Cara Menggunakan Webcam CCTV

# Bagaimana cara menggunakan Webcam di komputer Anda? Berikut jawabannya.

Cara Menggunakan Webcam CCTV – Prolog

Kamera CCTV. Anda pasti sudah sangat sering mendengar istilah ini. Belakangan, istilah kamera CCTV ini seringkali kita dengar biasanya jika ada pemberitaan terkait keamanan sebuah ruangan atau gedung. Terkadang, beberapa aksi pencurian dan beberapa pencuri dapat dengan mudah diketahui karena adanya hasil rekaman dari kamera CCTV ini.

Sebagai seorang yang ingin rumah kita aman dari pencuri, mungkin pernah terpikir untuk memasang kamera CCTV di rumah anda. Tapi mungkin kita terpikir pula dana yang harus dikeluarkan untuk itu semua. Tentu tidak cukup terjangkau oleh beberapa diantara kita. Maka cara yang mudah dan hemat yang dapat anda lakukan adalah dengan sebuah kreasi inovatif dengan apa yang anda punya yakni dengan membuat Webcam CCTV dengan menggunakan beberapa peralatan yang dapat anda integrasikan. Alat tambahan yang diperlukan untuk membuat kamera keamanan itupun dapat anda peroleh dengan mudah dan tidak terlalu rumit. Dan semua metode keamanan tersebut dapat anda dapatkan dengan harga yang minimalis.

Cara Menggunakan Webcam CCTV

Anda tertarik untuk mencoba berkreasi sendiri untuk keamanan rumah anda? Menantang? Mari kita simak artikel ini sebagai gambaran apa saja persiapan dan peralatan yang harus disediakan serta apa saja langkah yang harus anda lakukan untuk menciptakan “webcam CCTV” ini.

Cara Menggunakan Webcam CCTV – Alat Yang Diperlukan

Peralatan yang perlu anda sediakan meliputi hal-hal berikut,

  • sebuah PC ataupun laptop dengan kapasitas yang cukup besar karena harus mampu merekam banyak kegiatan. Kamera keamanan ini akan bekerja kurang lebih 24 jam disebabkan kita tidak tahu kapan pencuri akan beraksi bukan? jadi alangkah baiknya jika anda memastikan PC ataupun laptop yang anda pergunakan untuk alat keamanan ini benar-benar memadai untuk dapat dijadikan tempat penyimpanan rekaman kegiatan yang berlangsung di tempat kamera keamanan ini akan dipasang.
  • sebuah webcam alias web camera sebagai alat untuk merekam. Harga dari webcam sendiri bervariasi. Tapi harganya masih tergolong relatif murah. Adapun spesifikasi minimal dari webcam CCTV yang akan dipergunakan adalah resolusinya minimal 1,3 MP dengan tingkat pencahayaan yang bagus sehingga gambar akan nampak lebih jelas terutama saat keadaan sekitar gelap.
Contoh Macam Webcam
  • Sebuah program yang dapat membantu anda melakukan aktifitas perekaman. Dalam artikel ini kami mempergunakan webcamxp dengan pembatasan 1 sumber kamera karena untuk lebih dari 1 kamera anda harus membayar sejumlah uang.

Cara Menggunakan Webcam CCTV – Langkah Pengerjaan

Adapun langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut,

  • Hubungkan webcam dengan komputer anda. Anda mungkin akan diminta untuk menginstall driver bawaan webcam, maka lakukan instalasi driver webcam tersebut agar webcam dapat berfungsi dengan baik dan terintegrasi dengan komputer anda
  • Install program webcamxp pada komputer anda. Jika belum mempunyai programnya, silakan download di webcamxp.com/download.aspx
WebCamXP Screenshots
Another WebcamXP Screenshots
  • Lakukan konfigurasi webcamxp agar sesuai dengan kebutuhan anda
  • Pilih sumber dari peralatan yang ada dengan mengklik kanan pada area layar webcamxp
  • Pilih peralatan kamera yang akan anda fungsikan sebagai pemantau
  • Tambahkan microphone jika anda hendak merekam audio juga

Pengaturan Tambahan

Setelah semua langkah di atas anda lakukan, anda dapat menambahkan konfigurasi tambahan seperti pengaturan agar anda dapat memperhatikan rumah anda dari kejauhan secara remote. Dengan memasang kamera pengaman ini juga, tidak hanya menghindarkan rumah anda dari tangan-tangan jahil para penjahat dan kawan-kawannya, tapi dapat pula dipergunakan sebagai sebuah alat pemantau kondisi rumah. Hal ini penting terutama jika anda sering berada di luar rumah. Anda dapat memantau anak-anak anda, memantau pembantu anda, dan berbagai kegiatan yang diadakan di rumah anda.

Cara Menggunakan Webcam CCTV – Tips Penggunaan Jarak Jauh

Yang paling penting dari penggunaan webcam CCTV untuk sistem keamanan adalah kemampuannya untuk dapat dilihat kapan pun dan di mana pun. Karenanya, pastikan anda selalu terhubung dengan internet untuk dapat menerapkan sistem kamera keamanan ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.