Cara Mengganti/Mengubah Password Yahoo Mail

# Artikel kali ini menjelaskan bagaimana cara mengganti (mengubah) password Yaho Mail 

Cara Mengganti/Mengubah Password Yahoo Mail – Prolog

Mengganti/mengubah password akun anda di dunia maya secara berkala adalah merupakan salah satu cara untuk menjaga akun anda agar tetap aman selain dengan kombinasi password yang tidak mudah ditebak. Meskipun kita harus tetap realistis bahwa tak ada satupun keamanan yang mutlak membuat anda aman di dunia maya. Setidaknya kita telah berusaha melakukan yang terbaik yang kita bisa. Pastikan anda membuat password yang juga mudah anda ingat dan tidak mudah ditebak orang lain.

Salah satu akun di dunia maya yang mungkin ingin anda ganti password-nya adalah akun email Yahoo! Anda. Cara untuk mengganti/mengubah password email yahoo anda pada dasarnya mudah dan hampir mirip dengan akun lain di dunia maya yang cenderung tidak berbelit-belit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah untuk mengganti/mengubah password email yahoo anda. Di setiap langkah Yahoo telah menyertakan bantuan berupa teks mengenai halaman yang tengah anda lihat.

Langkah Mengganti/Mengubah Password Yahoo Mail

Ingin tahu bagaimana mengubah password email Yahoo! Anda? Mari kita simak artikel ini untuk dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar anda dapat mengganti password email Yahoo! Anda.

  • Masuk ke akun email Yahoo!

Langkah pertama  untuk mengganti/mengubah password Yahoo Mail Anda, datanglah ke mail.yahoo.com, klik link Sign In atau Masuk maka anda akan dibawa ke sebuah halaman login. Masukkan ID Yahoo! Anda dan password email Yahoo anda pada field yang telah tersedia lalu tekan tombol sign in untuk memasukkan akun email Yahoo anda.

Cara Mengganti Password Yahoo Mail

  • Masuk ke halaman pengaturan untuk mengganti/mengubah password Yahoo Mail

Setelah anda berhasil login ke akun email yahoo anda, anda akan menemukan layar utama akun email Yahoo. Jika anda menggunakan versi email yahoo terbaru, anda akan menemukan layar “What’s New”. Tidak usah memperhatikan hal itu. Anda cukup perhatikan menu bagian sudut kiri atas. Terdapat 4 menu utama yakni nama anda, Sign Out, Opsi dan Bantuan. Klik pada link username ataupun nama anda di Yahoo lalu pilih Sign In dan Keamanan. Pada halaman Sign In dan Keamanan terdapat beberapa link opsi tindakan yang akan anda lakukan, dalam hal ini pilih dan klik link “Change Password” maksud kata sandi adalah password.

Mengganti/Mengubah Password Yahoo Mail

 

Yahoo Mail Ganti Password

  • Ubah password email

Usai mengklik link Change Password, anda akan dibawa ke halaman untuk mengganti/mengubah password. Di halaman penggantian password ini akan muncul form penggantian password yang terdiri dari 3 field yakni field kata sandi lama, field kata sandi baru dan field konfirmasi kata sandi baru. Ketikkan kata sandi lama anda di field “Enter Your Current Password”. Hal ini penting sebagai tindakan antisipasi sekaligus konfirmasi bahwa yang melakukan penggantian password ini benar-benar anda yang memang telah mengetahui password akun email Yahoo anda. Ketikkan password baru yang anda inginkan pada field “Choose a New Password” lalu konfirmasikan dan ketik ulang password baru anda pada field “Confirm Your New Password”. Setelah yakin dengan password baru anda, klik tombol Save untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat dan melanjutkan aksi pergantian password. Sementara jika anda batal melakukan pergantian password, tekan tombol Cancel.

Mengganti Password Baru Yahoo Mail

Setelah langkah di atas anda ikuti dan anda menyimpan perubahannya, maka password anda telah berubah. Saat login atau masuk di waktu yang lain, pergunakan password baru anda.

Tips Memilih Password Untuk Yahoo Mail

Tips password sebagaimana beberapa telah kami sebutkan sebelumnya yakni: berikan password kombinasi huruf dan angka, bila perlu tambahkan karakter wildcard seperti tanda @, $, % dan lain sebagainya serta kombinasi huruf besar dan huruf kecil agar tidak mudah ditebak orang. Pastikan anda juga membuat password yang mudah anda ingat tapi tidak mudah ditebak, jangan menyulitkan diri sendiri juga dengan kombinasi yang terlalu membingungkan dan anda tidak mudah menghafalnya. Jangan menggunakan tanggal lahir, nomor telepon atau handphone, nomor rumah, tanggal pernikahan dan hal lain yang mudah ditebak orang lain.

Cara Mengganti/Mengubah Password Yahoo Mail – Penutup

Hanya langkah langkah diatas yang harus anda lakukan untuk mengubah/mengganti password Yahoo Mail anda, jika anda ingin mengubahnya lagi, anda hanya perlu mengulang langkah langkah tersebut.