Cara Menghubungkan Komputer ke HDMI TV

# Bagaimana cara menghubungkan komputer ke HDMI TV? Berikut ulasannya.

Cara Menghubungkan Komputer ke HDMI TV – Prolog

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menikmati film kesukaan atau acara televisi kesayangan Anda. Salah satunya yaitu dengan komputer melalui koneksi internet broadband. Untuk cara yang satu ini, Anda tidak akan menghabiskan banyak biaya atau bahkan terkadang gratis sama sekali. Tapi sayangnya, jika Anda hanya menontonnya di ruang kantor di laptop dengan layar seadanya – tetap saja kurang asyik. Sebenarnya ada cara yang lebih mengasyikan, yaitu menonton film atau hiburan lainnya pada layar lebar di ruang tamu. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menghubungkan komputer dengan TV – dengan menggunakan kabel HDMI.

Apa itu kabel HDMI? HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah sebuah kabel multi-pin yang digunakan untuk peralatan audio visual, seperti televisi high-definition (HDTV – atau jenis televisi yang menyajikan resolusi gambar yang sangat bagus dan lebih tinggi daripada televisi biasa) dan home theater.

Cara Menghubungkan Komputer dan HDMI TV

Cara Menghubungkan Komputer ke HDMI TV – Langkah Pengerjaan

- Matikan komputer Anda. Lihat bagian belakang komputer Anda dan cari kabel yang berasal dari monitor. Perhatikan bahwa kabel tersebut terhubung ke output kartu video – entah itu port VGA 15-pin ataupun port DVI 29-pin. Jika Anda beruntung, akan ada port kedua disamping port yang tadi. Pada komputer-komputer keluaran terbaru, biasanya ada port HDMI pada kartu.

- Pilh koneksi untuk output video. Jika komputer Anda memiliki port HDMI, Anda dapat menghubungkan kawat HDMI diantara komputer dengan TV. Tapi jika tidak, Anda memiliki beberapa pilihan. Jika komputer Anda hanya memiliki satu output video saja dan bukan untuk dihubungkan dengan televisi, maka Anda harus membeli kartu video yang baru. Anda dapat membeli DVI atau output HDMI untuk kemudian menginstalnya pada slot yang tersedia. Untuk langkah-langkah tepatnya, ikuti aturan pemasangan yang biasanya disertakan dengan DVI/HDMI yang Anda beli. Jika Anda ingin menggunakan output VGA pada kartu output tunggal atau kartu output dual untuk mendukung tampilan HDMI, maka Anda harus menggunakan perangkat khusus untuk melakukan konversi pada format file. Untuk masalah harga, harga konverter biasanya sama dengan harga kartu video entry-level (yang biasanya lebih mudah untuk digunakan dengan TV Anda). Dalam hal ini, Anda lebih baik meng-upgrade kartu untuk mendapatkan port DVI atau HDMI.

 

Kabel DVI - HDMI - VGA

 

- Hubungkan kabel HDMI dari televisi Anda ke komputer. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat menginstal adapter yang tepat atau konverter untuk komputer Anda. Kecuali, jika komputer Anda memiliki output HDMI, maka kabel juga harus dihubungkan dari output kartu suara ke kabel video HDMI atau adapter. Hal ini disebabkan karena HDMI dapat menangani baik sinyal video maupun sinyal audio.

- Boot komputer Anda dan lakukan konfigurasi dengan cara memilih ‘Control Panel’ dari menu ‘Start’. Klik dua kali ikon ‘Display’ lalu klik tab ‘Setting’. Manual untuk HDMI TV akan menyajikan list daftar resolusi layar yang didukung – yang dilengkapi juga dengan kecepatan refresh. Lakukan pengaturan resolusi di tab ‘Setting’ kemudian klik tombol ‘Advanced’ untuk menyesuaikan kecepatan refresh yang diinginkan. Jika Anda menggunakan HDMI TV sebagai monitor kedua, maka Anda harus melakukan pengaturan dan mencocokkannya dengan Windows. Berdasarkan instruksi yang biasanya ada di kartu video.kebanyakan kartu video menawarkan mode ‘Clone’ atau ‘Mirror’, dimana di kedua layar akan menampilkan konten yang sama. Dengan mengaktifkan mode ‘Extended Desktop’, maka masing-masing komputer akan dapat beroperasi secara independen dan bergantian.

- Reboot komputer Anda dan kemudian Anda dapat bersenang-senang menonton video kesayangan Anda pada televisi layar lebar.

Cara Menghubungkan Komputer ke HDMI TV – Langkah Pengerjaan

Demikian langkah yang bisa Anda tempuh untuk menghubungkan komputer Anda dengan TV HDMI yang Anda miliki. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan membantu dalam keseharian Anda.