Cara Menggunakan Yahoo Messenger

# Apa itu Yahoo Messenger? Bagaimana cara menggunakan Yahoo Messenger? Artikel berikut akan berusaha menjawabnya untuk Anda.

Cara Menggunakan Yahoo Messenger – Prolog

Yahoo! Messenger adalah sebuah program pengirim pesan instan yang dikeluarkan oleh Yahoo. Dengan Yahoo Messenger ini Anda dapat melakukan obrolan serta berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh penjuru dunia secara gratis.

Cara Mengakses Yahoo Messenger

Untuk dapat mengakses Yahoo! Messenger, sebelumnya Anda harus memastikan beberapa hal seperti berikut ini :

– Pastikan komputer Anda terhubung dengan koneksi internet.

– Pastikan Anda memiliki akun email Yahoo. Jika Anda belum memilikinya, maka Anda harus membuat akun Yahoo terlebih dahulu atau jika tidak, Anda tidak dapat menggunakan fasilitas Yahoo! Messenger ini. Bagi Anda yang belum memiliki akun Yahoo, Anda dapat mendaftarkan diri secara gratis.

– Pastikan bahwa Anda telah menginstalkan software Yahoo! Messenger di komputer Anda. Jika Anda belum memilikinya silakan download DISINI. Sebagai catatan tambahan, jika Anda menggunakan handphone (HP), maka Anda harus menginstalkan software Yahoo yang khusus digunakan untuk handphone, seperti yamee, ymess, ynymti atau yang lainnya.

Yahoo Messenger Screenshot

Cara Sign In ke Yahoo Messenger

Berikut adalah cara masuk ke akun Yahoo Anda dengan menggunakan Yahoo! ID dan Password;
Setelah Anda mendownload dan menginstalkan Yahoo! Messenger (YM), maka tempatkan ikon YM Anda di daftar program aplikasi atau bisa juga di dekstop (untuk lebih memudahkan dalam pengaksesan). Setelah itu, masukkan Yahoo! ID beserta password Anda. Untuk Yahoo! ID yang Anda inputkan adalah alamat email Anda (akun email Yahoo). Anda hanya dapat memasukkan alamat lengkap atau hanya menggunakan ID nya saja tanpa diembel-embeli dengan @yahoo.com atau Yahoo.id. Sedangkan untuk password, Anda dapat menggunakan password yang sama dengan password yang Anda gunakan untuk email Yahoo Anda. Tapi dengan alasan keamanan, ada baiknya jika Anda menggunakan ID dan password yang berbeda dengan email yahoo Anda. Setelah Anda selesai mengisi Yahoo! ID dan password, lalu klik Sign-in untuk melanjutkan proses.

Setelah Anda berhasil masuk ke jendela Yahoo! Messenger, Anda dapat mengeskplore berbagai fitur yang tersedia di Yahoo! Messenger. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja yang bisa kita lakukan dengan Yahoo! Messenger?

Cara Mengaplikasikan Yahoo Messenger

– Anda dapat mengirimkan pesan instan kepada teman-teman atau rekan-rekan Anda. Untuk melakukannya, cari kontak yang ingin Anda ajak chat di ‘Contact List’ (daftar kontak), kemudian klik dua kali. Setelah itu Anda dapat melakukan obrolan dengan cara mengetikkan dan mengirimkan teks di kotak yang tersedia.

– Anda dapat menambahkan kontak ke daftar kontak Yahoo! Messenger Anda. Untuk melakukannya, gunakan klik tombol ‘Contacts’ yang terletak jendela toolbar bagian atas, kemudian klik ‘add a Contact’. Ada juga cara lain yang lebih cepat, yaitu dengan mengklik hotkey ‘Ctrl+Shift+A’. Jika Anda memiliki kontak seorang teman di daftar kontak Anda, maka Anda dapat melihat apakah orang yang bersangkutan sedang online atau tidak.

– Fitur ‘Chat Room’ memungkinkan nada untuk bertemu dan melakukan komunikasi dengan siapa saja yang memiliki hobi yang sama. Anda dapat memilih topik yang ingin didiskusikan sesuai dengan minat Anda. Untuk melakukannya, cari tab ‘Yahoo! Chat’ di menu, kemudian pilih topik yang Anda inginkan.

– Anda dapat melakukan ‘Video Call’. Untuk melakukannya, pertama-tama pastikan terlebih dahulu bahwa komputer Anda (juga komputer partner Anda) memiliki webcam. Setelah itu Klik ikon ‘Video Call’. Jangan lupa menggunakan headset untuk melakukan komunikasi dua arah.

– Anda dapat melakukan Instant Messenger Conference. dengan fitur ini Anda dapat melakukan chat dan berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Ini bisa jadi solusi praktis bagi Anda yang ingin melakukan rapat instan dengan rekan-rekan kerja Anda atau mungkin untuk sekedar mengobrol dan reunian dengan teman-teman lama. Untuk melakukan konferensi ini, pilih menu Action pada jendela toolbar YM, kemudian pilih ‘Invite people to conference’. Setelah itu Anda dapat memasukkan daftar siapa saja yang ingin Anda ajak chat bersama dengan cara mengklik kontak teman yang tersedia lalu klik ‘invite’.

Cara Menggunakan Yahoo Messenger – Penutup

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan untuk menggunakan Yahoo Messenger dengan baik. Selain beberapa poin diatas, banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan Yahoo! Messenger ini, diantaranya seperti fasilitas sms, games (permainan), melakukan transfer file dan lain-lain, tapi pada artikel kali ini hanya beberapa hal tersebut yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat.