Cara Menghitung di Microsoft Excel

# Bagaimana cara  menghitung (melakukan perhitungan) di Microsoft Excel? Berikut penjelasannya.

Cara Menghitung di Microsoft Excel – Prolog

Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft yang dapat digunakan pada platform sistem operasi Microsoft Windows dan mac OS X. Microsoft Office terdiri atas beberapa aplikasi yang dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan sebagai aplikasi yang dibutuhkan untuk perkantoran, antara lain Microsoft Word, Microsoft excel, Microsoft powerpoint, Microsoft Access, Microsoft Fronpages, Microsoft publisher dan lain sebagainya.

Microsoft Office Icon Suite

Pada kesempatan kali ini, Kami akan sedikit membahas mengenai keunggulan-keunggulan dari aplikasi Microsoft Excel , sebagai aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk perhitungan matematika. Microsoft Excel ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur kalkulasi matematika dan akuntansi, pengelolaan data secara otomatis, perhitungan dasar matematika,  penggunaan fungsi, manajemen data hingga mendukung penampilan  data dalam bentuk grafik.

Perlu Anda ketahui bahwa software  ini hingga sekarang menempati urutan pertama sebagai aplikasi perhitungan data yang paling banyak digunakan. Hal ini sudah bertahan sejak tahun 1992-1993, dan tetap berlangsung sampai sekarang, Microsoft Excel tetap masih menjadi juara dalam hal market share untuk aplikasi-aplikasi pengolah data di seluruh dunia. Sebelumnya, yang menjadi penguasa pasar dan paling banyak dipergunakan adalah Lotus 1-2-3 dari IBM, lalu Quattro (buatan Borland, sekarang dibeli oleh Corel.

Untuk melihat contoh tampilan dari Microsoft Excel, termasuk melihat data market share penjualan yang kami maksudkan, ada baiknya Anda melihat langsung gambar berikut ini :

Perhitungan  Microsoft Excel Market Share

Cara Menghitung di Microsoft Excel – Prolog

Salah satu fitur handal yang diunggulkan oleh banyak pengguna adalah adanya fitur formula. Fitur ini banyak digunakan untuk perhitungan rumus-rumus, fungsi matematis dengan tingkat akurasi yang sangat detail, dengan kompleksitas soal ringan hingga berat. Jumlah rumus (fungsi, function)  yang didukung dan dapat dihitung oleh aplikasi Microsoft Excel ini berjumlah ribuan bahkan jutaan rumus.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel ini , Anda harus mengenal beberapa istilah dan bagian/ komponen penting di dalamnya, antara lain, antara lain :

  1. Cell atau sel, merupakan bagian yang paling kecil dari lembar kerja excel (worksheet) yang daapt diisi dengan maksimal 255 karakter.
  2. Worksheet atau lembar kerja teridiri atas 65536 baris  dan 256 kolom.
  3. Workbook atau buku kerja terdiri atas 256 lembar kerja (worksheet).
  4. Range merupakan kumpulan beberapa sel yang termasuk bagian dari perhitungan .
  5. Alamat/ Nilai Relatif adalah alamat/ nilai yang jika ditulis di dalam sel bentuk rumus/ fungsi maka akan berubah jika di copy ke sel lainnya
  6. Alamat/ Nilai Absolut adalah alamat/ nilai yang ditulis dengan menyertai tanda $ di depan kolom dan baris.

Nah, untuk melakukan perhitungan rumus, terdapat dua cara yang dapat Anda gunakan yaitu :

Perhitungan/Menghitung Dengan Operasi Logika

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghitung dengan perhitungan operasi logika (logic operation), yaitu memakai operator >, <,  =>, <= dan lain sebagainya.

Perhitungan/Menghitung Microsoft Excel via Logika

Perhitungan/Menghitung Dengan Fungsi/Function

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan berbagai fungsi yang sudah disediakan. Cara ini sangat efektif untuk menghitung berbagai kolom dan baris yang saling terkait.

Perhitungan/Menghitung Microsoft Excel via Fungsi

Cara Menghitung di Microsoft Excel – Penutup

Demikianlah dua cara melakukan operasi perhitungan di Microsoft Excel. Dengan menggunakan formula-formula  dan fungsi diatas Anda dapat mudah  untuk menghitung data apapun dan menampilkannya dan ditampilkan dengan beragam gambar atau grafik sebagai penunjang.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!