpan. Setelah selesai, tekan tombol OK kemudian tekan tombol Next.
  • Saat proses instalasi tengah berlangsung, VobSub akan meminta informasi lokasi dari Virtual Dub Mod. Anda dapat mengklik tombol “…” untuk menjelajah komputer anda secara otomatis sehingga anda tidak perlu memasukkannya secara manual, dan kemudian mencari lokasi Virtual Dub Mod yang tadi anda ekstrak.

Vobsub Folder - Menggabungkan Video Subtitle

  • Buka aplikasi Virtual Dub, kemudian pilih file video anda yang biasanya memiliki ekstensi AVI.
  • Untuk memasukkan subtitle, pilih menu Video kemudian pilih Filter dan pilih Add.
Vobsub Add Filter
  • Pada pilihan Add, pilih opsi TextSub 2.23 kemudian buka file subtitle yang ingin anda masukkan.
VirtualDub Select Subtitle
  • Lakukan pengetesan dengan memutar video anda. Anda akan melihat subtitle pada saat anda melakukan pause pada layar bagian kanan.
  • Klik menu Video kemudian pilih Full Processing Mode untuk menyimpan file yang anda ubah tersebut.
VirtualDub Full Processing Mode
  • Setelah itu, klik menu Video lalu pilih Compression dan pilih DivX atau XviD kemudian tekan tombol OK
  • Untuk menyimpan file hasil editan anda tersebut, klik menu File lalu pilih Save as AVI. Tentukan lokasi penyimpanan file kemudian tekan tombol Save.

Catatan Dalam Menggabungkan Video Dengan Subtitle

Ada hal penting yang harus anda garis bawahi bahwa jika anda menginginkan proses pengubahan ini berjalan dalam waktu yang cepat, maka anda diharuskan untuk menutup semua program lain yang berjalan pada komputer anda. Anda kemudian dapat menerapkan opsi keren pada editan video Anda. Pilih High pada Virtual Dub, kemudian hilangkan tanda centang pada opsi Show Input Video dan pada opsi Show Output Video.

Cara Menggabungkan Video Dengan Subtitle – Penutup

Demikian beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara untuk menggabungkan video dengan Subtitle. Semoga dapat membantu Anda, dan semoga bermanfaat.