Cara Recover/Mengembalikan Data Memory Card/Flash Drive

# Bagaimana cara me-recover/mengembalikan data dari memory card/flash driver yang rusak? Ikuti artikel kali ini untuk mengetahui jawabannya.

Cara Recover/Mengembalikan Data Dari Memory Card/Flash Drive Yang Rusak – Prolog

Pernahkah anda mengalami saat tiba-tiba saja memory card di kamera anda tidak dapat dipergunakan. Sebelumnya dipinjam teman, dan saat kembali ke tangan kita sudah rusak. Padahal menurut sang teman, ia tidak mengotak-atiknya sama sekali. Tiba-tiba saja memory card anda seolah terkunci dan rusak. Sedih atau bingung dan panik? Bisa saja. Apalagi jika anda belum sempat mem-backup seluruh file di dalam memory card tersebut. Otomatis semuanya tidak dapat diakses dan tidak dapat dimiliki lagi karena rusak. Padahal banyak momen penting tersimpan dalam gambar pada memory card anda itu.

Atau anda pernahkah mengalami ketika Flash drive anda tidak dapat diakses? File di dalamnya tidak bisa anda apa-apakan padahal di dalamnya terdapat file penting seperti file tugas, file tutorial atau bahkan proposal bisnis? Anda tentu tidak ingin file anda tersebut hilang. Apakah ada cara untuk tetap dapat mengakses atau memiliki file-file dari memory card atau Flash drive yang telah rusak? Jawabannya ada. Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi sedikit tentang cara me-recover/mengembalikan data dari memory card atau Flash drive yang rusak.

Pernah kami alami ketika suatu saat akan mengumpulkan tugas kuliah, Flash drive kami tidak dapat diakses. Di komputer, muncul tulisan “E:\ Is Not Accessible”. Kami coba melepasnya dan kemudian memasangnya kembali, tapi tidak ada perubahan yang berarti. Kami juga pernah mengalami ketika tiba-tiba memory card pada kamera kami rusak dengan pesan “Memory Card is Locked”. Kami mencoba menggeser bagian kecil untuk lock dan unlock memory card tapi tidak juga berubah. File ataupun direktorinya telah rusak dan tidak terbaca. Sedih? Tentu. Bingung harus diapakan sementara di dalam kedua benda tersebut terdapat file dan dokumen penting yang belum sempat dibuatkan backup-nya.

Cara Recover/Mengembalikan Data Dari Memory Card/Flash Drive Yang Rusak – Solusi

Saat kami mengalami direktori tak terakses tersebut, kami mencoba mencari tahu solusi agar direktori tersebut (Flash drive ataupun memory card) dapat kembali diakses dan file-nya dapat terselamatkan. Dan ternyata bisa!

Check Disk Untuk Recover/Mengembalikan Data Yang Hilang

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan command line pada Windows. Klik pada start menu lalu pilih Run. Ketikkan cmd pada kotak dialog yang muncul, maka anda akan dibawa pada jendela command prompt. Pada jendela command prompt tersebut ketikkan chkdsk e: /r dan tekan tombol enter pada keyboard. Adapun “e:” disini adalah direktori dari memory card atau Flash drive anda di komputer. Sementara perintah chkdsk sendiri merupakan perintah untuk memeriksa disk guna mengecek kerusakan struktur file. Sedangkan /r merupakan kode perintah untuk memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan setelah pengecekan disk dilakukan.

Pada umumnya, kalau memory card/flash drive Anda tidak sedang mengalami proteksi data, maka memory card/flash drive akan dapat dicek secara langsung begitu Anda mengetik perintah tersebut, proses recover/mengembalikan data akan langsung berjalan otomatis. Akan tetapi jika tidak bisa, pilih saja “Yes” pada opsi untuk melakukan checking drive pada saat booting, lalu restart komputer Anda supaya proses checking dapat berjalan.

Ketika proses pengecekan dan perbaikan drive hampir selesai, akan muncul sebuah notifikasi konfirmasi yang menanyakan kepada anda, “Convert lost chains to files?” tekan tombol Y pada keyboard untuk menjawab Yes. Perintah chkdsk kemudian akan memberikan laporan kembali kepada anda mengenai apa yang telah dilakukan dan kemudian menuju My Computer anda dan memeriksa drive anda. Disana anda akan menemui dan dapat melihat data-data anda.

Cara Recover/Mengembalikan Data Dari Memory Card/Flash Drive Yang Rusak – Penutup

Demikian tips yang bisa kami berikan untuk recover/mengembalikan data-data Anda yang tersimpan di dalam memory card/flash drive. Cara ini kami anggap cukup mudah dibandingkan dengan berbagai cara yang lainnya. Menariknya, langkah ini tidaklah menghilangkan semua file di dalam memory card ataupun Flash drive anda. Memory card atau Flash drive anda, dan file di dalamnya akan tetap utuh.

Sebuah kabar gembira yang amat menyenangkan bukan? Kini, anda tak perlu lagi khawatir kehilangan data anda karena Flash drive ataupun memory card anda rusak, karena Anda dapat melakukan cara recover/mengembalikan data yang rusak di atas terhadap memory card/flash drive Anda.