Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address

# Salah setting DNS dan IP Address sehingga tidak bisa konek ke internet? Gunakan saja DHCP untuk memperbaikinya secara otomatis.

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address – Prolog

Pernahkah anda mengalami dimana saat anda mencoba terhubung ke internet via wireless entah itu di kantor anda, di tempat anda sedang hang out ataupun di kampus anda dan di tempat lain yang menyediakan wireless anda sudah terhubung ke wireless tapi saat anda mencoba menjelajah dunia maya anda tidak dapat menjelajahinya sama sekali? Atau mungkin teman anda atau siapapun pernah atau sedang mengalami tapi anda sama sekali tidak memiliki bayangan kenapa dan bagaimana memperbaikinya. Anda pasti mencoba mencari sumber masalahnya.

IP komputer biasanya ter-setting secara otomatis sementara anda juga tidak melakukan perubahan settingan apapun terhadap komputer ataupun koneksi internet anda. Padahal sebelumnya koneksi melalui wireless baik-baik saja tanpa masalah dan anda dapat terhubung ke internet. Apakah ada masalah dengan router di tempat anda mengakses wireless? Tapi teman-teman anda yang lain yang juga terhubung ke wireless yang sama tidak mengalami masalah yang anda tengah alami. Ketika anda mencoba melakukan Repair Connection, usai koneksi diperbaikipun anda tetap tidak dapat menjelajah internet. Lalu apa masalahnya? Hanya Google yang dapat diakses. Anda mungkin terpikir melakukan ping dari komputer anda, dan anda mendapati ternyata hanya Google beserta “turunannya” saja yang merespon sehingga hanya Google dan turunannya saja yang dapat diakses. Bagaimana solusinya?

Nah jika Anda pernah mengalami masalah seperti ini, salah satu solusi yang bisa dipakai untuk memperbaikinya adalah dengan memakai setting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut dengan auto-setting IP dan DNS address Anda.

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address – Solusi

Selidik punya selidik ternyata masalahnya sederhana, yakni terletak pada pengaturan DNS Address dan IP yang salah, yang dapat diperbaiki menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Ini hanyalah salah satu cara dan solusi yang mudah dilakukan.

  • Untuk membuat setting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) bekerja, coba klik icon wireless yang ada di taskbar sebelah kanan bawah. Jika anda tidak menemukan, cobalah cari ikon seperti yang nampak di gambar berikut (ikon wireless yang dilingkari). Jika tak dapat menemukannya juga, coba masuk ke Control Panel
Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address - Wireless Icon
Wireless Icon
  • setelah itu akan muncul jendela Wireless Network Connection Status

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address - Status

  • Selanjutnya, untuk mengejar lokasi setting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), lakukan klik pada tombol Properties, maka akan muncul Properties Window dari Wireless Connection yang anda tengah terhubung ke wireless tersebut.

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address - Properties

  • Di bagian tab General yang biasanya secara otomatis terbuka, klik di bagian Internet Protocol (TCP/IP) dan kemudian tekan tombol Properties.

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address - DHCP

  • Akan muncul jendela TCP/IP Properties, disini anda dapat memilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS Server address automatically. Setting otomatis inilah yang disebut DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).
  • Klik tombol OK jika sudah selesai

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address – Penjelasan

Demikian langkah yang dapat anda ikuti. Mengapa harus dipilih Obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS Server address automatically? Jawabannya sederhana saja, dengan pengaturan yang demikian komputer akan secara otomatis melakukan pengaturan terhadap DNS Server dan IP Address komputer anda sesuai dengan pengaturan yang ada pada wireless yang anda terhubung ke koneksi tersebut. Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) di sini adalah mengatur alamat IP dan DNS yang Anda gunakan secara otomatis.

Keduanya penting untuk dapat terkoneksi ke internet dan menjelajah dunia maya karena keduanya lah yang memberikan “alamat” dan mengirimkan serta menerima “data” dari internet untuk ditampilkan di komputer anda. IP address dan DNS server merupakan dua hal penting yang menjadi “gerbang” anda untuk dapat mengakses dunia maya.

Cara Menggunakan DHCP untuk DNS dan IP Address – Penutup

Dari kejadian di atas, dapat disimpulkan bahwa terkadang masalah yang terlihat sulit dapat diselesaikan dengan mudah, contohnya dengan setting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) di atas. Nampaknya pengaturan di atas begitu sepele, tapi ternyata begitu penting karena melalui IP Address dan DNS Server lah kita dapat mengakses dunia maya. Keduanya merupakan pintu gerbang akses komputer ke dunia maya.