Cara Penggunaan UNetBootin

# Bagaimana cara penggunaan UNetBootin? Berikut jawabannya.

Cara Penggunaan UNetBootin – Prolog

Anda pernah mendengar istilah UNetBootin? UNetBootin ini merupakan singkatan dari Universal Netboot Installer. UNetBootin ini merupakan perangkat untuk dapat membuat sistem Live USB. UNetBootin sendiri merupakan sebuah perangkat yang cross platform alias dapat digunakan di berbagai sistem operasi terkenal yang ada di pasaran saat ini. UNetBootin dapat memuat berbagai macam perangkat sistem, menginstall berbagai macam distro Linux yang saat ini semakin “menjamur”, ataupun menginstall sistem operasi lainnya bahkan ketika tak ada CD installer alias tanpa menggunakan CD installernya.

UNetBootin sendiri sesungguhnya menyediakan berbagai macam fitur yang dapat langsung anda download dari internet maupun dengan menggunakan file ISO alias image CD. Anda dapat menyimpan bootable distro Linux ke dalam sebuah flashdisk berukuran 1 GB atau lebih dengan menggunakan format sistem  FAT32. Anda tidak diharuskan menginstall UNetBootin ini karena ia bersifat dapat disimpan dimanapun lalu dapat langsung dijalankan dari tempat ia disimpan.

Cara Penggunaan UNetBootin – Fitur Penting

Fitur yang dimiliki UNetBootin diantaranya adalah bahwa UNetBootin ini dapat pula dipergunakan untuk me-load berbagai macam system utilities termasuk hal-hal berikut.

  • Parted Magic, merupakan sebuah partition manager yang dapat mengatur ulang ukuran, memperbaiki, mem-backup dan me-restore partisi anda.
  • SystemRescueCD, merupakan sebuah tool perbaikan, backup dan recovery sistem.
  • Super Grub Disk, merupakan sebuah boot utility yang dapat me-restore dan memperbaiki GRUB install yang tertimpa atau tidak dikonfigurasi dengan baik.
  • Dr.Web Antivirus, F-Secure Rescue CD, dan Kaspersky Rescue Disk yang akan menghilangkan malware dari instalasi Windows.
  • Backtrack, merupakan sebuah utility yang dipergunakan untuk analisa jaringan dan tes penetrasi.
  • Ophcrack, merupakan sebuah utility yang dapat me-recover password Windows.
  • NTPasswd, sebuah utility yang dapat me-reset password Windows dan dapat mengedit registry.
  • Gujin, sebuah bootloader grafis yang dapat juga digunakan untuk melakukan boot berbagai macam media dan sistem operasi.
  • Smart Boot Manager (SBM), yang dapat melakukan boot off CD-ROM dan drive floppy pada komputer anda dengan sebuah faulty BIOS.
  • FreeDOS, yang dapat menjalankan BIOS flash dan utiliti DOS legal lainnya.

UNetBootin juga  mendukung plugin dan telah tersedia dalam berbagai macam versi. Juga tersedia dalam berbagai bahasa. Anda dapat memperoleh UNetBootin dengan mendownloadnya di  unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe (Windows) atau unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-linux-latest (Linux) atau unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-mac-latest.zip (Mac)

Cara Penggunaan UNetBootin – Langkah Penggunaan

Pastikan anda telah menginstallnya di komputer anda. Screenshot instalasi sebagai berikut :
UNetBootin Installation

Untuk memastikan bahwa software telah terinstall dengan sempurna, Anda perlu untuk merestart dahulu komputer Anda. Setelah restart dilakukan, baru Anda dapat menggunakan software ini.

Sedangkan untuk penggunaannya, berikut adalah cara penggunaan UNetBootin.

  • Jalankan program UNetBootin
  • Jika anda ingin men-download langsung distro yang anda inginkan, pilih dari daftar yang disediakan oleh. Jika anda akan menggunakan file ISO yang ada di komputer anda, pilih DiskImage kemudian cari file ISO image yang akan anda pergunakan tadi
UNetBootin Distro ISO Choice
  • Pilih drive USB flashdisk yang tersedia (pastikan sudah tertancap di komputer Anda)
  • Lalu, tekan tombol OK untuk memulai proses pembuatan live USB

Setelah keempat langkah di atas anda lakukan, anda cukup menunggu hingga proses penyalinan data ke dalam USB flashdisk selesai. Setelah proses penyalinan data tersebut selesai, anda diharuskan me-restart komputer anda dan pastikan anda mengatur booting komputer anda di BIOS agar urutan pertamanya menuju ke usb flashdisk.

UNetBootin sendiri sebagaimana dijelaskan di halaman resmi UNetBootin disebutkan sebagai program yang membantu anda membuat bootable live USB drive untuk Ubuntu, Fedora dan distro Linux lainnya tanpa harus mem-burn-nyake dalam sebuah CD. Aplikasi ini bekerja baik di sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac OS X. Anda bahkan dapat men-download distro lainnya yang memang didukung meskipun di luar yang disediakan oleh UNetBootin.

Cara Penggunaan UNetBootin – Penutup

Demikian cara untuk pembuatan LiveUSB menggunakan UNetBootin. Tidak sulit dan sangat bermanfaat.

Pastikan anda memenuhi persyaratan minimum yang diberikan oleh UNetBootin untuk menjalankannya. Adapun persyaratan minimum sistem untuk menjalankan software ini adalah : Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows XP, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows 7, atau Linux, atau Mac OS X 10.5+. Sebagai catatan, drive USB yang bootable ini hanya berjalan di PC tidak di Mac. Anda juga harus terkoneksi ke internet untuk men-download distro yang akan diinstall ataupun file ISO yang belum di-download.