Cara Mengubah Posisi Taskbar Windows

# Bagaimana cara mengubah posisi taskbar Windows? Begini caranya!

Cara Mengubah Posisi Taskbar Windows – Prolog

Taskbar. Pernahkah anda mendengar istilah ini? Pasti pernah. Dan bahkan mungkin beberapa diantara anda sering sekali mendengar istilah taskbar ini. Istilah taskbar ini seringkali didengar apalagi jika sudah terkait dengan sistem operasi Windows. Taskbar sendiri merupakan sebuah bar bawaan yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Di dalam taskbar sendiri terdapat Start Area dan System Tray Area, bahkan pada sistem operasi Windows 7 misalnya, terdapat daftar program yang anda “pin” di taskbar. Taskbar membantu anda untuk dapat mengontrol berbagai macam aspek dari Window yang tengah anda jalankan. Tahukah anda bahwa sebenarnya anda dapat melakukan beberapa hal lain pada taskbar anda agar taskbar ini dapat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Pada umumnya, sebagian besar pengguna sistem operasi Windows tidak mengotak-atik lokasi taskbar sehingga taskbar terletak pada posisi default alias posisi awal taskbar yakni di bagian bawah layar.

Posisi Taskbar Default Windows

Padahal anda pengguna dapat saja mengubah posisi taskbar ini dengan melakukan beberapa cara yang akan kami paparkan pada artikel ini. Anda tertarik untuk mencari tahu? Oleh karena itu, simak terus artikel ini ya.

Cara Menyembunyikan Taskbar Windows

Dengan menyembunyikan taskbar ini, pada saat taskbar tidak digunakan maka taskbar akan “bersembuyi” dan saat anda mengarahkan kursor ke bagian paling bawah layar, taskbar akan muncul. Ketika anda menjauhkan kursor dari area bagian bawah layar, taskbar akan menghilang alias “bersembunyi”. Untuk menyembunyikan taskbar ini, langkah yang perlu anda lakukan adalah:

  • klik kanan pada taskbar [cari bagian kosong di taskbar]
  • pilih Properties.
Taskbar Auto Hide
  • Pada bagian opsi “auto-hide” berikan tanda centang dengan mengklik check box-nya. Check box ini tidak akan tercentang jika sebelumnya anda belum mengaktifkan penyembunyian posisi taskbar.
Windows Taskbar Auto Hide
  • Klik tombol OK untuk menerapkan perubahan dan memperoleh pengaturan yang diinginkan.
  • Begitu selesai, posisi taskbar akan secara otomatis bersembunyi dan dapat dimunculkan ketika anda mengarahkan kursor ke posisi semula taskbar berada [biasanya di bagian bawah layar]

Cara Mengubah Lokasi Taskbar

Anda dapat pula mengubah posisi taskbar yang biasa disebut dengan docking position. Jadi anda tidak hanya dapat menyembunyikannya tapi juga dapat menampilkannya tapi di posisi yang berbeda. untuk mengubah posisi taskbar ini, mari ikuti langkah berikut:

  • Klik kanan pada taskbar [cari bagian yang kosong]
  • Hilangkan centang pada bagian opsi “Lock Taskbar” alias penguncian posisi taskbar
Lock Windows Taskbar
  • Setelah posisi taskbar tidak terkunci [salah satu indikatornya adalah ada titik-titik kecil diantara Quick Launch dan taskbar], drag taskbar ke posisi yang anda inginkan entah itu di bagian kanan layar, di bagian kiri layar, atau di bagian atas layar
Posisi Taskbar di Atas
  • Setelah selesai, kunci kembali dengan mengklik kanan taskbar lalu beri tanda centang dengan mengklik opsi “Lock Taskbar”

Cara Mengubah Tinggi dan Lebar Taskbar Windows

Ketika taskbar di bagian bawah atau bagian atas layar, anda dapat mengubah tingginya. Sedangkan ketika taskbar berada di bagian kanan atau bagian kiri layar, anda dapat mengubah lebarnya. Semua dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan anda. Berikut cara yang dapat anda ikuti untuk mengubah tinggi ataupun lebar dari taskbar anda.

  • Pastikan taskbar dalam keadaan tidak terkunci dengan mengklik kanan pada taskbar lalu hilangkan centang pada bagian opsi “Lock Taskbar” dengan mengklik bagian Lock Taskbar tersebut. Jika taskbar sudah terkunci, otomatis pada bagian “Lock Taskbar” sudah terdapat tanda centang. Jika demikian anda tidak perlu mengkliknya lagi. Jika opsi “Lock Taskbar” sudah diberi tanda centang, anda dapat berlanjut ke langkah berikutnya
  • Arahkan kursor pada sisi terluar taskbar, yakni di paling ujung luar taskbar. Ketika posisi kursor sudah tepat, anda dapat melihat bentuk kursor berubah menjadi panah dua arah. Jika sudah berubah seperti itu, anda sudah berada pada jalur yang benar. Anda bisa mengubah tinggi taskbar (atas-bawah) dan juga bisa mengubah lebar taskbar (kiri-kanan).
Change Taskbar Height
Change Taskbar Width
  • Drag taskbar alias klik-tahan-tarik kursor hingga anda memperoleh ukuran  yang sesuai dengan keinginan anda.

Cara Mengubah Posisi Taskbar Windows – Penutup

Semua cara di atas dapat digabungkan menjadi satu. Jadi ketiga cara di atas dapat anda pergunakan sekaligus. Anda dapat mengubah posisi taskbar agar berada selain di bagian bawah layar dengan ukuran panjang atau lebar yang sesuai keinginan anda dan ketika kursor dijauhkan dari posisi taskbar, taskbar akan bersembunyi. Menarik bukan? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.