Cara Reset / Format HP Nokia

# Bagaimana cara format HP Nokia?

Cara Reset/Format HP Nokia – Prolog

Handphone merupakan salah satu benda yang tak terpisahkan lagi oleh setiap orang, keberadaannya sekarang ini sudah sangat penting dan beberapa orang wajib untuk memilikinya.fungsi dari sebuah handphone pun kini sudah sangat bervariasi, tidak hanya untuk sms atau telepon saja kini setelah hadir handphone yang sering disebut smartphone, sebuah handphone dapat berguna layaknya sebuah asisten Anda dimana dapat mengingatkan Anda untuk jadwal pertemuan, mengatur agenda, penunjuk arah peta, berinteraksi dengan teman atau bahkan untuk mengatur bisnis Anda. Semua itu hadir hanya dalam sebuah perangkat yang dapat Anda genggam dan bawa kemana saja Anda pergi setiap harinya. Kini dengan semakin maju teknologi banyak perusahaan pembuat telepon selular atau handphone yang bermunculan dari mulai merk besar yang sudah terkenal sampai merk baru dengan penawaran harga yang sangat murah sekalipun.

Salah satu merk besar yang tidak diragukan lagi akan produk handphonenya adalah Nokia. Nokia adalah merk terkenal asal Finlandia yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia telepon selular. Bahkan beberapa tahun yang lalu nokia pernah menjadi merk handphone terbesar dan terlaris di Indonesia. Nokia dikenal dengan handphonenya yang mudah digunakan, memiliki kualitas yang baik, produk yang sangat beragam dan memiliki harga jual kembali yang tidak terlalu jatuh di pasaran.

Cara Reset / Format HP Nokia

Perlunya Reset dan Format HP Nokia

Walaupun di Indonesia semakin banyak bermunculan merk smartphone yang kaya akan fitur serta layanan yang menarik dan membuat nama nokia berangsur meredup serta kalah dengan para pesaingnya, bukan berarti penggunanya hilang begitu saja, Nokia masih merupakan handphone dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Jadi menggunakan handphone nokia masih menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Walaupun menjadi salah satu handphone yang memiliki kukalitas terbaik, Nokia tidak terlepas dari masalah seperti halnya error atau terkena virus, bagi Anda yang menggunakan handphone nokia dan sering mengalami masalah tersebut mungkin menjadi kejengkelan tersendiri, karena Anda mungkin harus pergi ke service center dan mengeluarkan sejumlah uang. Tetapi sebelum pergi ke service center Anda bisa melakukan reset terhadap handphone nokia Anda sehingga handphone Anda menjadi seperti baru kembali, terdapat dua macam reset yang bisa Anda lakukan.

Cara Reset/Format HP Nokia 1 : Soft

Yang pertama adalah soft reset. Dengan melakukan soft reset Anda akan mengembalikan setingan handphone menjadi seperti semula. Setingan yang berubah seperti halnya ringtone, wallpaper, alarm, kalender, contrast, tanggal, waktu serta setingan lainnya. Dalam soft reset file yang terdapat di memori handphone atau C: serta aplikasi yang sudah terinstal tidak akan terhapus, jadi Anda hanya mengembalikan setingan dasar handphone saja.

Soft reset dapat dilakukan dengan cara menekan tombol *#7780#. Soft reset dapat dilakukan jika Anda merasa handphone Anda sering mengalami hang.

Cara Reset/Format HP Nokia 2 : Hard

Jenis reset yang kedua adalah hard reset, dimana sedikit berbeda dengan soft reset dalam hard reset Anda akan mengembalikan seluruh setingan handphone seperti baru kembali dan layaknya baru keluar dari pabriknya. Dengan melakukan hard reset Anda akan kehilangan seluruh data di memori handphone atau C: serta aplikasi yang sudah terinstal di dalam handphone Anda, jadi ada baiknya Anda melakukan back up terhadap file-file yang tersimpan di memori handphone atau C: terlebih dahulu sebelum Anda melakukan hard reset.

Hard reset dapat dilakukan dengan dua cara, cara pertama adalah dengan menekan *#7370# pada handphone Anda.

Cara kedua adalah dengan menekan tombol call (hijau), end (merah), tombol kamera dan tombol power secara bersamaan. Hard reset dapat Anda lakukan jika handphone Anda terkena virus yang dudah sangat parah, tidak bisa menggunakan aplikasi tertentu, dan tidak bisa melakukan proses booting. Jika semua hal itu tidak bisa tertolong dengan cara soft reset maka hard reset merupakan pilihan yang terbaik untuk Anda.

Cara Reset/Format HP Nokia – Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai dua cara mudah untuk melakukan format HP Nokia secara hard reset dan soft reset. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.