Cara Menghubungkan Laptop ke TV

# Bagaimana cara Menghubungkan Laptop ke TV? Berikut jawabannya.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Prolog

Ketika anda memiliki berbagai macam file video untuk ditonton di komputer ataupun laptop anda, ada keinginan untuk dapat melihatnya melalui televisi tapi file video anda tersebut memiliki format file yang tidak dapat diputar di player anda? Atau anda justru tidak memiliki player audio untuk televisi? Atau bisa juga ketika anda malas mem-burn ke CD atau DVD, tinggal setel dan mainkan saja di televisi. Mungkin tidak ya? Jawabannya sangat mungkin. Dalam artikel ini, kami akan memaparkan langkah untuk menghubungkan laptop ke televisi sehingga anda dapat menonton file video kesayangan anda di televisi yang sensasinya dapat saja berbeda.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Jenis Kabel

Ada beberapa cara yang berbeda yang bisa anda lakukan untuk dapat menghubungkan laptop ke komputer. Akan tetapi kesemua cara tersebut memiliki kesamaan yakni semuanya melibatkan penggunaan kabel meskipun kabel yang digunakan juga berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor baik dari pihak laptop ataupun dari sisi televisi. Beberapa faktor yang mempengaruhi tersebut diantaranya adalah jenis konektor pada laptop ataupun komputer anda juga jenis konektor pada televisi anda karena jenis konektor ini tentu saja mempengaruhi konektor yang akan dipergunakan dan mempengaruhi jenis kabel yang dibutuhkan.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV

Berikut adalah daftar berbagai jenis kabel dan konektor yang tersedia untuk anda pilih, diurutkan berdasarkan kualitas gambar yang paling tinggi hingga kualitas yang paling rendah.

  1. HDMI
  2. DVI
  3.  VGA
  4. S-Video
  5. Composite/RCA
HDMI, DVI, VGA Cables
Yang banyak dipakai di laptop di Indonesia adalah kabel HDMI, DVI dan VGA. Sedangkan kabel S-Video atau kabel COmposite/RCA, sepertinya sudah jarang yang menggunakannya, terutama untuk laptop.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Menghubungkan Kabel

Untuk dapat menghubungkan laptop atau komputer anda ke televisi sebenarnya merupakan sebuah langkah yang cukup mudah dan sederhana. Coba periksa laptop atau komputer anda serta televisi anda untuk dapat mengetahui informasi mengenai jenis konektor yang tepat untuk memilih input yang sesuai dengan perangkat tersebut. Hal ini hampir sama dengan ketika anda akan menghubungkan sebuah DVD player ke televisi anda. Anda harus mencari tahu input dari perangkat yang akan terhubung ke televisi anda.

Beberapa komputer memiliki port S-Video yang dapat dikoneksikan pada input S-Video pada layar televisi dengan menggunakan kabel S-Video yang relatif murah. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baru, Anda dapat menyambungkan komputer pada TV menggunakan port VGA atau melalui kabel DVI atau HDMI yang menyediakan dukungan pada TV.

S-Video and RCA Cable

Selanjutnya, buka pengaturan “Display Setting” pada komputer Anda, dan aktifkan output ke layar TV. Anda dapat melakukan pencerminan (mirror) pada komputer Anda pada TV atau memperpanjang (expand) tampilan seperti layar dual monitor.

Ambil remote TV Anda dan pindahkan pengaturan ke “External Inputs” dari daftar menu yang tersedia. Anda perlu mengubah default “Video 1″ ke opsi yang berbeda, semisal “HDMI 1″ atau “AV 2″ tergantung pada koneksi yang telah Anda buat sebelumnya.

Input pada televisi biasa disebut dengan AV1 ataupun AV2. Secara default biasanya anda dapat melihatnya pada layar televisi anda. Jika laptop atau komputer anda telah terhubung ke televisi dan ternyata tampilan gambarnya pada monitor ataupun layar televisi nampak terdistorsi (seolah-olah pecah) anda dapat menyesuaikan pengaturan pixel pada televisi anda atau anda dapat mengubah resolusi laptop anda. Biasanya pengaturan resolusi di komputer atau laptop pun akan menyesuaikan ketika ada perangkat baru yang terhubung ke laptop ataupun komputer anda sehingga terdapat berbagai macam opsi yang dapat anda pergunakan dan dapat anda terapkan pada pengaturan penghubungan komputer dengan televisi.

Menghubungkan Laptop ke TV HDTV

Pada televisi HDTV, pengaturan resolusi yang diperlukan biasanya berbeda dari pengaturan televisi yang lain. Sedangkan pada televisi-televisi “versi lama” biasanya hanya terdapat satu pengaturan resolusi saja sehingga cenderung jauh lebih mudah. Pengaturan resolusi sendiri dapat dilakukan di laptop atau komputer hingga tampilan di layar televisi terlihat lebih baik. Cara ini mirip seperti ketika anda menghubungkan laptop anda ke layar monitor komputer. Anda cukup menghubungkan kabel yang biasanya sudah tersedia di pasaran. Hubungkan ujung kabel konektor layar pada bagian laptop dan pasang ujung satunya lagi yang biasanya sudah dibuat khusus agar dapat cocok dengan slot konektor di televisi anda.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan seputar cara menghubungkan laptop ke TV. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.