Cara Merakit HardDisk Eksternal

# Tips kali ini akan membantu Anda untuk merakit harddisk eksternal dengan menggunakan perangkat sederhana dan memanfaatkan harddisk internal yang sudah Anda  miliki sebelumnya. Selamat menyimak.

Cara Merakit HardDisk Eksternal – Prolog

Harddisk (HD) merupakan komponen perangkat keras (hardware) dari komputer yang berguna untuk menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Secara umum penggunaan HD sangatlah penting untuk komputer anda. Jika tidak ada HD pada komputer, maka kita tidak dapat masuk ke dalam sistem operasi yang ada.

Sekarang kapasitas harddisk yang ada di Indonesia ada yang sudah mencapai > 1 TB. Tentunya dengan HD sebesar itu, sangat disayangkan jika komputer yang dimiliki tidak digunakan untuk perangkat yang lain. Dengan HDyang sebesar itu maka disarankan agar anda memiliki RAM minimal 2 GB agar tentunya komputer berjalan tidak lambat. Karena sangat disayangkan jika anda memiliki HD dengan kapasitas sebesar itu, anda tidak menggunakan komputer untuk keperluan lain misalnya multimmedia, desain, atau yang lainnya.

Namun kali ini kita tidak akan membicarakan mengenai HD yang ada pada komputer. Sekarang ini kita akan membicarakan mengenai cara merakit harddisk eksternal Anda sendiri menggunakan HD internal yang sudah ada sebelumnya.

Cara Merakit HardDisk Eksternal – Cara Merakit

Harddisk eksternal makin populer keberadaannya saat ini, banyak orang yang menggunakannya sebagai media penyimpanan eksternal komputer. Selain karena kapasitasnya yang besar, terkadang orang akan berpikir untuk menghemat banyak biasaya dengan hanya membeli Hard Drive. Terkadang Harddisk eksternal banyak digunakan untuk melakukan backup data pada komputer dan juga sebagai media untuk melakukan transfer data antara komputer yang satu dengan komputer lainnya. Sebagai informasi bahwa anda dapat membeli sebuah harddisk eksternal dengan merk dan harga yang bervariasi. Namun, apabila anda tidak memiliki uang untuk membeli harddisk eksternal, tapi anda membutuhkannya, ada cara yang mudah untuk mengubah HD internal menjadi HD  eskternal.

Anda dapat mengkonversi HD internal Anda agar dapat menjadi HD eksternal dengan menggunakan adaptor harddisk yang menggunakan konektor USB. Adaptor ini memiliki daya kekuatan (Power Supply) sendiri, dan memiliki konektor USB sebagai alat transfer data. Jika anda ingin membelinya, mungkin anda bisa mendapatkannya secara online, atau pada toko komputer favorit Anda. Salah satu yang kami ketahui adalah konverter harddisk dengan merek CoolGate. Bagi Anda yang bingung untuk memilih referensi merek dan model yang baik, Anda bisa mencoba untuk memakai converter dari pabrikan yang satu ini.

Cara Merakit HardDisk Eksternal

Dengan menggunakan adaptor ini, maka Anda dapat menggunakan harddisk internal Anda menjadi media penyimpanan eksternal. Dan salah satu kelebihan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah memindahkan atau mentransfer data dalam jumlah besar (hingga puluhan GB) dari satu komputer ke komputer lainnya dalam waktu yang tidak lama.

Sebelum anda menggunakan harddisk pada komputer sebagai harddisk eksternal anda, pikirkan terlebih dahulu dan yakinkan juga bahwa Harddisk yang anda gunakan tersebut sudah tidak digunakan lagi pada komputer. Karena jika masih, maka hal tersebut akan membuat anda semakin ribet, ketika anda ingin menghidupkan komputer maka anda harus menjadikannya Harddisk internal dan pada suatu waktu anda harus melepaskannya untuk menjadikannya harddisk eksternal.

Cara Merakit HardDisk Eksternal – Penutup

Demikian beberapa tips yang bisa kami sampaikan tentang cara merakit harddisk eksternal. Sangat mudah dilakukan karena hanya membutuhkan sebuah adapter tambahan yang bisa Anda beli di berbagai toko komputer baik offline maupun online. Semoga bermanfaat.