Cara Menghapus Registry Key Windows

# Kadang kita perlu untuk menghapus registry key dari Windows karena satu dan lain hal. Berikut tips/cara/contoh yang bisa Anda terapkan untuk melakukan hal tersebut.

Cara Menghapus Registry Key Windows – Prolog

Registry, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang memiliki informasi tentang konfigurasi sebuah system, baik itu mengenai konfigurasi hardware, software, hingga preferensi dari pengguna.

Registry mengandung 2 (dua) elemen utama yaitu key dan value. Registry key memiliki struktur yang sama seperti folder, dimana masing – masing key terdiri dari sub key, yang mengandung subkey dibawahnya.  Key dapat kita analogikan dengan sintaks yang mirip dengan nama path pada windows, dengan menggunakan backslash (‘\’) agar memudahkan kita untuk mengindikasikan level dari hirarki.

Cara Menghapus Registry Key Windows

Jika anda memiliki masalah terhadap registry komputer anda atau ingin memperbaiki registry komputer anda yang rusak baik itu karena virus atau apa pun, maka anda perlu untuk menghapus registry key dari registry windows. Dengan asumsi Anda mengetahui lokasi registry key pada windows registry, maka menghapus registry merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi anda tidak boleh mencoba – coba jika tidak mengetahui dengan pasti letak dari registry yang akan diubah atau dihapus, karena mengingat betapa penting dan sensitifnya registry key  bagi sistem operasi Windows.

Cara Menghapus Registry Key Windows – Langkah

Jika anda ingin menghapus atau mengubah regsitry yang ada, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini dengan benar agar komputer andatidak rusak atau mengalami masalah yang parah :

1.  Klik menu Start, dan kemudian Pilih Run

2.  Pada window Run, ketikkan regedit pada textbox yang tersedia dan kemudian klik OK.

3.  Gunakan ikon (+) untuk mencari subkey (folder yang berada disebelah kiri) yang ingin kamu hapus, atau subkey yang mengadung value (folder yang berada disebelah kanan) yang ingin kamu hapus.

4.  Backup Registry Key yang ingin dihapus terlebih dahulu sebelum menghapus sebagai antisipasi jika terjadi masalah karena penghapusan registry.

5.  Jika anda menghapus subkey registry, pastikan bahwa anda memilih yang berada di sebelah kiri. Tetapi jika anda ingin menghapus value registry yang lebih spesifik, pastikan agar anda memilih yang di sebelah kanan.

6.  Jika anda sudah memilih value atau subkey, pilih Edit dan kemudian pilih Delete dari menu Registry Editor.

7.  Jika anda menghapus seluruh subkey disebelah kiri, maka akan muncul pesan Confirm Value Delete:

Are you sure you want to permanently delete this value?

8.  Jangan pedulikan pesan konfirmasi tersebut, klik tombol Yes untuk menghapus key atau value

9.  Tutup Registry Editor dan kemudian restart komputer.

Jika penghapusan registry key atau value tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, maka kamu dapat me-restore menggunakan backup file yang kamu buat pada tahap 4.

Cara Menghapus Registry Key Windows – Catatan Penting

Windows memiliki 5 macam registry utama yang tentunya masing – masing jenis registry tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda. Kelimat registry tersebut adalah :

  • HKEY_CLASSES_ROOT (HKLM), berguna sebagai tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem yang terdiri atas perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).
  • HKEY_CURRENT_USER (HKCU), berguna sebagai tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna yang sedang melakukan logon.
  • HKEY_USERS (HKU), berguna sebagai tempat penyimpanan untuk konfigurasi setiap pengguna yang terdaftar di dalam komputer yang bersangkutan.
  • HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR), berguna sebagai tempat penyimpanan untuk konfigurasi asosiasi/pemetaan ekstensi sebuah berkas atau objek Object Linking and Embedding (OLE) dengan aplikasi yang dapat menanganinya.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC), berguna sebagaitempat penyimpanan untuk konfigurasi Hardware dan sistem operasi yang sedang digunakan saat itu, yang diperoleh pada saat proses booting dilakukan.
  • HKEY_DYN_DATA, yang hanya terdapat di dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, merupakan tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua perangkat keras yang plug and play.

Catatan: HKEY di dalam registry key Windows, merupakan singkatan terhadap kata “Handle to Key“.