Cara Reset Printer Canon

# Canon adalah salah satu merek printer yang paling populer di Indonesia. Bagaimana cara reset printer Canon dengan mudah dan cepat? Simak artikel kami untuk lebih jelasnya.

Cara Reset Printer Canon – Prolog

Printer merupakan perangkat yang cukup penting dalam kehidupan kita. Tanpa menggunakan printer, kita mungkin akan cukup kesulitan mencetak berbagai dokumen yang diperlukan, seperti dokumen tugas, dokumen skripsi, sampai dengan dokumen perjanjian untuk klien perusahaan.

Jenis-jenis dokumen digital seperti dokumen Microsoft Office Word (*.doc), dokumen PDF / Portable Document Format (*.pdf), dokumen teks (*.txt), dan berbagai dokumen lainnya tidak lain dan tidak bukan juga dicetak dengan menggunakan perangkat ini.

Dengan fungsionalitasnya yang penting itu, sejumlah masalah dapat Anda hadapi jika printer yang biasa Anda gunakan mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Saat itu pula, Anda akan kesulitan dalam mencetak dokumen-dokumen yang diperlukan, di mana tentu saja dapat menghabiskan waktu dan menghambat aktivitas Anda.

Lalu, apa saja gangguan atau kerusakan yang dapat dihadapi ketika menggunakan printer? Salah satu diantaranya adalah keadaan di mana printer tiba-tiba tidak dapat digunakan, meski semua kabel telah terpasang dengan baik dan keadaan tinta masih terisi penuh. Printer dapat Anda nyalakan namun printer tidak mau mencetak. Selain itu, lampu indikator pun menyala secara tidak biasa, yaitu berkedip alias blinking. Apa gerangan yang sebenarnya terjadi?

Cara Reset Printer Canon – Counter

Apa yang sedang Anda hadapi sebenarnya adalah masalah yang umum terjadi pada printer, khususnya printer buble jet dan juga printer inkjet. Pada dasarnya, printer yang Anda miliki tidak memiliki kerusakan fisik, hanya saja terdapat gangguan pada bagian software di dalam printer.

Bagian software yang bermasalah tersebut adalah bagian counter yang bertugas menghitung jumlah dokumen yang telah Anda cetak sebelumnya. Pabrikan printer telah membatasi jumlah dokumen yang mampu dicetak oleh printer Anda. Sehingga, setelah printer Anda mencapai batasan tersebut, maka printer Anda akan berhenti bekerja dan perlu di service.

Salah satu alasan mengapa jumlah dokumen dibatasi dalam sebuah printer (terutama pada printer inkjet) adalah agar kinerja printer tetap optimal. Ketika printer mengalami blinking atau “ngadat” ketika digunakan, pabrikan menganjurkan pemilik untuk memperbaiki printer pada service center resmi.

Di sana, printer akan dibersihkan khususnya di bagian penampung printer. Alasannya, ketika digunakan terus-menerus, penampung printer akan penuh dan hasil cetak dapat menjadi kurang optimal. Selain itu, printer juga akan di-reset bagian counter-nya agar hitungan kembali lagi pada keadaan awal (kondisi baru).

Cara Reset Printer Canon – Resetter

Namun, Anda juga dapat melakukan hal ini sendiri, tanpa harus membawa printer ke bagian service center. Yaitu dengan menggunakan software resetter. Penggunaan software resetter akan membuat printer Anda kembali bekerja. Hanya saja, bagian penampung tinta akan tetap penuh jika Anda tidak membersihkannya secara manual. Langkah pembersihan ini cukup sulit dilakukan oleh pengguna awam, sehingga sebaiknya ditangani oleh seseorang yang telah berpengalaman.

Lanjut pada pembahasan mengenai software resetter, Anda tidak dapat menggunakan sembarang software resetter untuk me-reset printer Anda. Pilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan jenis printer yang Anda miliki, atau yang kompatibel dengan printer Anda tersebut. Cara lainnya adalah dengan me-reset secara manual.

Cara Reset Printer Canon – Cara Reset

Berikut ini adalah cara reset manual yang dapat Anda lakukan untuk membuat printer Anda kembali bekerja. Catatan: Hanya berlaku untuk printer Canon model MP198, MP258, MP276, MP496, MP558, MP568, dan MP648, dan printer Canon dengan model sejenis lainnya. Selamat menyimak.

Reset Printer Canon - Image

Langkah 1: Aktikan mode service (service mode) pada printer.

Langkah 2: Langkah selanjutnya adalah mematikan printer. Jangan lupa untuk mencabut semua kabel yang terhubung (baik kabel power maupun kabel data).

Langkah 3: Selagi dalam keadaan mati (off), tekan dan tahan tombol power atau tombol resume pada printer.

Langkah 4: Di saat Anda masih menekan dan menahan tombol, hubungkan printer pada sumber listrik untuk menyalakan printer.

Langkah 5: Tunggu beberapa saat sampai lampu LED atau lampu indikator menyala. Ketika telah menyala, Anda dapat melepaskan tombol yang Anda tekan.

Langkah 6: Langkah selanjutnya, tekan kembali tombol yang Anda tekan sebelumnya, sampai tampilan pada LCD printer menunjukkan angka 0.

Langkah 7: Jika LCD printer telah menunjukkan angka 0, maka printer Anda telah siap untuk di-reset.

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan software Service Tool agar printer Anda dapat di-reset dengan baik.

Langkah 8: Pertama-tama, buka software Service Tool yang telah terinstal pada komputer Anda.

Langkah 9: Akan terdapat beberapa USB port yang muncul pada software Service Tool, pilih salah satu diantaranya yang paling sesuai.

Langkah 10: Temukan opsi Clear Ink, kemudian klik pada tombol Main. Anda perlu menempatkan sebuah kertas karena printer akan mencoba mencetak dokumen untuk melakuakn percobaan.

Langkah 11: Langkah selanjutnya adalah membersihkan printer. Anda dapat melakukannya dengan menekan opsi Clear / Clean.

Langkah 12: Saat ini Anda telah dapat mencoba printer Anda kembali. Jika semua petunjuk telah Anda lakukan dengan baik, maka seharusnya printer Anda telah dapat digunakan kembali.

Cara Reset Printer Canon – Alternatif Software

Demikian di atas adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk me-reset printer Canon Anda secara manual. Atau bagi Anda yang membutuhkan software resetter untuk printer Canon supaya lebih mudah, Anda dapat mendownloadnya di bawah ini secara gratis:

Download : Klik Pada Link

  • iPTool support untuk Canon iP1200, iP1300, iP1600, iP1700, iP1800, iP2200, iP2500
  • MPTool support untuk Canon MP150, MP160, MP170, MP180, MP450, MP460
  • Download untuk canon i250, i 255, pixus350 and i 350
  • Download untuk canon pixma iP1000
  • Download untuk Canon iP1100, iP2500
  • Download untuk Canon iP1500
  • Download untuk Canon Pixma iP1200, iP1600, ip2200
  • Download untuk Canon Pixma iP1300, iP1700
  • Download untuk Canon Pixma iP1800
  • Download untuk untuk Canon iP2770  dan iP1980

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.