Cara Mengubah Tampilan Google

# Bosan dengan tampilan Google yang begitu-begitu saja? Jadikan lebih menarik dengan mengubah/mengganti tampilan logo Google sesuai keinginan Anda!

Cara Mengubah Tampilan Google – Prolog

Google. Siapa tak kenal nama ini. Salah satu search engine (mesin pencarian) yang sangat dikenal masyarakat dan terkenal akan kehandalannya. Google juga mengeluarkan berbagai produk lain yang sangat digemari masyarakat. Banyak sekali panggilan yang disematkan oleh penggemar internet terhadap Google. Di Indonesia, namanya seringkali ditambahkan embel-embel panggilan seperti “Om Google”, “Mbah Google”, “Ustadz Google” dan lain sebagainya sebagai panggilan “sayang” para pecinta google. Istilah pencarian Google pun telah dikenal luas di masyarakat dengan panggilan “Googling”. Google begitu membantu pengguna internet dalam hal pencarian. Hampir setiap hal yang dicari dapat ditemukan dengan data yang cukup valid apalagi kini Google semakin meningkatkan kemampuannya dalam hal pencarian yang tentu semakin membuat penggemar internet dan pecinta Google .

Tampilan Google yang sederhana dan elegan sudah begitu dikenal sebagaimana namanya yang juga telah familiar di masyarakat. Tapi tahukah anda bahwa tampilan Google yang sederhana dan elegan itu ternyata dapat diubah dengan tampilan yang disesuaikan dengan keinginan dan selera anda. Dengan demikian, anda akan menemukan tampilan baru nan segar untuk tampilan halaman Google kesayangan anda.

Cara Mengubah Tampilan Google – Solusi

Ketika anda merasa bosan dengan tampilan Google, anda bahkan dapat menggantinya dengan nama anda (atau nama lain yang anda inginkan) dan menggunakan logo yang anda tentukan. Untuk melakukan hal ini, kita akan mempergunakan bantuan dari layanan gratis untuk dapat mengubah/merubah tampilan Google kesayangan anda, misalnya menjadi seperti ini :

Cara Mengubah Tampilan Google

Atau juga menjadi seperti ini :

Cara Mengubah Tampilan Google - Background

Ada dua macam perubahan tampilan Google yang dapat Anda lakukan, yaitu merubah Logo dan juga merubah background Google. Di artikel ini, yang pertama kali akan dibahas adalah cara merubah tampilan Logo Google terlebih dahulu.

Cara Mengubah Tampilan Google – Mengubah Logo

Yang pertama adalah mengubah Logo Google. Tertarik untuk mengganti tampilan Google di komputer Anda? Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk mencoba bersenang-senang dengan mesin pencari anda sendiri.

  1. Kunjungilah situs funnylogo.info/create.asp dimana Anda akan dapat merubah logo Google sesuai dengan keinginan anda sendiri
  2. Pada bagian yang disediakan, masukkan nama yang ingin anda tampilkan sebagai pengganti nama Google
  3. Kemudian pilih style yang anda sukai untuk menggantikan logo Google menjadi logo pilihan anda
  4. Jika sudah selesai, tekan tombol “Create My Search Engine”
  5. Setelah proses di atas selesai, anda akan mendapatkan link URL mesin pencari anda
  6. Copy URL tersebut untuk anda jadikan home pada browser anda jika anda inginkan mesin pencari buatan anda tersebut menjadi halaman default atau bookmark link-nya untuk dapat dengan mudah mengakses mesin pencari anda sendiri

Beda lagi ceritanya jika anda seorang pengguna browser Internet Explorer alias IE. Berikut adalah langkah yang perlu anda lakukan untuk menjadikan mesin pencari Google versi anda sendiri sebagai halaman utama (halaman default).

  1. Di bagian menu, klik menu Tools lalu pilih Internet Options
  2. Pilih tab General lalu ubah  halaman depan alias homepage anda dengan URL alamat halaman mesin pencari anda yang tadi anda copy
  3. Klik tombol OK untuk menerapkan perubahan anda tadi
  4. Halaman default Internet Explorer anda telah berubah menjadi halaman mesin pencari anda sendiri

Jika anda seorang pengguna browser Mozilla Firefox, maka langkah yang perlu anda lakukan agar mesin pencari anda tersebut menjadi halaman home (halaman default) browser anda adalah sebagai berikut.

  1. Pada bagian menu pilih menu Tools
  2. Pilih Options
  3. Pilih tab Main dan pada kolom homepage, ubah URL homepage anda dengan URL mesin pencari anda yang tadi anda copy
  4. Pada bagian “When Firefox Starts” pilih pengaturan “Show my home page”
  5. Klik tombol OK jika sudah selesai untuk menerapkan perubahan yang anda buat tadi

Cara Mengubah Tampilan Google – Mengubah Background

Jika Anda ingin mengubah tampilan background Google, maka akan lebih mudah lagi dibandingkan mengubah logo Google yang kami jelaskan di atas. Berikut caranya :

Pertama, pergi ke halaman utama Google, lalu pilih opsi untuk mengganti background di bagian kiri bawah :

Cara Mengubah Tampilan Google - OptionBerikutnya Anda bisa memilih background yang Anda inginkan, apakah dari public gallery atau dari gambar di komputer Anda. Pada contoh, kita akan memakai gambar dari public gallery

Cara Mengubah Tampilan Google - Public Gallery

Berikutnya, silakan pilih gambar yang Anda inginkan dari berbagai contoh file yang tersedia

Cara Mengubah Tampilan Google - Choose Image

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman asli dari Google dan mendapati bahwa tampilan telah berunbah

Cara Mengubah Tampilan Google - Finished

Cara Mengubah Tampilan Google – Penutup

Setelah semua langkah di atas anda lakukan, anda dapat melihat perbedaan pada browser anda dan melihat mesin pencari buatan anda sendiri. Jika perubahan belum terlihat, cukup restart browser Anda, lalu buka homepage Anda, refresh, dan Anda akan melihat tampilan baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.